Kamis, 12 Agustus 2021

Mengenal 7 Tipe Jerawat dan Cara Penyembuhannya


Jerawat tidak hanya terjadi pada wajah saja lho, beberapa bagian tubuh juga dapat timbul jerawat yang mengganggu. Begitu pula dengan tipe jerawat yang tidak hanya satu jenis, walaupun kebanyakan dari kita tetap menyebutnya jerawat.


Jerawat muncul karena produksi minyak yang banyak disertai tumpukan sel kulit mati, hal ini mengakibatkan pori-pori tersumbat sehingga timbul jerawat. Selain faktor jenis kulit, jerawat sering muncul akibat pola hidup, misalkan jarang cuci muka, polusi udara dan pola makan kurang sehat.


Setiap orang, tanpa terkecuali pasti pernah mengalami gangguan kulit ini, walaupun pada umumnya timbul akibat masa puber. Beberapa jenis jerawat yang ada harus diketahui agar bisa melakukan cara penyembuhan  yang tepat.


Tipe Jerawat yang Harus Diketahui


Seperti yang sempat disinggung diatas, jerawat tidak hanya mempunyai satu jenis saja. Setidaknya ada 7 jenis jerawat yang harus diketahui, berikut ulasan lebih lengkap!


1. Whitehead (Komedo Putih)

Komedo yang biasa kita kenal dengan bintik putih yang ada di sekitar wajah, terutama hidung ternyata merupakan salah satu jenis jerawat. Komedo merupakan bentuk awal sebelum timbulnya jerawat, artinya ketika sel kulit mati bercampur minyak, pori-pori akan tersumbat dan muncullah komedo putih.


Beberapa penyebab bisa mengakibatkan timbulnya anak jerawat ini, misalnya perubahan hormon dan daerah yang rawan dengan kontak tangan atau benda lain. Jerawat tidak akan timbul ketika anda dengan segera mengatasi masalah komedo putih ini.


2. Blackheads (Komedo Hitam)

Selain berwarna putih, komedo juga timbul denan warna hitam, biasa disebut dengan blackheads. Sama seperti yang berwarna putih, jenis ini juga sering menyerang daerah wajah, terutama pipi dan hidung.


Sebenarnya, komedo dengan warna hitam merupakan salah satu jenis jerawat uang muncul di permukaan sehingga ujungnya terlihat warna hitam. Perlu diketahui bahwa warna tersebut bukanlah dari kotoran atau sel kulit mati, melainkan dari warna pigmen kulit yang meningkat.


Penyebab timbulnya gangguan penampilan ini bisa dari beberapa macam, diantaranya bakteri, sel kulit mati dan gangguan minyak berlebih. Produk penghilang komedo hitam sering dijumpai di Apotek atau pasar terdekat, namun lebih baik and konsultasi pada dokter ahli.


3. Pustula

Jenis jerawat lain yang sering anda lihat namun tetap mengira bahwa itu jerawat adalah pustule. Ciri-cirinya mempunyai benjolan agak besar yang merah meradang dengan ujung berwarna putih. Jenis ini terjadi akibat komedo yang tidak cepat diatasi sehingga terjadi peradangan.

Jika sudah muncul jenis jerawat yang satu ini, apalagi dalam jumlah banyak, artinya anda mengalami gangguan serius. Jangan coba-coba untuk memencet atau mencongkel karena dapat mengakibatkan bekas yang tidak dapat hilang.


4. Papula

Jenis jerawat ini bisa dikatakan sebagai bentuk awal dari pustula, cirinya tidak terdapat cairan nanah di ujungnya, jika sudah ada nanah pada ujungnya, berarti papula telah menjadi pustula.


Papula terbentuk ketika kulit memproduksi minyak berlebih, pada saat yang sama, pori-pori tersumbat sel mati. Hal ini mengakibatkan timbulnya komedo, jika dibiarkan lama-lama akan terjadi peradangan pada kulit sehingga terbentuklah papula.


5. Nodul

Jerawat jenis nodul merupakan tipe jerawat yang sudah parah dan dikategorikan serius. Pasalnya, peradangan terjadi akibat dari pustule tadi telah menyebar ke daerah lain, juga menembus kulit bagian dalam.


Selain itu, jika gangguan yang dialami sudah sampai tingkat ini, kemungkinan anda merasakan perih dan nyeri yang cukup sangat. Sekali lagi, jangan mencongkel atau mencongkel nya.


6. Kistik (Jerawat Batu)

Jika penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih terjadi pada lapisan kulit paling dalam, terbentuklah jenis jerawat batu yang dikenal dengan kistik. Jenis ini termasuk parah karena dapat mengakibatkan bengkak dan meradang, pada sebagian kasus juga menimbulkan nanah.


Kistik juga dapat menimbulkan rasa perih jika dalam kondisi parah. Jika cairan didalamnya pecah dan menyebar ke daerah lain, akan menimbulkan jerawat batu baru. Langkah cerdas yaitu segera menanganinya dengan konsultasi ke dokter.


7. Jerawat Pasir (Beruntusan)

Jerawat yang masih dalam bentuk bintik kecil dan tergolong masih baru disebut dengan jerawat pasir. Biasanya anda bisa mengetahui mempunyai gangguan ini dengan merabanya, karena sebagian kasus tidak dapat dilihat dengan mata.


Berbagai penyebab dapat menimbulkan kasus ini, namun pada umumnya dikarenakan gesekan pada kulit, tekanan pori-pori dan iritasi kulit. Jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga anda mungkin tidak menyadarinya.


Cara Penyembuhan Jerawat


Sebagian orang yang mempunyai gangguan parah biasanya pasrah karena menganggap pengobatan yang dilakukan sia-sia. Sebenarnya tidak, mungkin kurang tepat dalam menanganinya sehingga tidak menghasilkan apa-apa, atau malah bisa lebih parah.


Untuk itu ada baiknya pengobatan dan penyembuhan jerawat melalui konsultasi dengan dokter ahli. Semua penyakit pasti ada obatnya, apalagi hanya gangguan jerawat, benar bukan? Dalam kasus ini, setiap jenis jerawat tentunya berbeda dalam hal penanganannya.


  • Jenis komedo, baik itu putih maupun hitam hanya perlu mencuci muka secara teratur dengan facial wash untuk kulit berjerawat yang terbukti aman. Lebih bagus hasilnya jika anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari stress jika perlu.
  • Sementara untuk kelima jenis lain, yaitu terjadi dengan peradangan, ada perlakuan khusus dan tidak dapat dihilangkan hanya dengan cara diatas. Kombinasi antibiotik dan obat khusus jerawat adalah slah satu caranya.
  • Penyebab umum yang mengakibatkan jerawat juga bisa diatasi dengan Isotretinoin yang terkenal ampuh.
  • Bagi wanita yang mengkonsumsi pil KB, kemajuan awal yang anda dapat karena pil KB dapat mengontrol timbulnya jerawat.
  • Jika penyebab jerawat diakibatkan produksi minyak kulit berlebih, Spironolakton layak untuk dicoba.
  • Peradangan yang diakibatkan jerawat parah seperti kistik, nodul dan sejenisnya dapat diatasi dengan kortikosteroid, baik itu bentuk salep atau obat minum.


Itulah 7 jenis jerawat yang harus anda ketahui beserta cara pengobatannya. Mengobati jerawat tidak bisa dilakukan instan, anda harus bersabar dan mengikuti setiap prosedur dan prosesnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar