Cara Mengantisipasi Anak yang Enggan Berpuasa

21.48.00

Dari judulnya kelihatan banget yang nulis pasti sudah punya anak. Yeaay, belum sama sekali. Jodoh aja belum nemu. Mungkin dari para pembaca sekalian nyari jodoh. Bisalah ya, xixi.
Berhubung ini lagi bulan puasa, saya mau ngasih tips agar anak-anak anda sekalian yang enggan berpuasa menjadi anak yang rajin puasa. Ini merupakan hasil riset dan juga pengalaman pribadi sebagai anak, bukan sebagai Mamak.
Dewasa ini, anak-anak (red: anak yang sudah sanggup berpuasa tapi enggan berpuasa) susah sekali diajak untuk puasa. Alasannya juga tidak bisa disebutin satu-satu. Apalagi kurikulum belajar sekarang menegaskan bahwa proses belajar mengajar tetap berlangsung meski di bulan Ramadhan. (beda banget kan pas zaman kita-kita dulu, aman dunia puasa-puasa ngadem di rumah, haaa~) hal tersebut menjadi salah satu alasan anak untuk “Malas” berpuasa. Oleh karena itu, yuk simak tips berikut ini.
1.   Selepas sahur, pastikan tidak ada makanan sedikitpun di dapur, bahkan di dalam lemari pendingin. Loh, jadi gimana kalau sistem memasak kami di rumah memakai sistem stok belanja seminggu, sudah pasti ada jatah makanan dong di lemari pendingin. Yah, yah. Maksudnya makanan yang sudah dimasak, bukan mentah.
2.     Dan kalaupun ia masih bersikukuh untuk memasak sendiri. Biarkan, toh ia tidak akan bertahan lama untuk memasak sendiri. Itu pun kalau ia bisa masak. hihi
3.    Jangan berikan anak anda uang saku selama masih masa-masa berpuasa. Ini cara ampuh agar anak tidak jajan, mengingat sedang dalam keadaan puasa, sekalipun ia tidak puasa. Jadi gimana kalau dia lapar? Ntar mati? Haduuuh. Jangan khawatir, ini adalah bentuk pembelajaran untuk anak agar mau berpuasa. Nah, kalau di rumah tidak ada makanan, juga tidak ada uang saku, bagaimana si anak bisa tahan? Kondisinya sama dengan puasa kan? Yeah. Jadi besok ia pasti akan puasa. Toh puasa gak puasa sama saja, tetap lapar.
4.    Jangan ada satu anggota keluarga pun yang tidak puasa, karena jika anak melihat satu saja anggota keluarga tidak berpuasa karena malas atau karena tidak tahan. Maka siap-siaplah anak akan mengatakan “Kamu saja orang gede tidak puasa, bagaimana saya yang masih kecil.” #nahlohhh
5.     Kalaupun anda seorang wanita yang sedang dalam keadaan istimewaaahhh, jangan pernah makan di depan anak anda dan menunjukkan kalau anda sedang tidak puasa. Silahkan sembunyi di dalam kamar mandi #eh
6.   Tips di atas merupakan tips jasmaniah. Nah kalau tips rohaniah agar anak benar-benar niat ingin berpuasa. Maka jalan satu-satunya adalah menumbuhkan nilai-nilai Islam dalam diri anak. Mengajarkan ia betapa wajibnya puasa di bulan ramadhan.
Oke sekian. Tips di atas bukan sekedar untuk anak-anak. Tapi juga untuk anak yang sudah remaja. Karena anak remaja juga sebenarnya labilnya masih tingkat dewa. Tapi lain hal dengan orang dewasa ya, biarkan ia berkembang sesuai habitatnya. Selamat mencoba dan bertemu lagi di tips saya berikutnya.

Sumber Ilustrasi: http://us.media.viva.co.id/thumbs2/2012/04/10/150603_ilustrasi-remaja-pria-berdiet_663_382.jpg 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Karena gonta-ganti template. Semua komentar di post ini hilang. Silahkan tinggalkan komentar ya ^^ Terimakasih untuk komentar anda di postingan ini :)

    BalasHapus
  2. 1 lagi di janjikan dengan hadiah jika puasanya penuh sebulan, agar anak bersemangat untuk puasanya.

    Salam kenal mba rezita

    BalasHapus
    Balasan
    1. He'eh, tapi setelah itu diajarkan kalau puasa itu bukan sekedar tuk dpt hadiah. Ntar sampe tua dia nagih hadiah trus malah ke ortunya, hihi salam kenal jg Mbak :(

      Hapus
  3. He'eh, tapi setelah itu diajarkan kalau puasa itu bukan sekedar tuk dpt hadiah. Ntar sampe tua dia nagih hadiah trus malah ke ortunya, hihi salam kenal jg Mbak :(

    BalasHapus
  4. Anak-anak sekarang susah ya disuruh puasa?
    Anak-anak disekitar rumah aku sih, soalnya orang tuanya aja kadang gak puasa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bukan susah nyuruh anak2 kecil, yg susah nyuruh anak remaja kyk SMP n SMA gitu. Mereka ud sok ngerti dosa, ngerasa dosa itu ditanggung sndiri. Bah, susah deh Mbak. Makanya harus digodok sejak kecil untuk mengantisipasi remaja yg begini.

      Terimakasih sudah mampir :)

      Hapus

Subscribe