Jumat, 17 Januari 2020

# BEAUTY # REVIEW

Menghilangkan Komedo dan Bruntusan dengan Facial Treatment – Signature DPCT (Deep Pore Cleansing Therapy) di ERHA Clinic Medan


Sejak terbebas dari jerawat yang penuh semuka, tekstur wajahku jadi gak rata, permukaannya itu kasar banget, kalau pakai foundation atau bedak tabur kelihatan banget gradakannya. Aku kira sih itu jerawat yang mulai kempes dan menurutku nanti juga hilang. Kenyataannya lama banget gak hilang-hilang, justru makin banyak, kesel. Kalian pernah juga kan ngerasain masalah kulit begini? kalau iya, tulisanku kali ini patut banget kalian baca sampai selesai!

Nah, ternyata gradakan di wajahku ini bukan jerawat tapi bruntusan, karena sebelumnya aku udah cari tahu perbedaannya dan mengenali masalah kulitku. Biar apa sih dicari tahu? biar kita tahu cara mengatasinya.

Penyebab jerawat dan bruntusan itu sebenarnya sama, yaitu pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kalau jerawat ukurannya membesar secara signifikan, mudah meradang kemerahan yang isinya nanah, namun di luar itu banyak lagi jenis jerawat. Sedangkan bruntusan isinya komedo, ukurannya kecil dan banyak jumlahnya, tidak terasa sakit sama sekali tapi membuat kulit wajah jadi kasar.

Solusi dalam membersihkan komedo dan bruntusan ini sebenarnya bisa dengan double cleansing dan memakai skincare yang fungsinya mengangkat sel kulit mati. Tapi, kalau kondisi bruntusannya sudah terbilang lama seperti aku dan jumlahnya banyak, solusi terakhir tetap harus treatment. Karena pori-pori yang tersumbat tersebut harus dibersihkan secara menyeluruh dan komedonya harus dikeluarkan dengan alat khusus, sulit kalau hanya dibantu dengan skincare. Akhirnya, aku putuskan untuk melakukan  Facial Treatment – Signature DPCT (Deep Pore Cleansing Therapy) di ERHA Clinic Medan.


Tentang ERHA


ERHA Skin, Hair and Laser Expert adalah klinik kecantikan yang diinisiasi oleh dr. Ronny Handoko, SpKK(K) sejak tahun 1999 di Kemanggisan Jakarta. Tersebar di 39 kota dan sudah membuka lebih dari 95 cabang di seluruh Indonesia, sebagai Erha DermaCenter, Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Skin.

Nah, untuk yang ingin konsultasi dan treatment di ERHA, bisa datang ke clinic terdekat di kotamu, karena sudah ada 19 cabang ERHA Clinic di Indonesia, tidak perlu khawatir karena didukung oleh dokter spesialis kulit yang menangani aesthetic sekaligus clinical dermatologist.

Karena ERHA ini basic-nya adalah klinik, tidak sedikit yang mengira bahwa untuk menggunakan produk-produk ERHA harus berdasarkan resep dokter. Padahal tidak ya, ada beberapa produk yang bisa dipakai tanpa resep dokter. Datang saja langsung ke ERHA Apothecary di mall-mall terdekat. Sudah BPOM, jadi aman.


Untuk tahap awal melakukan treatment di ERHA Skin, Hair And Laser Expert, terlebih dahulu aku melakukan booking dan menentukan hari juga jam untuk tretament. Namun bisa juga bila ingin datang langsung, tapi menurutku lebih baik untuk booking treatment agar tidak menunggu terlalu lama, bahkan bisa jadi di hari itu penuh, karena ERHA Clinic ini sudah terpercaya dan banyak sekali pasiennya.

Registrasi
Alur treatment ERHA Clinic ini terstruktur sekali, setiap pengunjung mendapat nomor antrian (kecuali yang sudah booking) selain itu, ruang tunggunya nyaman dilengkapi iringan musik yang relaxing. Jam treatment-nya pun tidak meleset, tepat waktu sesuai jam yang kita booking.

Facial Treatment – Signature DPCT (Deep Pore Cleansing Therapy)


Sebelum treatment, setiap pasien harus ganti baju dengan baju sekali pakai yang sudah disediakan oleh ERHA Clinic, beserta penutup kepalanya. Untuk menjaga kehigienisan, alatnya itu digunakan satu per satu pasien, jadi jangan khawatir ya. Ruangan treatment-nya kusuka karena ditutup tirai, jadi gak akan ganggu konsentrasi sama pasien di sebelah, lebih private.


Tersedia 3 jenis DPCT yaitu Essential DPCT, Basic DPCT dan Signature DPCT. Perbedaannya, Signature DPCT memiliki dua layanan tambahan dibanding dengan Essential DPCT dan Basic DPCT, yaitu pengaplikasian cairan facial, berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit dengan lebih sempurna, membuat kulit lebih cerah dan bersinar. Kedua, Acupressure, berfungsi memperlancar peredaran darah, merilekskan otot-otot wajah dan bahu.

1. Cleansing untuk Membersihkan Wajah dari Makeup hingga Residu


Pertama, wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan beberapa step pembersihan. Dimulai dengan facial cream untuk membersihkan make up, kemudian lanjut dengan facial scrub yang scrub-nya bahkan tidak terasa sama sekali, super halus dan nyaman banget di wajah. Setelah itu pakai facial wash untuk memastikan wajah benar-benar sudah bersih dari make up dan residu.



Terakhir, kelopak mata dan bibir juga dibersihkan, karena pada tahap akhir, masker akan digunakan ke seluruh wajah, termasuk mata dan bibir. Setelah dibersihkan Mba-nya langsung cek kondisi kulit saat itu, agar bisa menentukan jenis serum yang sesuai dengan permasalahan kulit.

2. Acupressure agar Memperlancar Peredaran Darah pada Kulit


Bagian ini spesial, hanya ada di treatment Signature DPCT. Dilakukan pemijatan lembut di bagian wajah denga teknik tertentu, bikin wajah jadi lebih rileks dan bisa memperlancar peredaran darah. Senang banget bagian ini bikin nyaman dan ngantuk, soalnya pijatannya gak sakit karena disesuaikan dengan tingkat kenyamanan kita.

3. Cairan Facial untuk Mengangkat Sel Kulit Mati


Setelah wajah dibersihkan, lanjut penggunaan cairan facial yang diaplikasikan dengan kuas. Cairan facial ini lumayan bikin wajah cekit-cekit, reaksinya bekerja saat itu juga, bisa melunturkan sel kulit mati pada wajah. Dibiarkan meresap selama 10 menit, setelah meresap, wajah ditap-tap dengan tissue untuk memastikan tidak ada cairan facial yang belum meresap. Pada tahap ini wajahku jadi terasa kencang gitu, rasa cekit-cekitnya pun perlahan hilang.

4. Penguapan untuk Membuka Pori-pori agar Mudah Membersihkan Komedo


Agar mudah membersihkan pori-pori, maka dilakukan penguapan selama kurang lebih 15 menit. Intensitas panas uap juga disesuaikan dengan kenyamanan pasien. Alatnya canggih, jadi nyaman banget pada bagian ini.


5. Vakum untuk Mengangkat Komedo di Permukaan Kulit


Setelah penguapan, pori-pori akan lebih terbuka, maka dari itu lebih mudah dilakukan vakum komedo dengan alat khusus. Hasilnya komedo yang terdapat dipermukaan kulit sudah terangkat. Bagian ini dilakukan di seluruh wajah, bukan hanya di bagian hidung yang biasanya banyak komedo.

6. Extractor Komedo untuk Mengangkat Komedo yang jadi Bruntusan


Sebelum diekstraksi, Mba-nya menunjukkan terlebih dahulu kalau alat Extractor-nya disegel dan baru dibuka, jadi benar-benar higienis. Meski di bagian ini terasa sakit, namun bikin wajah jadi lebih halus karena komedo yang mendam sudah dikeluarkan. Nah, jerawat tidak akan diekstraksi ya, hanya bruntusan saja.

Alat yang masih disegel
Semua komedo yang berhasil dikeluarkan


7. Netralisasi untuk Mengurangi Kemerahan dan Membunuh Bakteri di Wajah


Alat dengan sinar merah ini terasa agak nyetrum di kulit, tapi efeknya bisa bikin kemerahan di wajah lebih reda, sekaligus membunuh bakteri kuman penyebab permasalahan kulit, termasuk penyebab bruntusan dan jerawat.


8. Acupressure untuk Relaksasi Wajah setelah diektraksi


Sebenarnya pada bagian ini akan dilakukan massage wajah, namun karena kondisi kulit wajahku yang sedikit radang akibat ekstraksi, maka dilakukan Acupressure saja agar wajah jadi lebih rileks. Namun massage pada bagian punggung tetap dilakukan, relax banget berasa spa deh. Baru kali ini ada facial treatment yang include massage bahu.

9. Serum Oil Control untuk Menjaga Kelembaban dan Mengontrol Minyak di Wajah


Untuk serum, terdapat 5 Pilihan Serum untuk DPCT yaitu : 
1. Brightening Serum 
2. Vitamin C Serum 
3. Collagen Serum 
4. Oil Control Serum
5. Gentle (sensitive skin)


Facial Treatment ini menyesuaikan kondisi kulit pasien. Setelah dicek, kondisi kulitku saat itu adalah berminyak, maka serum yang diberikan ke kulitku adalah Oil Control Serum. Adem rasanya karena diaplikasiin menggunakan aplikator yang dingin banget seperti baru masuk kulkas hehe, langsung reda deh kemerahannya. Sekaligus menutup kembali pori-pori yang dibuka saat penguapan tadi.

10. Maskeran untuk Melembabkan dan Mencerahkan Kulit


Serius deh ini step favoritku juga, karena pemakaian masker ini benar-benar di seluruh wajah. Rasanya tuh adem banget sampai di bagian mata dan bibir. Didiamkan selama kurang lebih 20 menit, kemerahan di kulit wajah sama sekali udah gak ada, langsung cerah dan lembut banget kulitku. Bibir juga jadi plump, paling bikin kaget tuh kantung mata jadi lebih cerah wow banget kan.

11. Moisturizer untuk Menambah Kelembaban Kulit


Pengaplikasian moisturizer di wajah agar kulit lebih lembab dan kenyal, teksturnya creamy mudah meresap, enggak bikin lengket sama sekali.

12. Sunscreen agar Terlindung dari Sinar Matari


Selanjutnya diaplikasikan sunscreen ke kulit wajah agar terhindar dari paparan sinar matahari, juga melindungi kulit dari iritasi. Kusuka finish sunscreen ERHA ini karena ada sedikit tone up-nya, wajah jadi lebih glowing dan cerah. Gak bikin lengket juga, pokoknya kulit jadi super kenyal banget deh.

13. Lip Serum untuk Menjaga Kelembaban Bibir


Step terakhir ini, pemakaian lip serum di bibir. Aromanya vanilla, langsung bikin lembab tapi gak becek risih. Bibir jadi terlihat pink alami.


Setelah melakukan facial treatment, setiap pasien dapat satu masker colagen loh, lumayan banget kan untuk maskeran seminggu setelah treatment. Duh, pengertian banget ERHA Clinic ini.

Seluruh step facial treatment ini juga bisa kalian tonton di youtube channel-ku ya:


Hasil Facial Treatment – Signature DPCT (Deep Pore Cleansing Therapy)


Setelah melakukan Facial Signature DPCT di ERHA Clinic, tekstur wajahku jadi halus banget, tidak ada lagi bruntusan atau komedo yang terpendam. Pori-pori terlihat lebih samar, wajah terasa kencang karena Acupressure. Bekas jerawat tersamarkan, warna kulit lebih merata dan cerah, bahkan hingga di area kantung mata. Bibir juga rasanya super plumpy, kulit mati yang disebabkan pemakaian lip matte sudah enyah, sekarang jadi cerah dan pink alami. Seminggu setelah treatment, hasilnya makin bagus loh, makin lembut nih tekstur kulitku.

Alasan Melakukan Treatment di Erha Clinic


Aku rekomendasiin kalian untuk melakukan treatment di ERHA Clinic manapun yang ada di kota kalian, karena tindakan perawatan kulit wajah di ERHA Clinic ini, lebih dalam dengan Medical Grade Equipment dan teknik Acupressure yang bertujuan untuk membersihkan komedo, memperlancar peredaran darah, dan mengangkatan sel-sel kulit mati yang ada dipermukaan kulit, sehingga menghasilkan kulit wajah yang segar, lebih sehat dan bersih.


Selain itu, lokasinya strategis, ruangan pun nyaman dan relax, pelayanannya ramah dan registrasi  pun gak ribet. Mba-nya baik banget ngejelasin semua step treatment beserta fungsinya, jadi kita tuh tahu apa yang sedang dilakukan ke kulit kita, ikut belajar juga jadinya hehe. di ERHA Clinic Medan terdapat ERHA Apotecary yang menjual semua produk-produk ERHA. Untuk kalian yang ingin membeli produk ERHA tanpa resep dokter ataupun yang mau repurchase, bisa banget mampir ke ERHA Clinic Medan.


Soal harga nih menurutku wort it banget, sesuai dengan hasil treatment yang didapatkan. Saranku nih kita wajib banget melakukan facial treatment minimal sebulan sekali, karena kulit kita ini akan beregenerasi mengganti sel kulit mati ke kulit baru, kadang sel kulit mati tidak luruh dengan skincare saja, maka perlu dibantu dengan facial agar masalah kulit kusam, penumpukan sel kulit mati dan komedo bisa hilang.


Info menariknya nih, ERHA juga punya produk OTC (Over The Counter) yang bisa dibeli tanpa resep dokter di ERHA Apothecary di mall-mall terdekat atau di ERHA Clinic manapun. Tapi kalau kalian memiliki masalah kulit ataupun rambut yang berat dan tidak bisa diatasi dengan produk OTC atau treatment biasa, bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan solusi perawatan terbaik.

Harga  Facial Treatment – Signature DPCT (Deep Pore Cleansing Therapy) di ERHA Clinic Medan adalah Rp 495.000,-

Gimana, tertarik untuk melakukan Facial Treatment di ERHA Clinic?

Info lebih lanjut kalian bisa langsung cek di:
IG: @erha.dermatology


20 komentar:

  1. Gede banget kliniknya ya kak. Jadi penasaran coba erha juga. Mudah2an di sby sebagus itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gede banget, nyaman pokoknya, service-nya bagus.

      Hapus
  2. Mamaku dan adekku adalah pemakai setia erha ney. Aku semoat nemenin mereka dan yes mereka booking satu hari sebelumnya untuk treatment. Aku suka kalo udah masuk kesana, minimalis chic interiornya. Betah juga karena musiknya relaxing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa anak pun gak khawatir krna ada kids corner-nya ya kan.

      Hapus
  3. Pelayanan ERHA emang bagus yaa tempatnya pun nyaman banget jadi pengen kesana hehe

    BalasHapus
  4. Wah enak banget bisa treatment kayak gini. Biasanya komedo membandel emang di bagian hidungku. Aku suka design interiornya kelihatan comfy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di hidung tuh biasanya kan, kalau aku enggak terlalu di hidung sih, banyakan di pipi yg mendam jadi bruntusan.

      Hapus
  5. Harganya lumayan mahal tapi worth it kok soalnya pelayanan bagus bgt

    BalasHapus
  6. Layanan ini ada di semua tempat kan? Semoga di Surabaya ada juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya di semua klinik Erha begini kak. Tapi kalau Apotecary-nya belum tentu ada di semua klinik, soalnya ada jg yang di mall gitu.

      Hapus
  7. Bener bener beda banget before dan after, lebih cerah, tapi emang kudu mengocek kantong nih, tapi kalo hasilnya bagus worth it banget kan

    BalasHapus
  8. Wah kita samaan nih ka skincare an nya erha emang ga pernah kecewain

    BalasHapus
  9. Masyaallah, hasilnya langsung keliatan lebih cerah dan bekas jerawat memudar, memang betul kata org-org ya treatment di Erha beneran bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, di Erha memang treatment-nya tidak diragukan sih.

      Hapus