Minggu, 13 Januari 2019

# ADVETORIAL # HEALTHY

Macam Jenis Behel Gigi Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Macam Jenis Behel Gigi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kawat gigi atau behel gigi merupakan sebuah alat yang digunakan oleh dokter gigi untuk membantu memperbaiki susunan gigi. Alat ini bekerja dengan cara memberikan tekanan lebih pada gigi dalam periode waktu yang lumayan lama. Apakah Anda tertarik menggunakan behel gigi untuk alasan kesehatan maupun kecantikan? Maka coba simak detail informasi seputar beberapa jenis behel gigi yang biasanya digunakan masyarakat saat ini. Pastikan Anda memilih dan menggunakan jenis behel yang tepat ya!

Behel Gigi Lepasan 

Pertama ada behel gigi lepasan yang dipasang secara tidak permanen sehingga memungkinkan para pengguna untuk lepas pasang behel. Behel lepasan biasanya dibuat menggunakan bahan metal dan hanya akan digunakan untuk permasalahan gigi dalam kondisi ringan saja. Meskipun behel lepasan, pemasangan behel jenis ini juga harus dilakukan menurut saran dokter gigi. Dan hanya gunakan jenis behel lepasan sesuai yang direkomendasikan oleh dokter gigi Anda. Saat ini memang tersedia banyak jenis behel lepasan yang dijual di pasaran dan kemudian pengguna bisa memasangnya sendiri. Pastikan Anda tidak menggunakan behel gigi lepasan sembarangan ini.

Behel Gigi Cekat

Behel gigi cekat termasuk salah satu kawat gigi yang dipasang secara permanen pada gigi selama periode perawatan berlangsung. Jenis behel cekat juga biasanya digunakan untuk kasus permasalahan gigi yang ringan, namun tidak menutup kemungkinan digunakan pada kasus yang lebih sulit. Behel gigi jenis ini dibuat menggunakan berbagai material, bisa dari metal, sapphire hingga keramik. Pemilihan behel cekat harus dilakukan sesuai rekomendasi dokter Anda.

Behel Gigi Metal

Behel metal adalah behel yang paling banyak digunakan. Behel metal sendiri bisa digunakan pada kasus yang ringan hingga yang sulit. Behel metal juga bisa dikombinasikan dengan karet elastis yang tersedia dalam berbagai warna hingga bentuknya lebih menarik. Untuk harganya, behel metal juga mematok harga yang relatif lebih terjangkau dan bisa digunakan untuk berbagai kasus pada gigi Anda. Hanya saja, pemasangan behel metal memerlukan kontrol yang rutin. Terkhususnya penggantian karet behel yang biasanya seiring berjalannya waktu akan kehilangan daya elastisitas dan tekanan pada gigi berkurang.

Behel Gigi Transparan

Behel gigi transparan merupakan salah satu jenis kawat gigi yang terbuat dari bahan ceramic atau sapphire transparan atau berwarna senada dengan warna gigi. Behel transparan selalu menjadi pilihan pasien yang tidak ingin kelihatan menggunakan kawat gigi. Salah satu kelebihan yang dimiliki behel transparan ialah bentuknya lebih tersamar dan tidak terlalu terlihat. Hanya saja, kekuatan behel transparan masih di bawah kekuatan tekanan dari behel metal sehingga tidak cukup efektif menggunakan behel transparan untuk kasus-kasus yang berat. Behel transparan juga menggunakan kawat lengkung dan karet berwarna putih. Apapun pilihan behel gigi Anda, semuanya sangat tergantung pada kondisi gigi dan penanganan yang diambil oleh dokter gigi Anda.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar