Senin, 24 Agustus 2020

# BEAUTY # REVIEW

[Review] Avoskin Miraculous Retinol Toner, Hasil Pemakaian Satu Bulan di Kulit Sensitif & Acne Prone


Memasuki usia yang terbilang matang, aku merasa sudah sangat perlu pakai skincare dengan kandungan anti-aging. Salah satu ingredients yang sedang banyak diperbincangkan saat ini adalah Retinol, dikenal mampu meregenerasi kulit. Beberapa brand lokal mengeluarkan skincare dengan kandungan utama Retinol, salah satunya adalah Avoskin Miraculous Retinol Toner. Kalau dari brand luar, ada PIXI Retinol Tonic, yang harganya tentu jauh lebih mahal dari produk lokal. Aku sudah menggunakan Avoskin Miraculous Retinol Toner ini selama satu bulan, dengan kondisi kulit yang sensitif dan acne prone.

Kandungan Utama Avoskin Miraculous Retinol Toner

Retinol adalah turunan dari Vitamin A yang diformulasikan untuk meregenereasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Retinol dikenal sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi penuaan pada kulit dan tentunya mampu meratakan atau mengembalikan tone alami kulit. Meski dianggap holy grail, tetap harus hati-hati menggunakan Retinol, butuh petunjuk pemakaian yang sudah disesuaikan. Seperti Avoskin Miraculous Retinol Toner, yang hanya boleh digunakan pada malam hari dan paginya harus menggunakan sunscreen untuk menghindari sensitivitas pada kulit. Perlu diingat Retinol ini baru bisa digunakan untuk usia mulai 20 tahun.

Awalnya tentu aku khawatir menggunakan skincare dengan kandungan Retinol, tapi di Avoskin Retinol Toner ini ternyata mengandung Peptide dan Actosome Retinol yang 50% minim iritasi di kulit dibandingkan dengan Retinol biasa. Setiap 1% Actosome Retinol mengandung 0,09% Active Retinol, 0,1 % Hexapeptide.

Selain Retinol, Avoskin Miraculous Retinol Toner juga mengandung 3% Niacinamide atau Vitamin B3, juga dikenal mampu untuk mengencangkan kulit sekaligus memiliki sifat anti-inflammatory, untuk kulit sensitif kandungan ini sangat diperlukan karena menghilangkan kemerahan bahkan meredakan jerawat yang meradang. Untuk kulit berminyak, kandungan ini sangat amat baik karena mampu mengontrol minyak hingga pori-pori terlihat samar sebab tidak tersumbat oleh minyak berlebih.

Start Ingredients lainnya ada Pomegrante, salah satu kandungan yang baik untuk melindungi kulit dari keriput dan garis-garis halus. Kadarnya juga berfungsi melembapkan serta mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit. Fyi, efek Retinol bisa membuat kulit jadi kering, oleh karena itu harus diseimbangkan dengan kandungan lain yang melembapkan seperti Pomegrante.

Ingredients Avoskin Miraculous Retinol Toner

Water, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin,  Polysorbate 20, Phenoxyethanol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polyglyceryl-2 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Glyceryl Stearate, Stearyl Alcohol, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Ethylhexylglycerin, Cholesterol, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, BHT, Punica Granatum (Pomegranate) Fruit Extract, Butylene Glycol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, BHA, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Palmitoyl Hexapeptide-12.

Kemasan Avoskin Miraculous Retinol Toner


Dikemas dengan kotak berwarna cokelat, informasi di kotaknya lengkap, mulai dari nama produk, manfaat produk, cara pemakaian, ingredients, produksi, simbol-simbol peringatan, exp dateBPOM NA18201200926



Untuk produknya sendiri dikemas dalam bentuk botol plastik yang kokoh berwarna cokelat gelap, kandungan retinol mudah teroksidasi oleh karena itu dianjurkan disimpan dalam kemasan gelap dan terhindar dari sinar matahari. Mode tutup putar ulir, ada pembatas tutup lubangnya agar cairan produk yang keluar bisa ditakar. Isinya 100ml.



Tekstur & Aroma Avoskin Miraculous Retinol Toner

Tekstur Avoskin Miraculous Retinol Toner kental berwarna putih keruh, Saat diaplikasikan ke kulit, teksturnya mudah menyebar dan memberikan hydrating yang cukup, ada kesan lengket di awal namun setelah meresap kulit jadi lebih lembap.


Aromanya sedikit menggangu di hidungku, merupakan aroma alami dari kandungannya, karena produk ini fragrance free. Namun hanya saat diratakan saja, ketika sudah meresap aromanya hilang.

Cara Penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Toner

Tuangkan ke telapak tangan lalu oleh/aplikasikan cairan ke seluruh bagian kulit wajah dalam kondisi bersih pada malam hari. Jika ingin pakai kapas juga bisa, tapi menurutku karena tekstur toner ini kental, lebih baik menggunakan telapak tangan agar produk tidak terserap oleh kapas.


Pada kemasan dikatakan bisa digunakan setiap hari pada malam hari, tapi untuk pemula dalam menggunakan Retinol dan kulit sensitif, lebih baik gunakan 2-3 kali seminggu hanya di malam hari, Jangan lupa gunakan sunscreen pada keesokan harinya untuk hasil yang optimal.

Hasil Pemakaian Avoskin Miraculous Retinol Toner

Sejujurnya aku strugle banget pakai skincare dengan kandungan Retinol ini, awalnya kulitku hanya ada bekas jerawat, namun di minggu pertama kulitku tumbuh jerawat di bagian yang tertutup masker setiap hari (new normal), aku memang mencurigai masker kain penyebab tumbuhnya jerawatku, kemudian bertambah lagi ke bagian dagu, sedangkan bagian kening tidak ada masalah. Kemudian di minggu selanjutnya muncul lagi jerawat di bagian pipi kanan tapi kulitku terlihat sangat sehat, glowing pula. Sempat berfikir apa jerawat datang karena sensitif dengan retinol, tapi kenapa kulitnya malah sehat. Akhirnya aku inisiatif untuk berhenti menggunakan masker kain dan mulai pakai masker jenis lain yang aku ganti pemakaiannya setiap hari.


Pada minggu keempat, jerawatku mulai reda dan tidak ada jerawat baru, kandungan niacinamide sebagai anti-inflammantory bekerja baik di jerawatku yang meradang, perlahan bekas jerawat yang ada di awal pemakaian sudah benar-benar pudar, aku tidak merasakan kulit panas, tidak merasakan kulit cekit-cekit atau gatal, perlu digarisbawahi bahwa efek penggunaan retinol di wajah setiap orang tentu berbeda-beda. Toner ini membantu kulitku jadi lebih sehat dan meratakan warna kulit. Sedangkan untuk anti-aging, ini butuh waktu lebih lama dan rutin, sejauh ini perubahan terlihat sangat signifikan dan aku suka sekali dengan toner ini. Sensitif Skin Approved.

Pesanku, untuk menggunakan skincare dengan kandungan Retinol, kita harus berhati-hati dan 'tahu cara mainnya' karena retinol ini bila salah langkah bisa menyebabkan kulit tidak sehat, kebalikannya justru kalau dipakai dengan benar, klaimnya benar-benar akan kita rasakan.


Untuk kalian yang sudah memasuki usia 20 tahun, sudah bisa sedari sekarang pakai produk anti-aging dengan kadar yang sesuai seperti Miraculous Toner dari Avoskin. Tentunya tidak lupa untuk selalu menggunakan sunscreen sebagai pelindung agar meminimalisir sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Produk ini bisa kalian beli di Website Avoskin dengan harga Rp 179.000,-

3 komentar:

  1. Aku juga lagi pake toner ini, hampir mau sebulan juga tapi belum notice ada efek apa apa :(

    BalasHapus
  2. Aku juga pake ini nih, Mbak. Alhamdulillah cocok-cocok aja. Padahal awal-awal pake sempet takut kalau muka tambah kering atau iritasi. :)

    BalasHapus