Senin, 21 Oktober 2019

# BEAUTY

Cara Menjadi Beauty Blogger, ini yang Harus Kamu Lakukan!

Cara Menjadi Beauty Blogger, ini yang Harus Kamu Lakukan!

Banyak yang bilang jadi beauty blogger itu 'enak' ya, dapat produk gratis, disponsori brand, diundang event-event kecantikan. Tapi tahukah kamu bahwa untuk memulai itu semua tidaklah mudah. Tidak 'seenak' kelihatannya. Ada banyak perjuangan yang harus dilakukan. Tak sedikit teman-teman bertanya perihal bagaimana cara menjadi beauty blogger. Untuk kalian yang baru ingin memulai, tetap baca postingan ini sampai tuntas ya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang sudah aku lakukan, jadi aku sharing berdasarkan pengalaman pribadiku. Syarat utama menjadi blogger tentunya harus memiliki blog, jika kalian belum punya silahkan cari tahu caranya membuat blog di google ya.

1. Cari produk kecantikan yang kamu punya sekarang

Menjadi beauty blogger tidak harus menunggu ada sponsor produk dulu, mulailah dari produk yang kamu punya. Semisal facial wash atau pencuci wajah, kamu pasti punya dong pencuci wajah di rumah, sunscreen atau krim anti matahari. Bisa juga hand body. Apapun produk kecantikan yang kamu punya. Ambillah, tulis review-nya di blog.

2. Banyak membaca tulisan dari beauty blogger lain

Nah, sudah ada produk tapi bingung gimana mulai menulisnya? tenang, tidak ada orang yang langsung bisa, semuanya butuh proses, oleh karena itu kamu harus membaca terlebih dahulu tulisan dari blog orang lain, atau beauty blogger yang menginspirasimu. Nanti kamu akan menemukan sendiri ciri khas dari tulisanmu.

Amati poin-poin penting yang harus ada di dalam review produk kecantikan. Posisikan dirimu sebagai pembaca, kalau misalkan kamu sedang ingin baca review suatu produk, kamu ingin dapat informasi apa? kemudian kembangkan!

3. Belajar memotret produk lebih detail

Selain tulisan, foto juga menjadi daya tarik yang penting. Tampilkan foto yang fokus ke produk, kalau pun ingin menambahkan properti, cukup sebagai hiasan tapi tidak mendominasi. Bisa menggunakan teknik flatlay, alaskan produk dengan alas kertas karton atau apapun yang kita miliki, lengkapi dengan hiasan bunga agar lebih estetik.

Potretlah seluruh bagian produk, bagian depan, belakang, tutup produk, peragakan cara penggunaan, tampilkan testur produk sebelum dan sesudah digunakan. Tidak harus punya kamera mahal untuk jadi beauty blogger, kamera handphone bisa cakep kalau dimaksimalkan dengan baik. Toh, kamera hp sekarang sudah canggih kameranya.

4. Share tulisanmu ke media sosial dan grup blogger di Facebook

Sudah menulis review dan melampirkan foto? bagus sekali, saatnya share tulisan tersebut ke semua media sosial yang kamu miliki. Jangan lupa untuk tag atau mention brand produk yang kamu review, ini penting agar brand notice kalau kamu sudah review produk mereka.

Kamu juga bisa minta pendapat teman dekatmu dan blogger yang paham tentang review produk. Tujuannya agar kamu dapat masukan dari mereka yang awam dan paham. Tak lupa juga untuk share tulisanmu di grup blogger yang ada di Facebook, searching saja grup 'Komunitas Blogger'

5. Bergabunglah di komunitas beauty blogger, agar menambah wawasan dan teman

Menurutku ini bagian paling penting. Tanpa komunitas blogger, sedikit kemungkinan akan membuat kita berkembang. Selain bergabung di komunitas online, perlu juga bergabung dengan komunitas blogger offline, agar bisa saling belajar secara langsung. Membuat event bersama-sama.

Seperti komunitas beauty blogger yang aku ikuti di Medan yaitu Medan Beauty Blogger. Aku juga ikut di komunitas Blogger Medan, dimana ada beragam niche blog, teman dan wawasan jadi makin beragam. Punya teman dengan hobi yang sama itu menyenangkan, bisa juga loh sharing produk, nyobain produk teman-teman yang tidak kita punya.

6. Konsisten!

Nah ini nih. Sudah menulis, sudah melampirkan foto produk terbaik, sudah share ke semua media sosial, sudah gabung komunitas tapi sunyi banget gak ada yang support. Berhenti aja ah! Eh, jangan dulu, coba tanya beberapa beauty blogger yang kamu kenal, berapa lama blog mereka mulai di kenal orang sebagai beauty blog? tidak instan loh.

Kamu harus atur jadwal seminimal satu post dalam satu minggu. Butuh konsistensi dalam menulis, tapi kalau kamu menjadi beauty blogger hanya karena ikut-ikutan dan berat menjalaninya, sulit juga untuk bertahan.

Jadi, coba fikir lagi. Kenapa kamu mau jadi beauty blogger?

Itu dia beberapa poin penting cara jadi beauty blogger pemula, Jangan berhenti untuk meng-explore apa yang kamu bisa, sering-sering blogwalking agar menambah wawasan dalam me-review produk. Untuk kalian yang sudah memulai jadi beauty blogger, boleh dong sharing di kolom komentar ya, sharing is caring!

8 komentar:

  1. Btw kak,, beauty blogger kan untuk cewek... Nahhh yg untuk cowoknya kira-kira ada gak?... Manatau bisa beralih *apasiihh aku!!!*

    BalasHapus
  2. Wah, nomor 6 paling susah itu, awak aja mau konsisten eh tiba tiba rasa males menyerang....

    BalasHapus
  3. Semua dimulai dari produk kecantikan yang dimiliki yah ,sis. Biasanya sih menuliskan hal-hal detail pada produk yang menjadi kesulitan. Next, mulai rajin lagi deh review produk-produk kecantikan meskipun gak berlabel beauty blogger,hehehe. Good luck yah sis menjadi beauty blogger nya.

    BalasHapus
  4. kak, awak takut jadi beauty blogger, apalagi tiba tiba konsisten review gituan, apa ga ada alternatif lain kak?
    hehe

    BalasHapus
  5. kak punya wajah absurd bisa jadi beauty blogger juga gak?

    BalasHapus
  6. Anyway kalau nyobain ragam brand make up apa gak takut mukanya jadi sensitif, Nes? Aku soalnya agak trauma sama gonta ganti brand, akhirnya jerawatan.

    BalasHapus
  7. kalo baca2 beauty blog itu (terutama produk skincare) seperti diingatkan : heii maaak, rawat kulitmu!! aku tu sdh mau kepala 4 tp masih kurang care sama kulit hihihihi

    BalasHapus
  8. Duh pengen kali sih jadi beauty blogger, tp kalah sama anak... Wkwkwk masih ribet mau skinkeran😭😭😭

    BalasHapus