Kamis, 16 Mei 2019

# FINANCIAL

Tips Mendapatkan Asuransi Jiwa Murah dan Sesuai dengan Budget


Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap penghasilan keluarga jika terjadi suatu resiko kehilangan sumber pendapatan jika pencari nafkah mengalami sakit, cacat, atau meninggal dunia. Itulah mengapa asuransi ini disarankan untuk dimiliki oleh mereka yang menjadi tulang punggung keluarga. Penting untuk memiliki asuransi di zaman sekarang ini, mengingat kita tidak tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Beberapa orang yang sadar pentingnya asuransi, biasanya sudah membeli asuransi jiwa untuk keperluan proteksi diri dan keluarga. Namun ada juga yang sudah paham namun belum bisa memilikinya lantaran premi asuransi yang mahal. Padahal jika mau mencari informasi dengan detail, ada banyak asuransi jiwa murah untuk pembayaran preminya. Seperti asuransi Astra salah satunya yang preminya sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Untuk bisa mendapatkan produk asuransi jiwa yang terjangkau pembayaran preminya dan bisa disesuaikan dengan budget, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Mengikuti program asuransi sejak masih muda

Usia memulai program asuransi turut menentukan besaran premi yang harus dibayarkan. Semakin muda usia saat Anda membeli asuransi, maka premi yang harus dibayarkan akan semakin kecil. Itulah mengapa orang yang mengambil asuransi di usia 20-30 an akan mendapatkan premi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mereka yang mengambil asuransi saat usia 30-40 an.

2. Memilih asuransi jiwa berjangka (term life insurance)

Jenis asuransi ini biasanya menawarkan kontrak dalam waktu 5, 10, 15, 20 tahun, dst. asuransi jiwa berjangka sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Biasanya semakin rendah masa kontraknya, premi yang dibayarkan jauh lebih murah.

3. Hindari asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)

Untuk mendapatkan asuransi jiwa murah pada preminya, maka hindari jenis asuransi seumur hidup. Hal ini dikarenakan semakin lama waktu proteksi yang diberikan, maka premi yang harus dibayarkan akan semakin mahal.

4. Menentukan jumlah uang pertanggungan yang tepat

Hal ini bertujuan agar asuransi yang dibeli tidak melebihi kebutuhan Anda karena premi yang dibayarkan cenderung mahal.

5. Hindari riders yang tidak begitu perlu

Riders atau manfaat tambahan pada produk asuransi jiwa biasanya akan ditawarkan kepada nasabah. Jika Anda tidak begitu memerlukannya, sebaiknya tidak perlu adanya riders karena akan memunculkan biaya tambahan selain premi nantinya.

6. Membandingkan premi dan fasilitas dari beberapa perusahaan asuransi

Bandingkan produk asuransi jiwa dari perusahaan satu dengan lainnya. Pilih produk asuransi dari perusahaan yang programnya sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

7. Menerapkan gaya hidup sehat

Anda akan dikenakan premi yang tinggi jika diketahui memiliki history kesehatan, gaya hidup, serta pekerjaan yang tidak sehat. Karena ada kemungkinan besar untuk melakukan klaim. Untuk itu lakukan gaya hidup sehat agar tidak dikenakan tarif yang semakin tinggi. Sehingga asuransi jiwa murah bisa Anda dapatkan.


1 komentar:

  1. Makasih kak infonya. Jadi semakin mantab buat ikut asuransi jiwa.

    BalasHapus