Jumat, 31 Maret 2023

Sosialisasi Makanan Halal dan Buka Puasa Bersama di HokBen Ring Road Medan


“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan.” (Surah Almaidah: 3)


Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk memakan makanan yang halal dan dilarang memakan makanan yang haram. Ada lima sebab haramnya makanan dan minuman yaitu jika mengandung najis, membahayakan, memabukkan, dianggap jorok atau menyelisihi tabiat, dan didapatkan dengan cara yang melanggar hukum.


Oleh karena itu penting sekali untuk kita mencari tahu apakah makanan yang kita makanan asal dan prosesnya sudah halal apa belum. Selain itu, seharusnya sudah jadi kewajiban bagi penjual makanan untuk menginformasikan kehalalan makanan dan minuman yang dijual. Itulah pentingnya logo halal pada suatu toko, untuk mendatangkan rasa aman bagi konsumen.


Di Sosialisasi Makanan Halal bersama HokBen kemarin, aku mendapatkan banyak sekali insight dan ilmu baru soal betapa krusialnya logo halal di sebuah toko makanan dan minuman, karena dengan logo halal kita mendapatkan rasa aman untuk makan tanpa rasa khawatir.


Meski hingga kini masih banyak tempat makan yang belum berlogo halal. Berdasarkan ketentuan, setelah tanggal 17 Oktober 2024, bagi pelaku usaha makanan dan minuman, hasil sembelihan, serta jasa penyembelihan, harus bersertifikat halal. Jika belum, maka akan terkena sanksi. 


Jika pelaku usaha khawatir soal budget mengurus sertifikat halal, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sudah membuka program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati), ada 1 juta kuota sertifikasi halal gratis dengan mekanisme pernyataan pelaku usaha (self declare)


Untuk mendaftar Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) 2023, pelaku usaha bisa mengakses http://ptsp.halal.go.id kemudian membuat akun terlebih dahulu. Selain melalui laman tersebut, saat ini pendaftaran sertifikasi halal juga dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka, yang bisa didownload play store dan app store.




Setelah ngobrol seru soal kehalalan suatu makanan dan minuman, acara dilanjutkan dengan kultum dan buka bersama dengan menu Bento Ramadhan. Wah, jujur aku baru kali ini makan menu Bento yang nasinya viral banget dimana-mana, sampai banyak akun tiktok bikin tutorial nasi bento.


Kita tahu ya masyarakat Indonesia selektif dan hati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, salah satunya adalah makanan yang halal. HokBen selalu mengutamakan kualitas terbaik dan terjamin kehalalannya untuk semua menunya, mulai dari bahan baku, proses produksi sampai siap disajikan kepada pelanggan HokBen. HokBen kembali menghadirkan menu lengkap yang bercita rasa nikmat dan halal yakni Bento Ramadan. 


4 Paket Menu Bento Ramadhan




1. BENTO RAMADAN 1 (Chicken Teriyaki, Ebi Furai, Shrimp Roll, Chicken Karaage, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro Harga 58.000,- (sudah termasuk pajak) 


2. BENTO RAMADAN 2 (Chicken Curry Yaki, Ebi Fried, Egg Chicken Roll, Fried Dumpling, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro) Harga Rp. 58.000,- (sudah termasuk pajak)


3. BENTO RAMADAN 3 (Beef Sukiyaki + Tofu, Tori No Teba, Chicken Korokke, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro) Harga Rp 68.000,- (sudah termasuk pajak)


4. BENTO RAMADAN 4 (Beef Teriyaki, Ekkado, Fried Chicken Tofu, Nasi, Salad, Teh Botol Sosro) Harga Rp. 68.000,- (sudah termasuk pajak)


*Semua paket sudah termasuk mendapatkan takjil Es Merah Delima*




Setelah nyobain langsung ternyata nasinya memang sepulen itu, dimakan hanya nasi saja pun terasa gurih. Beef dan Chickennya lembut banget dagingnya, satu porsi menurutku udah ngenyangin banget. Wort it untuk dijadikan pilihan waktu bukber bareng keluarga, teman reuni, gebetan dan sahabat. Apalagi suasana di HokBen Ring Road ini sangat cozy dan instagramble, ada mushola dan parkirnya luas.



Btw, berhubung Tahun ini HokBen memasuki usia 38 tahun, bukan tabu lagi kalau HokBen sudah jadi restoran favorit banyak orang dengan menu-menu variatif yang bisa menyatukan rasa para pelanggan.


Nah, dengan visi ‘Membawa kebaikan untuk memelihara kehidupan masyarakat dengan menciptakan dan menyediakan makanan yang berintegritas’ maka menyambut bulan puasa ini, HokBen mengadakan Share To Love, Love To Share yaitu Berbagi Keceriaan dengan 38 Panti Asuhan di Bulan Penuh Berkah. 


Buka puasa bersama dengan lebih dari 1.900 anak-anak yatim dan kaum dhuafa yng melibatkan 38 Panti Asuhan yang tersebar di 35 kota di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Wah, ikut senang banget ya.


Nah, mulai hari ini yuk mulai aware dengan makanan dan minuman yang halal demi kebaikan kita bersama. Pilih tempat makanan dengan logo halal atau yang sudah kita yakini kehalalannya. Semoga membawa kabaikan untuk kita semua.

2 komentar:

  1. Terima kasih untuk informasi menu bento Ramadannya.

    BalasHapus
  2. Seru banget bukber di Hokben, menunya enak dan pilihan beragam, harga juga terjangkau, pastinya halal dan aman juga. Bukber makin asyik

    BalasHapus