Senin, 25 Oktober 2021

Cara Mencegah dan Mengatasi Rem Mobil yang Bermasalah


Apakah Anda sudah rutin mengecek kondisi rem mobil di bengkel resmi Suzuki Trimitra Sejahtera Mobilindo? Sistem pengereman dalam kendaraan tidak boleh dilupakan perawatannya karena erat kaitannya dengan sistem keamanan.

 

Pada saat servis rutin, biasanya teknisi akan mengecek semua komponen rem. Belum lagi ketika tune up maka kondisi keseluruhan mobil juga akan dicek. Hanya saja pada saat Anda sedang berkendara rem mungkin saja mengalami masalah seperti macet.

 

Kondisi rem yang macet tentu akan menimbulkan panik. Anda pun harus paham bagaimana mencegah masalah pada rem sekaligus mengatasinya ketika sedang berkendara.

 

Cara Mencegah Permasalahan pada Rem Mobil ketika Berkendara

 

Demi keamanan dan keselamatan pengemudi serta penumpang, Anda perlu melakukan pencegahan kerusakan pada rem mobil. Cara mencegahnya tidak hanya rutin servis tetapi juga ketika berkendara.

 

Apa saja cara mencegahnya bisa Anda simak berikut ini.


1.  Jangan Mengerem Penuh pada Jalanan Turunan


Pada saat melewati jalanan turunan akan lebih baik jika Anda memanfaatkan trik engine Brake yaitu menurunkan kecepatan ke gigi yang rendah. Tujuanya adalah supaya tidak mempercepat kampas kopling cepat aus.

 

Anda hanya perlu memanfaatkan gigi 1 untuk transmisi manual atau dengan posisi L, 2 dan 3 jika mobil memiliki transmisi otomatis. Anda bisa mengaktifkan transmisi ke gigi rendah ini sebelum melewati jalan turunan.


2. Mengurangi Kecepatan di Jalanan Basah


Pada saat atau setelah hujan sebaiknya berkendaralah dengan kecepatan yang pelang. Tujuannya agar pengereman yang terjadi tidak berlebihan. Selain itu jalan yang basah juka meningkatkan resiko kecelakaan karena licin.


3. Mengecek Ketebalan Permukaan Ban


Cara yang ketiga adalah dengan mengecek apakah kondisi permukaan ban masih tebal. Ban yang sudah tipis akan meningkatkan tenaga pengereman sehingga membuat sistem rem cepat rusak.

 

Apabila Anda menemukan ban ternyata sudah tipis atau gundul ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru.

 

Cara Mengatasi Rem Mobil yang Macet saat Berkendara

 

Selain mencegah Anda juga harus lebih sigap ketika rem mobil mengalami masalah seperti macet. Tentu saja hal ini akan menimbulkan kepanikan, namun ada beberapa cara yang wajib diingat untuk mengatasinya.


1. Pompa Pedal Rem Terus Menerus


Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menekan pedal rem bolak balik, tujuannya adalah untuk memompa sehingga muncul tenaga pengereman. Ketika dipompa rem terasa berat maka terjadi masalah, sebaiknya Anda menepi dan periksa lebih lanjut bagian rem.


2. Manfaatkan Rem Tangan


Ketika pedal rem tidak berfungsi, maka cara lain yang bisa lakukan adalah dengan rem tangan. Hanya saja perlu hati-hati untuk menariknya dan coba rasakan apakah terjadi gigitan di kaliper roda.

 

Apabila sudah dirasakan maka lepaskan rem dan tunggu sampai kecepatan mobil menurun. Anda tetap harus mengatur tekanan rem sehingga kendali mobil tetap didapatkan.


3. Nyalakan Lampu Hazard


Susah mengendalikan rem padahal mobil dalam kecepatan yang cukup tinggi? Anda wajib menyalakan lampu hazard untuk memberi tanda pada mobil di belakang supaya berhati-hati. Kemudian nyalakan klakson untuk memberi tanda mobil di depan.

 

Dengan begitu pengemudi lainnya akan memberikan jalan bagi Anda untuk bisa melaju karena masalah pada rem. Cara ini harus dilakukan untuk menghindari masalah seperti kecelakaan.

 

4. Hindari Langsung Mematikan Mesin


Beberapa orang mungkin saja akan memberikan saran bagi Anda untuk segera mematikan mesin mobil ketika rem mengalami kemacetan. Justru mesin yang mati akan membuat Anda kesulitan menentukan arah mobil.

 

Power steering pada mobil juga akan ikutan mati ketika mesin dimatikan. Jadi akan lebih baik untuk Anda tetap mengambil kontrol kendaraan selagi menyala.

 

5. Lepaskan Pedal Gas


Pedal rem Anda mengalami masalah, tentu saja Anda sebaiknya melepaskan pedal gas supaya kecepatan mobil menurun. Langkah ini juga akan membuat Anda tidak terlalu panik dan pastikan untuk memegang setir dengan benar.

 

Apabila Anda menemukan area yang lunak seperti gundukan pasir dan masih tidak bisa memberhentikan kendaraan Anda bisa mengarah ke benda tersebut. Tujuannya agar mobil bisa langsung berhenti tanpa kecelakaan parah.

 

Memang tidak mudah mengendalikan mobil yang mengalami kerusakan pada rem. Namun hal ini tetap harus diketahui pengemudi sebagai pelajaran. Jagalah selalu kondisi kendaraan Anda untuk menghindari hal-hal tersebut.

 

Anda bisa datang ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapatkan penganan yang lebih lanjut. Pilih manakah bengkel terdekatnya berikut ini.

 

  1. Sun Motor Jakarta area Jakarta, https://suzukisunmotor.com/
  2. Citra Asri Buana area Jakarta, https://suzukidealercab.co.id/
  3. Trimitra Sejahtera Mobilindo area Jakarta, https://suzukitrimitra.co.id/
  4. Pusaka Motor Utama area Sukabumi https://suzukipusaka.co.id/
  5. Restu Mahkota Karya - https://suzukimahkota.co.id/
  6. Armada Banda Jaya area Aceh, https://suzukiaceh.co.id/
  7. Arista Sukses Abadi area Medan, https://suzukiarista.com/
  8. Trans Sumatra Andalan area Sumatera Utara, https://tsasuzuki.com/
  9. Rodamas Makmur Motor area Batam, https://suzukimobilbatam.co.id/

 

Menjaga kondisi mobil tetap prima khususnya bagian keamanan adalah suatu kewajiban. Kini Anda tidak perlu takut lagi ketika mengalami masalah kemacetan pada rem.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar