Minggu, 17 Februari 2019

# EVENT # LIFESTYLE

Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah, Solusi Modern Berwakaf dalam Bentuk Asuransi


Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah, Solusi Modern Berwakaf dalam Bentuk Asuransi

Selama ini pernah tidak kita bertanya-tanya, berwakaf dalam bentuk asuransi boleh tidak? Tentu saja itu juga adalah pertanyaan yang selalu terngiang di kepalaku. Tapi mau sampai kapan penasaran jika tidak mencari tahu kebenarannya. Banyak hal yang berkembang di era modern ini, termasuk berwakaf dalam bentuk asuransi.

Eits, tapi sebelum aku lebih lanjut menjelaskan tentang wakaf. Kalian harus tahu dong, ternyata Indonesia merupakan salah satu dari 20 ekonomi terbesar di dunia. Menurut Giving Index oleh Charity AIds Fund, Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, yang berarti bahwa wakaf asuransi memiliki potensi besar mendorong pembangunan ekonomi, serta mengurangi kemiskinan dan ketimpangan negeri ini.

Kemarin aku mengahadiri acara sosialisasi Prudential Indonesia yang meluncurkan program wakaf dari PRUsyariah. Dalam program tersebut, Prudential menawarkan pilihan bagi nasabah dan calon nasabah dalam menyalurkan wakaf. Sebagai bentuk solusi modern dan cerdas, telah ditetapkanlah fatwa MUI tentang wakaf No. 106/DSN-MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah. Dalam fatwa tersebut, MUI membolehkan masyarakat berwakaf dalam bentuk asuransi.

Wah, menarik sekali. Lalu sebenarnya, apakah kita sudah paham apa defenisi wakaf?

Wakaf adalah bentuk kedermawanan dalam Islam yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sehingga menjanjikan pahala yang tidak terputus.

Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah, Solusi Modern Berwakaf dalam Bentuk Asuransi

H. Ahmad Nuryadi Asmawi, LLB, MA selaku Anggota Dewan Pengawas Syariah Prudential Indonesia, menjelaskan bahwa wakaf umumnya digunakan untuk membangun fasilitas umum seperti rumah ibadah, sekolah dan rumah sakit. Selama fasilitas tersebut dimanfaatkan, pahal wakaf tidak akan terputus. Kini, wakaf juga dapat berupa uang (cash waqf), seperti melalui manfaat asuransi dan manfaat investasi dari polis asuransi jiwa syariah.

Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah, Solusi Modern Berwakaf dalam Bentuk Asuransi

Menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI) tanah seluas 2.700 kilometer persegi di lebih dari 366 ribu lokasi telah masyarakat wakafkan. Sedangkan potensi wakaf tunai diperkirakan mencapai Rp180 triliun per tahun (sumber Republika). Maka dari itu, program wakaf dari PRUsyariah ini akan membantu potensi wakaf di Indonesia yang sebenarnya sangat tinggi. Manfaat dan keutamaan wakaf juga harus terus disosialisasikan sehingga masyarakat bisa menyalurkan dermanya dengan lebih tepat dan berguna bagi yang sebenarnya membutuhkan.

Sebagai alasan untuk memfasilitasi niat ibadah wakaf masyarakat, Prudential Indonesia menghadirkan Program Wakaf dari PRUsyariah sebagai wujud dari komitmen Prudential Wakaf yang baru yaitu ‘WE DO GOOD’ atau ‘Kami Mewujudkan Kebaikan’ Program ini memberikan solusi terhadap kebutuha nasabah dalam melaksanakan wakaf dan membantu mewujudkan kebaikan secara berkelanjutan. Program ini juga melengkapi serangkaian produk dan layanan asuransi syariah yang komperhensif dari Pudential.

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, apalagi berderma demi manfaat yang abadi, menjadikan amal jariyah bagi siapapun yang melaksanakannya dengan ikhlas. Jadi ada baiknya ibadah itu jalanin bareng.

Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah, Solusi Modern Berwakaf dalam Bentuk Asuransi

Sejalan dengan dengan slogan PRUsyariah ‘Selalu Berbagi, Selamanya Berarti’, Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia mengatakan bahwa program tersebut mendukug nasabah yang sedang mencari solusi modern dan cerdas untuk menunaikan wakaf, sekaligus memastikan dirinya dan keluarganya memperoleh proteksi dan perencanaan investasi yang tepat. Program wakaf ini fokus pada kemudahan nasabah dalam menyalurkan wakaf asuransinya.

Untuk memastikan dana wakaf dikelola dengan baik dan professional, tentunya pewakaf harus memastikan bahwa dana wakaf tetap terjaga dan hasil usaha wakaf terus memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, Prudential Indonesia bermitra dengan tiga lembaga wakaf atau nazhir yang terpercaya, yaitu Dompet Dhuafa, iWakaf dan Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI). Nasabah boleh memilih nazhir di antara ketiga lembaga tersebut.

Nah, terdapat 3 pilihan dalam Program Wakaf dari PRUsyariah:

  1.  Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia
-       Mewakafkan sampai dengan 45% berlaku untuk pengajuan polis baru produk PRUlink syariah generasi baru (PSGB) dari PRUlink Syariah Investor Account (PSIA), serta polis existing PRUlink Syariah Assurance Account (PSAA), PSIA dan PSGB
-    Mewakafkan sampai dengan 95% berlaku untuk pengajuan polis baru PSGB dan PSIA dengan syarat peserta memiliki polis existing (konvensional dan/atau Syariah) yang masih aktif.

  1. Wakaf Nilai Tunai
-   Mewakafkan dengan maksimal 1/3 dari jumlah nilai tunai yang berbentuk ketika peserta yang diasuransikan meninggal dunia (jika ada). Berlaku untuk pengajuan polis produk PSGB dan PSIA, serta polis existing PSAA, PSIA dan PSGB.

  1. Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia dan Nilai Tunai
-    Mewakafkan dengan santunan asuransi manfaat meninggal dunia (sampai 45% atau 95%) dan nilai tunai(maksimal 1/3) ketentuan mengikuti pilihan 1 dan 2.

Prudential Indonesia telah memberikan pelatihan tentang wakaf ke lebih dari 9.000 tenaga pemasar Prudential dan masyarakat sejak 17 sampai 18 Januari 2019. Kegiatan tersebut mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk ‘Sosialisasi Wakaf Asuransu Peserta Terbanyak’

Nah, apakah kamu salah satunya? Yuk kenali tentang wakaf, kenali juga penyalurnya. Agar kita semua mendapatkan manfaat baik dari niat baik kita berderma wakaf dalam bentuk asuransi syariah.


Informasi Lebih Lanjut:

www.prudential.co.id

Find me on:

Instagram: @agnesiarezita
Twitter: @agnesiarezita

Taken with mood & written with love


Agnesiarezita

4 komentar:

  1. Aku baru tau ada produk baru ini,wah... Bisa di cobain nih

    BalasHapus
  2. Daaan akika dapat ilmu baru soal wakaf. Selama ini cuma dengar kata wakaf di tanah wakaf hehehehehehheheheheh

    BalasHapus