Kamis, 07 Februari 2019

# BEAUTY # TIPS

Rekomendasi Cleanser yang Tepat Sesuai Jenis Kulit, Yuk Kenali Jenis Kulitmu!

Rekomendasi Cleanser yang Tepat Sesuai Jenis Kulit, Yuk Kenali Jenis Kulitmu!
Sumber Foto: www.allyoung.co.id
Untuk memilih skincare yang tepat, tentunya terlebih dahulu harus mengenali jenis kulit yang kita miliki. Agar skincare bisa bekerja dengan baik sesuai dengan kondisi kulit. Ada lima jenis kulit yaitu normal, kering, berminyak, sensitive dan kombinasi. Pada dasarnya jenis kulit ada lima, acne prone bukan tergolong jenis kulit tetapi masalah kulit, disebabkan oleh bakteri yang dialami oleh si pemilik kulit sensitif. Tapi tidak jarang pemilik kulit berminyak dan kering mengidap masalah acne porne karena bakteri pada kulit yang menumpuk.

Nah, jenis kulit ini tidak permanen. Sewaktu-waktu dapat berubah jika mengalami beberapa faktor, seperti pertambahan usia, asupan makanan, pola aktifitas dan penggunaan skincare.

Mengenal Jenis Kulit dan Cleanser yang Tepat

1. Kulit Wajah Normal

Jenis kulit wajah normal memiliki keseimbangan jumlah air dan minyak, sehingga kulit wajah akan terasa tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu berminyak. Pori-pori pemilik kulit normal pun tidak besar, oleh karena itu minyak tidak mudah timbul di wajah.

Wardah Lightening Creamy Foam
Sumber Foto: www.wardahbeauty.com

Cleanser yang tepat untuk kulit normal adalah Wardah Lightening Creamy Foam. mengandung ekstrak Licorice, Vit B3, dan Provit B5 untuk membantu mencerahkan dan menjaga kelembaban kulit. Formulanya yang creamy bisa membuat wajah jadi lembut, tidak membuat kulit jadi kering, khasiatnya yang mencerahkan sangat cocok digunakan untuk jenis kulit normal.

2. Kulit Wajah Kering

Jenis kulit kering sedikit memiliki kelembaban di lapisan kulit terluar. Akibatnya, kulit mudah bersisik dan terlihat retak bila menggunakan foundation. Bila disentuh akan terasa sedikit kasar. Biasanya kulit kering ini disebabkan karena pori-pori yang terlalu tertutup hingga minyak alami kulit tidak muncul di permukaan kulit wajah. Kulit kering disebabkan beberapa factor, bisa karena cuaca dingin, paparan sinar matahari, atau penggunaan cleanser yang mengandung bahan-bahan yang menyebabkan kulit kering.
Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Sumber Foto: www.cetaphil.co.id
Oleh karena itu, pemilik kulit kering diajurkan untuk menggunakan cleanser yang gentle seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Cleanser ini ringan banget, bentuknya seperti gel tidak berbau dan tidak berbusa. Tidak membuat wajah licin setelah pemakaian, tentunya tidak akan membuat wajah jadi kering. Cleanser ini bahkan bisa juga digunakan untuk badan loh.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga dapat digunakan dengan air dan tanpa air. cukup pijatkan ke wajah dengan gerakan memutar lalu usap bersih dengan kapas atau handuk lembap.

3. Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit berminyak biasanya disebabkan produksi sebum dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) di wajah yang berlebih. Sebum merupakan zat minyak yang berasal dari lemak, sedangkan kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang terdapat di bawah permukaan kulit. Sebenarnya sebum berfungsi membantu melembabkan kulit, nah karena sebum yang berlebihan inilah makan kulit wajah cenderung terlalu berminyak. Biasanya kulit berminyak cenderung menyebabkan datangnya jerawat karena penumpukkan lemak pada sebum dan biasanya juga pori-pori terlihat lebih besar.

Naruko Tea Tree Purifying Clay Mask & Cleanser In 1
Sumber Foto: www.naruko.co.id

Cleanser yang cocok untuk kulit berminyak adalah Naruko Tea Tree Purifying Clay Mask & Cleanser In 1. Kandungan utama Tea Tree Oil membantu membersihkan kulit dan meredakan jerawat, juga menjaga keseimbangan minyak. Selain sebagai cleanser, juga bisa digunakan sebagai masker. Cooling sensation yang diberikan clay mask & cleanser ini menyejukkan wajah, meski mengandung sedikit scrub, tapi tidak begitu menggangu dan tidak membuat iritasi.

4. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit sensitif mudah sekali mengalami alergi dan iritasi, tidak hanya karena makanan, bisa juga karena paparan sinar matahari, kosmetik dan juga skincare. Biasanya  efek yang terlihat, wajah akan merah-merah dan terasa gatal, bahkan bisa juga terasa kering karena memang kulit sensitif kebanyakan pemilik kulit kering.
Swissvita Micrite 3D All Use Cleanser Cream
Sumber Foto: www.allyoung.co.id

Merawat kulit wajah yang sesnitif harus lebih ekstra hati-hati, memilih cleanser wajah yang tepat dengan tidak ada kandungan fragrance, paraben dan alkohol. Rekomendasi cleanser untuk kulit sensitif adalah Swissvita Micrite 3D All Use Cleanser Cream. Cleanser ini bentuknya cream, tidak terlalu banyak busa, tidak berbau juga. Terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol, paraben dan fragrance. Cleanser ini diklaim juga aman untuk ibu hamil.

Kandungan utamanya Pollysaccharide untuk melembutkan kulit, Amino Acid untuk melembabkan, Moringa Seeds untuk kelenturan kulit dan AC-11 Uncanria Tomentosa Extract untuk meremajakan kulit.

5. Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit kombinasi merupakan perpaduan kulit kering dan berminyak. Biasanya mengalami kering di bagian pipi dan berminyak di bagian T-zone (dahi, hidung dan dagu). Perawatan khusus dibutuhkan untuk jenis kulit kombinasi ini, karena dibutuhkan kelembaban di bagian pipi dan penyeimbangan sebum di T-zone.

Sebamed Facial Cleanser For Oily and Combination Skin. Cleanser
Sumber Foto: www.sebamed.com

Kombinasi ini terbagi dua, ada kombinasi cenderung kering, ada pula kombinasi cenderung berminyak. Nah, cleanser yang cocok untuk jenis kulit kombinasi berminyak adalah Sebamed Facial Cleanser For Oily and Combination Skin. Cleanser ini tidak mengandung sabun dan alkali, tetapi tetap lembut dan ampuh menyeimbangkan sebum di wajah. Juga mengandung provitamin B5 yang menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Memiliki sensasi dingin yang bikin kulit segar dan bersih.

Nah, itu dia lima jenis kulit dan rekomendasi cleanser yang tepat. Semoga membantu, semua cleanser mudah didapatkan di website official masing-masing produk.

Find me on:

Instagram: @agnesiarezita
Twitter: @agnesiarezita

Taken with mood & written with love

Agnesiarezita


1 komentar:

  1. Itu ya cetaphil dari kapan taun pengen kubelik tapi gak kebelik juga karena lupa. Tapi liat naruko kok jadi kepengen ya. Terus liat sebamed kok menggoda iman juga.

    BalasHapus