Kamis, 11 Juli 2013

Rucuh; Minuman Sehat Kaya akan Serat

Oleh: Rezita Agnesia Siregar
Alhamdulillah, akhirnya ketemua juga dengan 1 Ramadhan 1434 H, puji syukur pada Allah SWT. Mengawali hari di bulan puasa ini, saya atas nama pribadi Rezita Agnesia Siregar, memohon maaf kepada seluruh pengunjung blog saya, semoga segala amal kita diterima dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi aamiin.
Di hari pertama di bulan penuh berkah ini, saya akan berbagi menu berbuka puasa, dengan bahan dasar Kuini, buah yang kaya vitamin C dan dengan harumnya yang semerbak, siapa yang tidak tergoda dengannya. Tentunya sebelum menyantap makan-makanan yang berat, ada baiknya menyeduh minuman yang kaya akan serat, seperti Rucuh. Saya juga tidak menahu kenapa nama minuman lezat ini diberi nama Rucuh, yang pasti minuman ini sedikit banyaknya bisa mengganjal perut sebelum melaksanakan sholat maghrib.
Bahan dasarnya adalah:
  • Kuini beberapa buah (sesuai selera)
  • Semangka
  • Cabe merah
  • Santan
  • Gula dan garam
Prosedurnya:
1.      Potong kuini dan semangka dalam bentuk dadu


2.      Potong cabe merah kecil-kecil

3.     Masukkan potongan kuini, semangka dan cabe merah ke dalam wadah yang berisi santan yang sudah        dicampurkan air secukupnya, dicampurkan gula dan garam secukupnya.


4.  Kemudian aduk hingga merata, lalu dinginkan ke dalam lemari pendingin atau juga bisa ditambahkan es batu


5.      Setelah itu sajikan ke dalam mangkung, siap seduh.



Selain melepas dahaga, juga bisa meredakan perut lapar. Jadi, sholat maghrib tidak terbengkalai. Karena biasanya kalau habis makan berat, pasti jadi malas sholat karena kekenyangan, kalau tidak makan perut malah lapar, alhasil dalam sholat kepikiran makan terus, hehe. Selamat menikmati Rucuh; Minuman Sehat Kaya akan Serat.

1 komentar:

  1. Salam kenal.

    Hari ni saya ada membuat minuman ini..
    Keluarga suami org jawa. dan minuman ini saya tau sejak 23 tahun dulu.
    enak. tp saya saya menggunakan kuini. ngak ada cabe.

    BalasHapus