Selasa, 04 Agustus 2020

# SOCO Beauty Network

Pengalaman menjadi SOCO Beauty Network (SBN) - dari Hobi jadi Profesi


Sering sekali banyak yang bertanya, bagaimana awal mula aku menjadi blogger hingga menjadikannya sebagai profesi. Karena basic-ku adalah menulis, aku ingin orang lain membaca tulisanku secara terbuka, blog adalah salah satu flatform-nya. Aku membuat blog sejak 2012 dan terus konsisten meski awalnya sedikit yang baca. Tapi aku percaya, setiap tulisan pasti akan menemukan jodohnya.

Selain menulis, aku juga suka sharing di instagram tentang produk skincare dan makeup yang aku gunakan. Karena hobiku itu, aku memiliki banyak teman yang se-niche. Senang rasanya punya banyak teman sefrekuensi, bisa bertukar pengetahuan soal skincare dan makeup, saling meracuni produk yang disukai.

Tahun 2018, pertama kali melihat salah satu teman blogger posting tentang sociolla beserta kode diskon, dengan hastag #SociollaBloggerNetwork karena penasaran aku pun bertanya apa itu SBN? lalu dia mengatakan bahwa SBN adalah salah satu bentuk community beauty blogger yang suka review dalam satu flatform bernama SOCO. Rasa penasaran membawaku sampai ke soco.id dan register akun, senang sekali menemukan platform dimana bisa melihat review produk kecantikan dengan sangat mudah, karena di sana banyak beauty enthusiast yang memberikan review jujur pada suatu produk.

Untuk kalian yang belum tahu apa itu SBN. SBN adalah singkatan dari SOCO Beauty Network yang merupakan sebuah komunitas Beauty & Lifestyle yang berada dibawah naungan platform SOCO.

Mulanya, SBN adalah Sociolla Blogger Network yang sudah berdiri sejak tahun 2016. Beranggotakan para beauty enthusiast yang memiliki blog dan rutin menulis review produk kecantikan, SOCO hadir sebagai inkubator dan memfasilitasi kebutuhan komunitas SBN melalui beberapa program kerja sama. Karena antusiasme dari komunitas yang cukup tinggi, keinginan mengembangkan komunitas beauty dalam lingkup yang lebih luas dan tidak terbatas, serta inovasi terbaru berupa platform komunitas yang disebut dengan SOCO. Sociolla Blogger Network kini bertransformasi menjadi SOCO Beauty Network. Tentu saja ini memperluar peluang, jadi tidak hanya beauty blogger atau yang memiliki blog kecantikan saja yang bisa menjadi SBN, namun para beauty enthusiast member SOCO yang aktif membuat konten review dan sharing di platform social media manapun juga bisa menjadi bagian dari SBN.

Waktu itu, aku bertanya pada temanku bagaimana agar bisa bergabung menjadi SBN, ia mengatakan bahwa Sociolla dalam waktu-waktu tertentu melakukan open recruitment, tanpa menunggu waktu lama, aku pun langsung mengirim email menyatakan ketertarikanku untuk bergabung menjadi SBN, karena aku pun seorang blogger. Beberapa hari kemudian emailku mendapat tanggapan dan aku harus mengisi beberapa data untuk meyakinkan mereka tentang passionku sebagai blogger. Esoknya aku mendapat email bahwa aku diterima sebagai Sociolla Blogger Network dan mendapat kode diskon yang bisa digunakan oleh orang lain jika ingin berbelanja di Sociolla, betapa senangnya aku ketika itu.

Kode SBN yang lama

Awalnya kesenanganku hanya sebatas 'diakui dan dinotice Sociolla' karena aku terbilang baru berkecimpung di bidang beauty, meski aku sudah ngeblog sejak 2012. Tapi seiring waktu berjalan, kesenanganku bertambah, bisa dikatakan SBN ini adalah pembuka jalan untukku menjadikan blogger sebagai profesi.


Aku memiliki beberapa pengalaman bekerja sama dengan Sociolla dan Beauty Journal, pengalaman pertamaku adalah berkesempatan nyobain sunscreen terbaru dari L'Oreal Indonesia. Kerja sama pertamakuini tidak berbayar tapi aku senang menerimanya, karena inilah permulaanku belajar dan berproses jadi lebih baik. Aku membuat konten dengan sangat sungguh-sungguh, karena yakinlah konten yang menarik dan berkualitas akan membawa kita pada kerja sama berikutnya. Dan terbukti, kerja sama berkelanjutan terjadi, tidak hanya review produk tapi juga event offline. Mulai dari tidak berbayar hingga yang berbayar. Bahagia rasanya berpenghasilan karena hobi.

Tugas sebagai SBN bukan hanya posting foto di feed ataupun blog, tapi juga menulis review jujur di soco, review ini akan sangat membantu siapapun yang hendak membeli sunscreen tersebut. Sharing is caring, membangun trust.


Sejak 2017, aku mulai membranding diri sebagai beauty blogger. Menulis review produk yang saat itu aku punya, sangat sederhana sekali, pelan-pelan aku belajar bagaimana mereview produk yang baik dan benar, tidak cukup sampai di situ, aku pun harus belajar agar konten yang aku buat benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan.

Berikut ini beberapa kerja sama yang aku dapatkan dengan berbagai brand ternama melalui perantara sebagai SBN dan Beauty Journal:

Tidak hanya aktif review di blog, tentu aku butuh social media untuk share blog post-ku. Meski melalui kekuatan pencarian dari google sudah sangat mumpuni, tapi trust dari followers sangatlah perlu, karena mereka yang akan tetap stay, sedangkan mereka yang datang karena menemukan blogku di google, bisa jadi hanya singgah sekali saja, atau mungkin bila pembaca merasa suka dengan postinganku, mereka akan follow social mediaku untuk mengetahui perkembangan terbaru tentang produk yang aku gunakan.

SBN juga berkesempatan besar mendapatkan SOCOBOX yang berisi produk-produk favorit di soco.id


Selain menulis honest review produk yang didapatkan dari SOCOBOX, yang menarik dari SOCO adalah tersedianya 'Trusted Review' karena review tersebut ditulis berdasarkan produk yang dibeli di website sociolla.com aku sering belanja di Sociolla karena banyak sekali promo diskon, bahkan juga sering gratis ongkir, dan yang terpenting adalah hanya perlu bayar satu kali ongkir untuk banyak produk dari brand yang berbeda.


Tahun 2020, Sociolla Blogger Network berganti menjadi Soco Beauty Network, artinya cakupan tersebut tidak sebatas untuk blogger saja, siapapun yang suka dengan hal-hal kecantikan pun bisa bergabung menjadi SBN dan merasakan berbagai manfaatnya. Karena perubahan itu, akupun mendapat kode diskon SBN yang baru seperti di bawah ini. Siapapun boleh menggunakan kode ini saat berbelanja di sociolla.com


Sekarang profesiku adalah blogger, kata kekiniannya Content Creator. Aku senang banget bisa sampai di tahap menjadikan hobi sebagai profesi, karena menyenangkan sekali menjalaninya. Apakah kalian tertarik? Berikut beberapa cara untuk menjadi SBN.

HOW TO JOIN:

01 Qualifications
Beauty Enthusiast, memiliki passion dalam bidang content creating. Diatas 17 tahun (memiliki KTP) Instagram (Business Account)

02 Fill Registration Form
Join now to get the perks! Lengkapi form registrasi dengan meng-klik tombol di bawah ini.

03 Waiting for Validation
Selagi menunggu konfirmasi email kamu bisa tetap membuat konten beauty dan lifestyle. Semakin banyak kamu membuat konten, maka semakin besar kesempatan kamu untuk menjadi member SBN!

Atau kalian bisa baca selengkapnya di http://soco.id/sbn Good Luck!


@sociolla #SOCOBeautyNetwork #StartwithSBN

2 komentar:

  1. Haloo, aku juga SBN nih, tapi baru jadi SBN tahun 2018 hihi. Seru banget udah sempat ikut event offline gituu, aku malah belum pernah :D

    BalasHapus
  2. Wah seru banget kak!
    Kemarin aku ngajuin diri jadi SBN, hari ini aku cek SOCO dan dapat notif kalo diterima dong!!! :') Can't wait to see amazing events like you.
    Sukses terus ya kak!
    Btw akun SOCO aku @desondebta

    BalasHapus