Jumat, 02 Juni 2017

# EDUCATION

Mana yang terbaik, Kuliah Swasta atau Kerja



 

Melanjutkan studi di Perguruan tinggi ngeri memeang cukup berat. Mulai dari proses mendafaftar, seleksi masuk, keseharian kuliah, hingga lulus tidak semulus yang dibayangkan. Terlebih saat proses seleksi masuk, dari sekian ribu orang yang mendafar hanya diterima sekian ratus saja dikarenakan memang sedikitnya kuota yang tersedia guna efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Bagi yang lolos seleksi tentu sangat menyenangkan, namun bagi yang tidak lolos tentu sangat tidak mengenakan. 

Untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi memang membutuhkan pemilihan yang tepat, terlebih bagi para siswa yang tertarik dengan universitas swasta terbaik yang juga memiliki grade yang bagus. Beberapa calon mahasiswa yang tidak lolos seleksi biasanya memiliki keraguan antara melanjutkan kuliah di Universitas Swasta atau bekerja. Jangan bingung berikut beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan:

 
1. Pertimbangan Masa Depan 

Sebenarnya sah - sah saja jika Anda melanjutkan kerja tanpa menyentuh bangku perkuliahan. Namun pertimbangkan masa depan Anda. Apabila dulu syarat diterima kerja adalah minimal ijazah SMP atau SMA/SMK semakin berkembangnya zaman, maka kini syarat diterimanya bekerja adalah berijazahkan D3 atau S1. 

Apakah Anda yakin membiarkan ijazah terakhir anda SMA/SMK. Apabila memang anda ingin mengisi kebutuhan finansial. Anda dapat berkuliah sambil bekerja. Carilah Universitas Swasta yang memiliki jam kuliah malam. Sehingga pagi dapat Anda habisikan untuk bekerja sedangkan sore hari untuk kuliah. 

2. Perkembangan Keilmuan 

Dengan usia Anda yang masih mudah, Keilmuan anda masih sanggup berkembang kearah yang lebih baik. Jangan batasi diri anda atau menutup diri dengan terus mengasah keilmuan di bangku perkuliahan. Hal ini dikarenakan ketika anda bekerja, prioritas utama anda adalah uang bukan lagi keilmuan, sehingga keilmuan anda akan semakin tumpul, akibatnya anda akan terus menerus menjadi seorang pegawai bukan sebagai tenaga ahli.

Tak hanya itu, Anda akan ketergantungan dengan pekerjaan tersebut, kelak ketika dalam case terburuk anda dikeluarkan dari tempat kerja, anda tidak memiliki potensi yang dapat anda tonjolkan saat melamar di perusahaan lain. Dari masalah tersebut, kuliah di universitas swasta terbaik untuk mengasah keilmuan wajib dipertimbangkan. 

3. Relasi 

Salah satu hal yang membuat seseorang mudah mendapat pekerjaan adalah relasi. Semakin banyak relasi anda, maka semakin mudah anda mendapat suatu pekerjaan. Apabila anda batasi diri Anda hanya sampai di bangku SMA/SMK maka relasi yang Anda dapatkan tentu masih sangat terbatas dalam ruang lingkup yang sempit. 

Berbeda jika Anda membuka diri dan melanjutkan studi di Universitas Swasta Terbaik. Anda akna menemui berbagai orang dari berbagai tempat yang berbeda - beda. Anda dapat membagun link yang baik sebagai relasi yang nantinya membantu anda dalam menemunkan lapangan kerja. Jangan terlalu terburu - buru bekerja pertimbangkan juga kuliah meski di Universitas Swasta agar masa depan anda lebih cerah.

2 komentar:

  1. Aku sih milih keduanya, kerja sambil kuliah di universitas swasta. Krna Univ swasta ada yang masuk malam kan, jadi bisa sambil kerja paginya.

    BalasHapus
  2. Maunya kuliah tapi tetep ada penghasilan hahaha

    BalasHapus