Rabu, 21 Oktober 2020

# BEAUTY # REVIEW

[Review] Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum dan Tranexamic Acid Whitening Cream


Sebagai pemilik kulit acne prone, bekas jerawat dan noda hitam sudah jadi langganan, karena jerawat akan selalu ada dan bekasnya pun tak mudah untuk dihilangkan. Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah dengan memakai serum vitamin c dan brightening cream secara bersamaan. Nah, skincare yang aku pakai adalah Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum dan Tranexamic Acid Whitening Cream. Apakah kalian familiar sama dua produk ini?

Sebelum lanjut ke review-nya, aku kenalin dulu nih Aura Bright by Aryani Fitria adalah skincare lokal yang diformulasikan di Korea, sudah ber-BPOM dan bersertifikasi HALAL. Selain itu Aura Bright juga sudah bersertifikasi ISO 9001 2015 yang berarti sudah termasuk standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu. Wow, pantes saja produk ini begitu famous seliweran di timeline Instagram.

Jenis kulitku kombinasi, sensitif dan rentan berjerawat (acne prone), meski orang bilang acne prone cenderung memiliki kulit berminyak, justru kulitku hanya sedikit berminyak di T-zone, U zone kulitku normal to dry. Masalah kulitku akhir-akhir ini adalah bekas jerawat yang hitam, memerah bahkan warna kulit yang tidak merata. Warna kulit yang tidak merata ini sering sekali terjadi di bagian sisi bibir kanan kiri, mudah merata tapi kadang tidak rata, menyebalkan dan labil seperti mantan. eh.

Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum


Kemasan Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum berbentuk botol kaca berwarna biru gelap dengan tutup pump putih dan pipet transparan. Perlu diketahui alasan botol serum ini berwarna gelap karena vitamin C serum mudah teroksidasi, oleh karena itu jangan disimpan di daerah yang terpapar sinar matahari karena warna serumnya akan menggelap. Itu sebabnya juga ukurannya mini hanya 15 ml, efektif untuk pemakaian sebulan rutin.


Informasi pada kemasan dilengkapi dengan klaim 'Serum perawatan kulit wajah yang membantu mencerahkan dan melembapkan kulit wajah' cara pemakaian, komposisi, produksi, BPOM 18181900432 beserta barcode dan logo halal. Botol serum ini juga bersegel, jadi jangan terima jika segelnya rusak ya.

Ingredients:

Asorbic Acid, Glycerin, Niacinamide, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Zinc PCA, Aqua, Butylene Glycol, Gluconolactone, Glutathione, Hydroxyethylcellulose, Galactomyces Ferment Filtrate, Cetylpyridinum Chloride.

Kandungan Utama Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum terdapat brightening agent seperti Glutathione, dikenal baik untuk mencerahkan kulit yang kusam dan  warna tidak merata. Juga mengandung Vitamin C yang mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus, lembut, menjaga kekenyalan kulit. Oleh karena itu Vitamin C juga dikenal sebagai kandungan untuk anti-aging karena mampu mengurangi garis-garis halus. Kandungan lain yang tidak kalah penting adalah Niacinamide mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi, melembapkan dan mengontrol minyak pada kulit wajah hingga memudarkan pori-pori.

Selain itu, Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum mengandung Galactomyces Ferment Filtrate (GFF) berasal dari proses fermentasi yang dapat meningkatkan kemampuan penyerapan kulit. GFF efektif untuk melembapkan, mencerahkan, mengontrol produksi sebum, mengurangi jerawat, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Ada juga kandungan Gluconolactone atau salah satu jenis PHA yang merupakan kandungan eksfoliasi baru untuk kulit kering dan sensitif, jadi bisa mengangkat sel sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit.

Pengelupasan kulit dengan PHA bersifat ringan tetapi mampu membuat kulit menjadi halus dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. PHA juga mengandung pelembap, anti-inflamasi, dan anti-oksidan sehingga PHA ini cocok dipakai bagi pemilik kulit kering dan sensitif. 

Vitamin C Serum Aura Bright ini dipakai pada pagi dan malam hari:

- Pagi hari serum akan bekerja sebagai pelindung, menutrisi serta memperkuat lapisan kulit agar tidak mudah menjadi kusam akibat pengaruh radikal bebas dan sinar matahari.
- Malam hari serum akan memperbaiki dan merawat kulit dari dalam, menutrisi dan meningkatkan elastisitas serta melahirkan jaringan kulit yang lebih sehat ketika beregenerasi.

Tekstur Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum ini watery tapi tidak terlalu runny karena menurutku masih ada kesan kental sedikit, berwarna broken white agak sedikit kuning bening. Aromanya tidak wangi karena tidak mengandung fragrance, seperti khas seperti vitamin C pada umumnya, hanya terasa bila dicium, saat meresap dikulit aromanya tidak lagi terasa, aku pribadi tidak terganggu. Meresapnya cukup cepat, tidak lengket & tidak terasa greasy bila dipakai sesuai anjuran hanya 2-3 tetes saja.


Cara pakai Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum cukup teteskan 2-3 saja langsung ke tiga titik wajah, kening dan pipi kanan kiri tanpa menyentuh pipetnya agar tetap higienis, lalu oles dan ratakan ke arah luar wajah atau atas. Kalau mau pakai dengan cara diteteskan di tangan terlebih dahulu lalu ditap-tap ke wajah pun boleh, sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing saja.


Selama pemakaian aku tidak merasakan efek negatif seperti cekit-cekit, gatal bahkan kemerahan. Untuk kulit sensitif ini terbilang aman karena tidak ada alcohol dan fragrance.

Aura Bright Tranexamic Acid Whitening Cream


Aura Bright Tranexamic Acid Whitening Cream adalah night cream, dikemas dalam bentuk jar kotak transparan dengan tutup mode putar ulir berwarna silver, uniknya tutupnya ini bisa dijadikan cermin cembung, lumayan untuk ngaca kalau dibawa traveling ya. Keterangan pada produknya terdapat klaim 'krim perawatan kulit wajah untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda hitam pada kulit' cara pemakaian, komposisi, produksi, BPOM 18181900431 beserta barcode dan logo halal. Isinya 10gr, terdapat pembatas pada tutupnya untuk menjaga kehiginisan produk.


Ingredients:

Allantoin, C13-14 Isoparaffin, Caprylic/Carpric Triglycaride, Carbomer, Dimenthicone, Glycerin, Niacinamide, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Zinc PCA, Aqua, Ceterayl Olivate, Gluconalactone, Kojic Acid, Laureth-7, Sorbitan Olivate, Traxenamic Acid, Cyclopentasiloxane, Cyclotetrasiloxane, Polyacrylamide, Galactomyces Ferment Filtrate.


Tranexamic Acid adalah turunan acid, yang mana acid atau zat asam itu sendiri dipercaya dapat  mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kusam, hiperpigmentasi. Nah, Tranexamic Acid atau Asam Traneksamat umumnya digunakan dalam dunia medis. Biasanya digunakan sebagai obat untuk mengurangi atau menghentikan pendarahan pada pasien yang sedang menjalani operasi.


Para para dermatolog mulai menyadari bahwa terdapat perbaikan warna kulit dari tiap pasien yang menggunakan Tranexamic Acid pasca operasi. Oleh karena itu, penggunaan tranexamic acid akhirnya mulai dilirik oleh para dermatolog sebagai kandungan skincare.

Hasilnya terlihat maksimal jika dikombinasikan dengan produk pencerah kulit seperti vitamin C. Selain dapat meratakan warna kulit, tranexamic acid juga mampu mengatasi hiperpigmentasi, bekas jerawat, serta melasma (bercak gelap pada kulit) karena kemampuannya yang dapat menghambat tirosinase, yaitu enzim yang merangsang produksi melanin pada kulit.

Baru tau gak nih? berarti bisa juga kayaknya untuk bekas luka, ya gak sih?


Tekstur Aura Bright Tranexamic Acid Whitening Cream super creamy agak jelly gitu, warna putih. Sebelum benar-benar meresap memang agak lengket, setelahnya akan terasa nyaman dan hydrating. Tidak beraroma tapi kalau diendus seperti wangi roti tawar sedikit.


Cara Pakai Aura Bright Tranexamic Acid Whitening Cream oles merata di wajah pada malam hari, panduan pengguannya menyatakan untuk menghindari bagian mata oleh karena itu benar-benar harus diikuti ya, khusus daerah mata pakai eye cream saja.

Urutan pemakaian skincare, double cleansing dengan micellar water + facial wash, toner, serum, moisturizer lanjut sunscreen kalau pagi, sedangkan kalau malam tutup dengan Tranexamic Acid Whitening Cream.


Kesimpulan Hasil Pemakaian Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum dan Tranexamic Acid Whitening Cream Selama Satu Bulan

Selama pemakaian selama satu bulan, setelah aku perhatikan warna serum lama kelamaan ternyata beneran sedikit menguning, makanya setelah tutupnya dibuka harus rutin dipakai sampai habis.


Hasil yang aku rasakan di kulitku tentu saja ada perubahan pada warna kulit yang tidak merata, bekas jerawat sebagian ada yang pudar bahkan hilang tapi tetap masih ada juga yang stay. Menurutku waktu sebulan belum cukup untuk benar-benar membuat wajah bersih dari bekas jerawat yang hitam. Kombinasi dua produk ini mampu mencerahkan kulit terlihat lebih fresh dan glowing. Hiperpigmentasi kemerahan pada kulit juga mereda, aku merasa kulitku jauh lebih sehat dan plumpy. Karena produk ini juga bisa eksfoliasi ringan, aku merasakan perubahan tekstur kulit jadi lebih halus dan lembut.

Untuk kulitku yang sensitif, kombinasi dan acne prone, dua produk Aura Bright ini approved karena tidak menimbulkan purging, tidak bikin cekit-cekit apalagi gatal. Aku rekomendasi banget ke kalian dengan jenis dan kondisi kulit yang sama sepertiku.

Harga:
Aura Bright Glutathione & Vitamin C Serum Rp 212.500
Aura Bright Tranexamic Acid Whitening Cream Rp 187.500


*TIDAK DI SARANKAN UNTUK BUMIL DAN BUSUI*

2 komentar:

  1. Waah penasaran deh, banyak yang suka sama vitamin C-nya :D

    BalasHapus