Minggu, 27 Oktober 2019

# PERSONAL

Full Time Blogger, dari Hobi jadi Profesi


Beberapa orang masih tidak percaya kalau saat ini aku adalah full time blogger. Siapa sangka kalau dari sebuah hobi menulis, kini bisa jadi profesi. Tidak melenceng jauh dari cita-citaku saat sekolah dulu. Aku ingin bekerja sebagai penulis, aku ingin sudah punya buku solo di umur 25 tahun tapi sampai saat ini malah tidak tercapai, meski puluhan buku antologi sudah aku tulis dan entah apa kabar buku-buku itu sekarang. Tidak mengapa, mungkin jalan lain yang ditentukan-Nya adalah menjadi blogger, penulis juga kan?

Tepat di hari ini adalah Hari Blogger Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Oktober, artinya Blogger itu diakui. Meski banyak sekali orang yang tidak tahu apa itu blog, panjang sekali waktu untuk menjelaskan kepada mereka yang belum paham.

Flash back pertama kali aku menulis blog adalah untuk menyimpan puisi-puisi yang aku tulis di kertas, selain itu aku juga mengumpulkan semua makalah kuliah di blog ini. Dulu aku berfikir, toh aku pun mencari bahan makalah selain dari perpustakaan, ya dari blog orang lain juga, kenapa tidak aku share ulang saja makalah yang aku tulis, pasti banyak yang butuh.

Kemudian aku mulai menuliskan cerita perjalananku saat KKN (Kuliah Kerja Nyata), tujuannya hanya untuk menceritakan kembali, bila suatu saat nanti aku rindu, aku bisa membaca blog ini dan mengingatnya lagi. Kemudian, aku mulai menulis resensi buku, itu juga berawal saat Aliyah/SMA dulu, ada topik Resensi di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Aku mulai rutin menulis resensi di blog ini, semakin antusias saat view post ternyata banyak diminati. Aku sempat ingin menjadikan blog ini sebagai book blog, tapi lama-lama aku menyerah, selain karena kehabisan stok buku, aku kekurangan biaya untuk membeli buku baru, aku juga minim motivasi dari lingkungan.

Lanjut, perjalanan waktu membawaku mengenal komunitas Blogger Medan. Aku speechless sekaligus kagum ternyata banyak niche blog di komunitas ini. Mulai dari travel blogger, food blogger hingga beauty blogger. Nah, mulai deh tuh nulis tentang travel, segala bentuk perjalanan diulas kembali di blog, tujuannya ya sama seperti cerita KKN sebelumnya, untuk diceritakan kembali sebagai kenang-kenangan.

Aku juga aktif ikut lomba blog, meski saat itu blogku masing berstatus .blospot.com banyak sekali lomba yang aku ikuti dan jarang menang, pernah menang pun sekali hadiahnya voucher belanja handphone senilai 1 juta, senang sekali waktu. Aku mulai sharing ke teman-teman blogger, gimana cara menangin lomba blog, ternyata jawaban mereka ya blognya harus self domain, artinya harus domain berbayar seperti .com atau .id semacamnya gitu. Lama juga aku memutuskan untuk hijrah domain, banyak ragunya.

Setelah banyak bersliweran lomba blog, oke aku memutuskan hijrah ke .com awal tahun 2017. Tujuan awalnya karena ingin menang lomba blog. Iya, seklise itu. Lalu apakah setelahnya jadi menang lomba blog? alhamdulillah pernah, masyaallah terima kasih sarannya untuk memotivasiku hijrah domain. Terima kasih sudah berjasa atas berkembangnya blog ini hehe.

Selain juara 1 lomba blog storytelling yang diadakan Bank Sumut, aku juga menjadi juara 1 lomba blog regional Medan yang diadakan Astra International. Selain laptop dan uang tunai, hadiah lainnya aku diajak mengunjungi Aceh, ini menjadi pengalaman pertamaku pergi ke luar kota naik pesawat sendirian plus pertama kali nginap hotel bintang 5 sendirian pula. Banyangkan! haha banyak cerita serunya, kalau ingat itu aku gak bisa berhenti ketawa. Baca deh di sini.

Semakin banyak kenal dengan teman-teman di Blogger Medan, aku direkomendasikan dan diajak untuk jadi Beauty Blogger oleh kak Amel. Karena saat itu, aku memang sedang mencari 'jati diri' dari blog ini sendiri. Tidak mengapa menulis apapun di awal, toh nanti kita akan menemukan passion yang nyaman. Nah, jodohnya adalah saat aku dipertemukan dengan kak Amel di komunitas Blogger Medan.

Dialognya kira-kira begini "Nes, jadi beauty blogger udah kau. Cocok kau tuh!" Hmm, kufikir-fikir, boleh juga tuh. Toh banyak juga produk di rumah yang bisa dijadikan bahan tulisan. Lalu bersama-sama membentuk komunitas Medan Beauty Blogger.

Mulailah aku ikut event beauty, mulai juga ikut komunitas beauty blogger secara online di grup facebook. Pelan-pelan mempelajari pasar dulu hehe. Ternyata banyak juga ya beauty blogger di Indonesia ini. Kemudian aku fokus, meski tidak menutup kemungkinan aku menulis topik lain selain kecantikan.

Berjalanlah hingga sekarang dan aku enjoy menjalaninya. Prosesnya begitu panjang, butuh tiga tahun untuk akhirnya blog ini dikenal oleh brand sebagai beauty blog. Terlebih karena banyak tulisan yang masuk ke page one Google, view post beauty meningkat lebih dari tulisanku tentang resensi buku.

Ada banyak sekali pertimbangan hingga akhirnya memutuskan untuk jadi full time blogger, dan tidak menutup kemungkinan bila nanti aku kembali bekerja kantoran. Yang pasti, bila saat ini aku ditanya kerja apa, aku adalah Blogger. Siapa bilang di rumah santai terus, jadi blogger itu hanya pindah gedung, jam kerjanya tetap kok, justru lebih banyak dari kerja kantoran.

Logikanya, kalau kerja kantoran senin sampai jumat, jam kerja pukul delapan sampai empat sore. Sudah, di luar jam itu tidak ada lagi namanya kerja, bebas kan? (itu aku, tidak tahu kalau kalian ya) Nah kalau beaty blogger, setiap detik adalah bekerja. Memikirkan konsep dan deadline. Mulai dari mempelajari brief, unboxing, foto produk, editing, foto produk dengan orangnya, editing, riset materi tentang produk, drafting, tulis lagi, final kirim draft, revisi (akan selalu ada, tapi alhamdulillah jarang) Approved kemudian publish. Itu masih blog, belum lagi bikin konten untuk media sosial seperti Instagram.

Itulah sedikit cerita permulaanku jadi blogger, itu hanya garis besar dari perjalanannya. Kalian yang blogger pasti paham deh rasanya kurang tidur karena 'main template blog' Nah, aku sudah melewati pase itu, sudah deh tidak mau utak-atik lagi, aku sudah sampai fase betah dengan rumah mayaku ini.

Akhir kata, aku mau mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional 2019 untuk kita semua. Semoga hobi menulis kita ini selalu membawa kebaikan untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Untuk kita semua yang berprofesi sebagai Blogger, semangat berkarya dan jangan pantang menyerah.

Tertanda,
Agnesiarezita
xoxo

4 komentar:

  1. Begitu toh ceritanya, jadi seru juga ya flashback dikit..

    BalasHapus
  2. WAh serunya sekarang sudah jadi fulltime blogger yah sis. Sukses terus untuk dek Ney. Selamat Hari Blogger Nasional yah ,sis.

    BalasHapus
  3. selamat hari blogger juga untuk mbak. semoga semakin bersemangat berbagi cerita melalui tulisan :)

    BalasHapus
  4. semangat dan sukses terus, kalo ke medan asik juga nih ketemu sama temen temen blogger medan

    BalasHapus