Senin, 02 September 2019

# EVENT # FOOD

Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019

 Medan dikenal sebagai kota kuliner, karena di dalamnya terdapat berbagai suku yang memiliki ciri khas makananya masing-masing. Oleh karena itu, Teh Pucuk Harum menjadikan Medan sebagai kota kedua setelah Yogyakarta untuk menggelar festival kuliner terbesar yaitu Pucuk Coolinary Festival dengan tajuk Temukan Rasa Favoritmu. Acara ini berlangsung di Lapangan Plaza Medan Fair sejak tanggal 31 Agustus-1 September 2019.

Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Namun, sebelum acara tersebut berlangsung, pada 29 Agustus 2019 digelar media gathering yang menghadirkan co-founder @makanmana yaitu Leonarce untuk sharing perihal kuliner di kota Medan. Pada sharing session yang berlangsung di Warung Kudeta tersebut, Leo menyampaikan apresiasinya pada event ini karena bisa mendorong bisnis para UMKM kuliner yang terlibat. Apalagi Teh Pucuk Harum tidak memungut biaya sewa maupun bagi hasil. Untuk itu, tentu saja harga makanan di lebih 80 tenant tidak akan mahal seperti festival pada umumnya.
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Yang membuat festival kuliner ini unik dan berbeda adalah karena terbagi menjadi 3 zona rasa yaitu pedas, manis dan gurih. Selain mendapat fasilitas gratis tiket masuk, pengunjung juga takkan repot menemukan rasa favorit karena masing-masing tenant di posisikan sesuai dengan zona rasanya. Jika suka pedas maka bisa datang ke zona pedas, begitu juga rasa manis dan gurih.
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Yustina Amelia selaku Brand Manager Teh Pucuk Harum menyatakan bahwa di festival ini, para pecinta makan akan sangat diuntungkan karena bisa menikmati berbagai jenis kuliner di Medan hanya di satu lokasi saja. Bahkan bisa menikmati banyak penawaran menarik lainnya, seperti pembagian 10.000 ribu porsi Mie Balap Mail GRATIS hanya dengan menunjukkan dua botol teh pucuk harum. Juga ada sesi ‘Happy Hour’ dimana pengunjung bisa mendapat potongan harga Rp 10,000,- di semua tenant pada jam-jam tertentu.
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Berburu Rasa Favorit di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019
Serunya pada gathering ini, para blogger dan media diajak untuk mengikuti simulasi Spicy King Noodle Contest, bedanya di festivalnya berlaku sistem adu, mie yang dimakan juga bukan cuma satu level, tapi hingga enam level, jadi pemenang di sesi pertama diadu lagi hingga ditemukan juaranya. Hadiahnya jutaan loh, kalau hobi makan pedas sih kompetisi begini bakal doyan.

Tibalah saatnya opening Pucuk Coolinary Festival 2019 di Medan pada 31 Agustus 2019, berlangsung meriah setelah pengetukan beduk oleh Wakil Walikota Medan, Bapak Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie, dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Bapak Drs. Agus Suriyono, pertanda resminya festival kuliner ini dibuka, disambut tepuk tangan meriah para pengujung dan masing-masing perwakilan tenant.
Meski cuaca Medan saat itu sangat terik, tidak menyurutkan pengunjung untuk berburu rasa favorit. Begitupun aku, sebagai pecinta makanan manis, aku tergiur untuk mencicipi rasa di masing-masing zona, termasuk pedas. Pasalnya banyak sekali menu makanan yang baru aku tahu sejak mengunjungi festival ini. Sepertinya setelah ini, aku bakal jajan terus, karena sudah menemukan referensi menu makanan baru.
Dibuka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB tak henti pengunjung datang untuk menemukan rasa favorit mereka, semakin antusias karena pengujung berkesempatan memenangkan undian doorprize sepeda motor NMAX setiap harinya selama dua hari. Caranya mudah, hanya perlu vote tenant favorit mereka, dengan membeli menu makanan di tenant tersebut maka bill pembelian bisa ditukarkan jadi kupon undian.
Tidak hanya pengunjung yang diuntungkan, tenant juga. Semakin banyak yang vote dan membeli di tenant mereka, tentu saja berkesempatan menjadi tenant terbaik dengan hadiah uang tunai jutaan rupiah. Asik banget, ikut festival gratis, makin dikenal banyak warga Medan, berkesempatan jadi tenant terbaik pula.

Di panggung utama juga tak henti musisi lokal menghibur pengunjung, ada juga Mak Beti yang terkenal dengan repetannya, ikut menggemparkan lokasi festival.

Untuk berburu rasa favorit, zona yang pertama kali aku kunjungi adalah zona gurih. Sebagai pecinta dimsum, aku terpesona dengan tawaran menu Dimsum Saos Tiram dari @VizDimsum, seporsi isinya ada 4 dimsum ayam, kentang dan ayam, harganya cuma 15.000, speechless dong murah banget.
Masuk ke zona pedas, aku menemukan menu makanan baru yaitu cumi bakso jumbo, di tenant ini rame banget, cara masaknya juga instagramble ala-ala chef gitu.
Kemudian masuk ke zona manis nih, zona favoritku, ada Martabak Durian Samudera, aku juga baru tau banget ada makanan ginian di Medan. Serius enak banget, sebagai pecinta durian ini menu wajib banget dicobain.
Ada juga @kuebacok, ini lagi hits banget di Medan, akhirnya nyicipin juga. Di acara ini bener-bener deh dapat pengalaman kuliner baru, banyak banget menu makanan yang baru banget aku tau.
Akhirnya aku menemukan rasa favoritku, aku menyukai semua zona, karena masing-masing punya ciri khas tersendiri, untuk menikmati rasa-rasanya pun membutuhkan momen tertentu. Jadi, rasa favoritku adalah momen dimana aku membutuhkan rasa itu, hiyaaaa. Karena semua menu di festival ini enak banget, murah dan bikin nagih.
Menjelang sore, dimulailah Spicy King Noodle Contest, setelah mendaftar gratis setiap peserta disediakan mie pedas mulai dari level 1 hingga 6 dengan 2 teh pucuk harum, siapa yang paling cepat menghabiskan mie maka akan diadu lagi sampai mendapatkan juara utama. Untungnya di contest ini, semua peserta difasilitasi susu untuk menetralisir perut agar tidak sakit, keren banget segitu pedulinya dengan peserta.
Tidak hanya kompetisi makan mie level, semua pengunjung juga berkesempatan memenangkan hadiah kamera dari Teh Pucuk Harum dengan mengikuti lomba foto instagram. Seru banget pastinya berkeliling zona festival sembari mengabadikan keseruannya di instagram dan bisa memenangkan kamera keren.
Kemudian, malam harinya diundilah pengunjung yang mendapatkan 1 sepeda motor NMAX. Antusaias pengunjung luar biasa, bahkan satu orang ada yang memiliki puluhan kupon karena semakin banyak jajan semakin banyak kesempatan menang.
Di penghujung acara hari kedua, Teh Pucuk Harum memberikan apresiasi terhadap para tenant yang merupakan bagian dari UMKM di Indonesia lewat kegiatan ‘Pemilihan Tenant Favorit’ dengan hadiah uang tunai senilai jutaan rupiah sebagai modal untuk mengembangkan bisnis kulinernya.

Seru banget pemburuan rasa favoritku di Pucuk Coolinary Festival Medan 2019 ini. Aku berharap UMKM kuliner di kota Medan semakin berkembang, inovatif dan sportif. Semoga ada kesempatan acara keren ini kembali digelar di Kota Medan.
Next, tunggu di kotamu ya! Info selengkapnya cek di @pucukharumid

1 komentar:

  1. Waahh kalau ada kontes makan pedas gitu biasanya suamiku tertarik soalnya dia suka bgt pedas hehehe, keren juga ya panitianya, menyediakan susu penetralisirnya juga.

    BalasHapus