Selasa, 29 Desember 2020

Mengenal Berbagai Macam Jenis Warna Kulit yang Ada



Perbedaan warna kulit bisa terjadi karena adanya bawaan faktor genetik orang tua yang menurun ke anaknya. Di samping itu, terkena paparan sinar matahari dan perbedaan geografi juga bisa mempengaruhi perubahan warna kulit. Orang-orang yang berkulit putih biasanya memiliki melanin yang sedikit dibandingkan orang-orang yang berkulit gelap.


Thomas B. Fitzpatrick, seorang ahli dermatologis mengklasifikasikan 6 macam tipe warna kulit manusia.


       Tipe I Kulit sangat cerah selalu terbakar dan tidak bisa berubah menjadi coklat.

       Tipe II Kulit putih kadang bisa terbakar dan bisa berubah warna menjadi coklat.

      Tipe III Kulit sedang (medium) bisa terbakar, dan kadang bisa berubah warna menjadi coklat.

       Tipe IV Kulit zaitun (olive) jarang terbakar dan selalu berwarna coklat.

 Tipe V Kulit coklat (brown) berpigmen sedang, tidak pernah terbakar, dan selalu berwarna coklat.

  Tipe VI Kulit hitam (black) berpigmen mencolok, tidak pernah terbakar, dan selalu berwarna coklat.

Penasaran dengan jenis warna kulit orang disekitar kita? Yuk, simak di bawah ini.


1. Kulit Putih (Caucasian)


Orang yang berkulit putih, kulitnya akan lebih rentan terbakar sinar matahari dan berubah menjadi gelap atau kemerahan. Karena memiliki melanin yang sedikit, orang berkulit putih juga lebih rentan terkena kanker yang dihasilkan dari sinar UV.


Namun, kamu bisa mencegahnya dengan mengurangi aktivitas di siang hari mulai dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang dan juga gunakan tabir surya untuk mengurangi resikonya.


2. Kulit Kuning Langsat (Mediteranian)


Orang-orang yang memiliki warna kulit kuning langsat dinilai ideal dan banyak didambakan. Biasanya, mereka yang memiliki kulit ini merupakan perpaduan warna putih yang sedikit kekuning-kuningan menyerupai buah langsat.


Hal tersebut bisa disebabkan karena adanya perkawinan berbeda ras, sehingga pigmen yang dihasilkan pun sedikit lebih tercampur. Salah satu contoh negara yang memiliki warna kulit seperti ini adalah negeri Tirai Bambu.


Di mana kulit mereka berwarna putih sedikit kekuningan. Selain dari Negara China, orang Asia juga memiliki banyak dominan memiliki kulit kuning langsat.


3. Kulit Sawo Matang


Orang yang memiliki kulit sawo matang, warna kulitnya tidak bisa berubah kemerahan meskipun telah terpapar sinar matahari. Tetapi, kulitnya bisa berubah menjadi hitam dan gelap dengan sendirinya.


4. Kulit Berwarna Coklat Kehitaman


Kulit dengan warna yang satu ini biasanya dimiliki oleh orang-orang dari suku Indian. Di mana warna kulit mereka berwarna coklat dan kehitaman. Sama seperti warna kulit lainnya.


Kulit ini memang dari awalnya sudah berwarna coklat, sehingga akan sangat kesulitan apabila ingin mengubah menjadi warna kuning atau putih. Meskipun telah berwarna coklat kehitaman, tetapi jika terpapar sinar matahari berlebih kulit tetap bisa berubah semakin gelap dan menghitam.


5. Kulit Berwarna Hitam Gelap


Orang yang memiliki kulit ini biasanya disebut dengan ras Negroid. Di mana kulitnya memiliki warna yang hitam dan gelap serta memiliki rambut keriting. Orang yang memiliki warna kulit ini harus benar-benar berhati-hati apabila terpapar sinar matahari. Karena orang yang memiliki warna kulit hitam gelap hanya memiliki satu pigmen saja, yaitu warna hitam.


Setelah mengetahui berbagai jenis warna kulit, kamu bisa mulai merawat kesehatan kulit. Bila kamu masih bingung harus mulai dari mana, silahkan baca ulasan mengenai 6 Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh. Dengan begitu, kamu tahu harus mengkonsumsi makanan dan buah apa agar kulit tetap sehat dan awet muda.

 

2 komentar: