Rabu, 28 Agustus 2019

# FINANCIAL

Cermat Memilih Kartu Kredit dan Aplikasi E-Money Melalui Cermati

Pengalaman Apply Kartu Kredit & E-Money via Cermati
Di era serba digital sekarang ini, cashless menjadi pilihan menarik karena memberikan banyak keuntungan. Selain tidak perlu repot bawa dompet, ada gadget yang bisa membuat segala urusan menjadi mudah. Bayangkan saja, kini smartphone menjadi gadget yang tidak pernah lepas dari tangan. Kemanapun itu, rasanya semua bisa dilakukan oleh satu gadget saja. Menarik bukan?


Cashless dinamai juga dengan e-money, semakin banyak aplikasi e-money membuat kita semakin bingung, untuk orang awam sepertiku nih harus banyak riset agar tidak salah pilih aplikasi. Akhirnya aku mencoba searching perihal e-money di google. Muncullah ini di halaman pertama.
Karena penasaran apa itu Cermati.com maka aku pun menguliknya lebih jauh. Melihat dari motto mereka, sepertinya sangat menarik. Seperti semacam solusi dari berbagai pertanyaanku tentang aplikasi keuangan. Saking banyaknya sekarang tuh, bikin bingung ya gak?

Apa itu Cermati.com?


Cermati adalah perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi keuangan. Perusahaan yang diluncurkan pada april 2015 ini didirikan oleh para ahli teknologi veteran yang sudah berpengalaman bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi global terkemuka seperti Google, LinkedIn, Microsoft dan Oracle. Cermati memiliki pengalaman total lebih dari 16 tahun dalam membangun perangkat lunak dan website yang sudah digunakan oleh lebih dari ratusan juta pengguna di seluruh dunia.

Cermati.com menyediakan berbagai macam informasi untuk membantu masyarakat Indonesia menemukan produk keuangan terbaik. Cermati juga menyediakan akses data ke ribuan produk keuangan secara gratis untuk memudahkan masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cermat.

Misi Cermati adalah membantu masyarakat Indonesia dapat lebih memahami produk-produk finansial yang tersedia bagi mereka. Sebab, seringkali informasi produk finansial sangat sulit ditemukan dan sulit dimengerti. Selain itu, Cermati juga membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan produk finansial yang ideal dengan mencermati semua layanan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan.

NAH KAN, iniloh website yang aku cari. Kapan lagi dapat informasi dari seluruh aplikasi keuangan di Indonesia hanya lewat satu website saja?

Oke, lanjut DAFTAR AKUN! gak perlu mikir lama.
Setelah memiliki akun di cermati.com di halaman pertama langsung muncul penawaran berbagai pilihan produk keuangan yang ada di Indonesia. Yang tadinya cuma ingin tahu tentang e-money eh ternyata banyak juga lainnya. Asik nih jadi banyak referensi, begini tampilannya:

Apply E-Money via Cermati


Kembali ke tujuan awal, mataku langsung tertuju ke icon E-Money. Sepenasaran itu apa saja sih e-money di Indonesia. Setelah aku klik, ternyata ada pilihannya lagi, E-Money itu terbagi dua, ada berbasis kartu atau hanya aplikasi. Wow menarik banget, orang awam mari bertepuk tangan *prok-prok*
Kemudian di bagian bawahnya ternyata ada informasi penting banget untuk menjawab segala pertanyaan yang belum terjawab, seperti:
Hanya klik pertanyaannya saja kemudian akan muncul jawabannya, sesederhana itu.

e-Money (Electronic Money), Apakah Itu? 


e-Money adalah alat pembayaran yang memiliki nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip. e-Money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran seperti membayar tiket transportasi umum, tarif jalan tol dan berbelanja di toko yang bekerja sama dengan penerbit e-Money. Nilai uang dalam e-Money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. 

e-Money hadir di Indonesia sejak tahun 2009, e-Money diterbitkan oleh pihak perbankan dan lembaga selain bank atas perizinan dari Bank Indonesia. Data Bank Indonesia per Juli 2016 mencatat terdapat 20 penerbit e-Money, yang terdiri dari 9 bank dan 11 lembaga selain bank. Peraturan tentang e-Money diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money).

Lanjut ya,

Pada bagian E-Money berbasis kartu akan muncul banyak pilihan seperti:

Sedangkan untuk yang berbasis aplikasi akan muncul pilihan:

Dengan berbagai kemudahan, kita bisa mendapatkan informasi lengkap tentang produk tersebut dengan membaca informasi yang tertera, tinggal klik 'Selengkapnya'
Kemudian aku membaca semua keunggulan fitur dari masing-masing E-Money berbasis aplikasi, penjelasannya benar-benar runut, sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepala, kesannya seperti itulah pertanyaan yang akan dipertanyakan orang awam seperti aku ini. Jadi ketika membaca informasinya langsung paham. Kalimatnya mudah dimengerti karena menggunakan poin-poin.

Pilihanku jatuh pada LinkAja, kenapa? selain karena aku pun pengguna Telkomsel, bayar transaksi belanja bisa hanya dengan menempelkan ponsel dengan stiker (TAP) tanpa perlu buka aplikasinya, mantap kan cuy? atau bisa juga dengan QR Code. Selain itu, sebagai pecinta drama korea iflix, aku jadi punya akses khusus VIP untuk streaming menggunakan Link Aja.

Langsung deh klik 'Dapatkan Produk' kemudian akan dialihkan ke Play Store atau App Store.
Setelah download masukkan nomor handphone, isi data diri kemudian jadi deh akun di Link Aja. Selanjutnya bisa top up dan menggunakan banyak transaksi via Link Aja.
Setelah itu aku langsung aktifkan NFC agar bisa dengan mudah bertansaksi tanpa buka aplikasi, cukup perlu tempelkan stiker saja. Kemudan di era digital ini kadang bikin geleng-geleng kepala ya, semudah itu.
Tapi, stikernya harus diambil dulu di graPARI resmi Link Aja. Untungnya sudah tertera lokasi dimana saja bisa didapatkan.

Menggunakan Fitur BANDINGKAN Kartu Kredit di Cermati.com


Sebagai pembelajar yang baik hehe, tentu saja aku tidak berhenti pada satu pengetahuan. Aku penasaran dengan menu KARTU KREDIT. Aku terbantu banget dengan adanya fitur Bandingkan, hanya perlu centang produk yang ingin dibandingkan, maka kebimbangan akan terjawabkan. Aku mencoba membandingkan Kartu Kredit No Fee antara indodana dengan Kredivo.




Maka terlihat jelas perbedaan di bagian biaya penarikan tunai minimum dan denda keterlambatan pembayaran. Aku tertarik dengan kredivo, apalagi bisa digunakan untuk cicilan di berbagai e-commerce dengan 0% bunga.

Mencoba Apply Kartu Kredit


Aku juga mencoba apply kartu kredit CIMB Niaga MasterCard Gold, tapi sayangnya domisili tidak mendukung, nasib tinggal di kabupaten nih huhu.

Pertama masuk pada menu Kartu Kredit, kemudian akan muncul pilihan kartu kredit. Untuk melihat kriteria, maka klik Cek Kriteria.
Setelah itu klik Ajukan Sekarang dan isi data-data berikut ini:
Nah, muncul deh hasilnya. Sayangnya kriteria tempat tinggalku tidak memenuhi. Tapi serius, ini mudah banget apply-nya kalau kamu memenuhi kriteria.
Aku mencoba apply semua kartu kredit dengan gratis iuran tahunan hehe. Meskipun aku tidak punya NPWP, ternyata banyak juga tersedia di cermati.com yang tidak menjadikan NPWP sebagai syarat, namun sayangnya aku gagal di lokasi tinggal nih. Tidak mengapa, setidaknya aku sudah tahu dan mencoba. 

Mengapa Memilih Apply via Cermati.com?


Sangat terbantu dengan cermati.com ini, aku tidak perlu datang ke bank untuk mendaftar kartu kredit. Coba deh bayangkan jika aku datang ke bank untuk apply kartu kredit, melalui antrian, kemudian malah gagal karena alamat tempat tinggal yang tidak memenuhi syarat. Nah, lewat cermati.com ini kita jadi tidak buang-buang waktu, jadi tahu berbagai syarat yang kemudian bisa kita penuhi agar nantinya berhasil apply.

Fitur 'BANDINGKAN' sangat membantu saat bingung antara dua pilihan. Informasinya juga jelas, keterangan disampaikan dengan poin-poin, jadi tidak bosan membacanya. Singkat, padat dan jelas.

Jadi, kalau kalian ingin banget punya kartu kredit dengan pengajuan yang mudah. Langsung ajukan deh via cermati.com kalau tidak punya NPWP tidak masalah, bukan karyawan kantoran? tidak masalah juga, sesuaikan syaratnya saja. Bisa langsung di cek kok, fitur di cermati.com sudah sangat membantu.

Nah karena Cermati.com sudah tersedia di playstore, agar lebih mudah ngulik informasi keuangan, aku langsung download deh, biar gampang via handphone.
Setelah download Cermati, aku bisa cari tahu berbagai fitur keuangan mulai dari kartu kredit, asuransi, kredit kendaraan & rumah sampai simpanan juga bisa. Bayar BPJS juga bisa, wow amazing.

Aku paling senang baca-baca artikel di aplikasi cermati ini, sangat menambah pengetahuan. Berasa kuliah bisnis gitu loh, tapi gratis. Asik banget.



Cermati.com beralamat di Jl. Tomang Raya No. 38, Jatipulo Palmerah, Jakarta Barat 11430. Tidak perlu ragu untuk mengajukan kartu kredit, asuransi atau kredit apapaun via cermati.com. Cermati sangat memudahkan untuk kita mendapatkan referensi.

Untuk info lengkapnya kalian bisa kunjungi cermati.com atau download aplikasinya di playstore atau appstore.

Untuk meyakinkanmu, bisa tonton video di bawah ini:


Tulisan ini diikutsertakan dalam "Cerita Merdeka Finansialku bersama Cermati"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar