Selasa, 23 Juli 2019

# EVENT # HEALTHY

Butuh Referensi Rumah Sakit di Malaysia? Hubungi Malaysia Healthcare - Berikut Informasinya

Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC)

Bukan rahasia umum lagi kalau banyak orang di seluruh dunia, bahkan juga Indonesia, memilih rumah sakit Malaysia untuk berobat. Terutama sakit kanker, kabarnya rumah sakit di Malaysia berkompeten di bidang tersebut, tak heran jika banyak yang berkunjung ke sana. Tapi, tak sedikit pula pasien yang bingung mau ke rumah sakit yang mana, belum lagi soal biaya berobat di Malaysia. Tidak ada kenalan, bisa-bisa dana yang keluar tidak sesuai dengan budget yang ada.

Kota Medan yang merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia memiliki padat penduduk, bukan tidak sedikit jumlah orang Medan yang datang ke Malaysia. Oleh karena itu, kota Medan perlu mendapat edukasi dan referensi perihal layanan kesehatan yang ada di Malaysia.

Minggu (21/7/2019) lalu bertempat di Santika Dyandra Hotel & Convention Medan, aku bersama teman-teman dari Blogger Medan diundang untuk menghadiri demo kesehatan yang disampaikan oleh Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC) kalian pasti baru dengar kan? sama dong.

Mengenal Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC)


Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC) adalah penyedia layanan kesehatan resmi Malaysia yang menaungi 76 rumah sakit, diantaranya 21 anggota elit dan 55 anggota biasa.

Jadi, untuk siapapun yang hendak berobat ke Malaysia dan butuh referensi rumah sakit yang sesuai dengan budget bisa menggunakan jasa MHTC. Sekarang bukan hanya travelling yang punya tour guidge, untuk berobat pun sudah disediakan. Melihat banyak kasus keuangan menipis karena minim informasi di luar negeri.
Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC)

Mungkin kalian bingung, apa untungnya menggunakan jasa MHTC selain menghemat biaya dan tidak repot perihal administrasi. Keunggulan lainnya adalah:

1. Kualitas Berkelas Dunia

- Keselamatan pasien dijaga melalui pemantauan ketat dari Kementerian Kesehatan
- Institusi yang diakreditasi dan diakui secara international
- Praktisi medis yang sangat terlatih dan berpengalaman
- Teknologi yang canggih dan fasilitas modern

2. Kemudahan Akses

- Waktu tunggu yang singkat
- Tersedia berbagai macam perawatan
- Akses langsung ke dokter spesialis

3. Keterjangkauan yang Kompetitif

- Penetapan harga biaya perawatan tertinggi ditentukan oleh Kementerian Kesehatan
- Relatif terjangkau dibandingkan dengan pesaing regional

4. Kemudahan Komunikasi

- Bahaga yang banyak digunakan adalah bahasa Inggris, Hindi, Mandarin, Melayu dan masih banyak lagi
- Tersedia penerjemah dan juru bahasa

5. Hubungan Halal Global

- Alternatif media halal
- Kemudahan akses fasilitas seperti ruang ibadah
- Banyak tersedia makanan dan restoran halal

6. Perjalanan Awal hingga Akhir yang Tanpa Batas

- Mendukung wisatawan kesehatan dari titik awal yaitu pengajuan pertanyaan dari negara asal, sampai kedatangan dan pasca-perawatan setelah kembali ke rumah.
- Layanan 'Sambut dan Sapa' (Meet & Greet) di Bandara International Kuala Lumpur dan Penang
- Menunggu penjemputan oleh hotel/rumah sakit di Malaysia Healthcare Concierge & Lounge.

Langkah-langkah Pola Hidup Sehat


Gimana? sudah cukup tergiur dengan berbagai fasilitas yang akan diberikan Malaysia Healthcare?Tapi jangan buru-buru ingin sakit dulu hehe. Sebetulnya pun tidak ada rumah sakit yang menginginkan orang lain sakit. Oleh karena itu kita juga harus selalu menjaga kesehatan. Beberapa pola diberikan pada sesi demo kesehatan yang dibawakan oleh dokter.


Beberapa poin penting yang disampaikan beliau adalah:

- Diet seimbang yang sehat
- Mempertahankan berat badan yang sehat
- Rajin Olahraga
- Minum alcohol dalam jumlah sedang, nah kalau poin ini sih kalau bisa yang tidak usah minum.
- Cukup istirahat
- Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Sederhananya pola hidup sehat itu berawal dari mulut, apapun yang kita makan akan dicerna oleh perut. Jika perut tidak mencernanya dengan baik maka dari itu datanglah penyakit.

Kita harus memastikan bahwa belanja kebutuhan dapur yang kita beli sudah termasuk serat utuh, kacang-kacangan, buah dan sayur-mayur. Makanan tersebut haruslah kaya serat yang dapat menurunkan kadar insulin. Pilih juga daging yang bebas lemak juga daging putih seperti ayam dan ikan daripada daging merah. Sebisa mungkin menghindari makanan olahan atau gorengan. Meminimalisir makanan tinggi karbohidrat dan gula olahan. Jangan lupa juga untuk mengurangi penggunaan garam meja dan lebih baik pilih yang herbal.
Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC)

Masalah kesehatan yang paling banyak dipermasalahkan perempuan ada BERAT BADAN.

Yeah, orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan selalu bertanya kenapa sulit menurunkan berat badan?

Jawabannya simple, karena kamu terlalu banyak makan.

Rumusnya adalah jika energi yang masuk sama dengan energi yang keluar maka berat badan akan terjaga. Jika energi yang masuk lebih banyak dari energi yang keluar maka berat badan akan bertambah. Kemudian, jika energi yang masuk sedikit dari energi yang keluar maka berat badan akan berkurang.

Nah, kamu termasuk yang mana nih?

Berikut Cara Menurunkan Berat Badan:

1. Menjaga pola dan frekuensi makan
2. Mengontrol porsi makan
3. Mempertimbangkan komposisi diet seperti tinggi serat rendah lemak, tinggi protein dan pilih karbohidrat dengan indek Glikemik rendah
4. Mencatat dan memonitor aktifitas diri
5. Menyesuaikan aktifitas fisik, melakukan olahraga jalan kaki minimal 30 menit per hari
6. Tidur cukup dan berkualitas

Ada satu hal penting lagi untuk menjaga tubuh tetap sehat, yaitu hati yang bahagia hehe. Namun jika sudah terlanjur sakit, apakah hati tetap bisa bahagia?

Tentu saja dorongan serta motivasi dari keluarga sangat diperlukan, cara sederhananya dengan menggunakan jasa medical tour. Agar pasien dan keluarga fokus pada masa penyembuhan, administrasi biar ditangani oleh ahlinya.
Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC)

Salah satu mitra yang ada di Malaysia Healtcare juga ikut melakukan demo kesehatan yaitu Ramsay Sime Darby Health Care memiliki tiga rumah sakit yaitu Subang Jaya Medical Centre, Ara Damansara Medical Centre dan Park City Medical Centre. Selain itu juga memiliki RS  di Indonesia seperti Premier Bintaro, RS Premier Jatinegara, dan RS Premier Surabaya.

Masing-masing rumah sakit memiliki keunggulan dalam pengobatan:

Subang Jaya Medical Centre memiliki pusat keunggulan dalam pengobatan kanker, penyakit darah, sistem pencernaan & hati, jantung, otak & tulang belakang, radiologi vaskular & intervensi, anak-anak, payudara, mata, telinga, hidung & tenggorokan, tulang & sendi.

Ara Damansara Medical Centre  memiliki pusat keunggulan dalam pengobatan otak, jantung, tulang belakang & sendi.

- Park City Medical Centre memiliki pusat keunggulan dalam pengobatan anak-anak, wanita dan perawatan lansia.
Malaysia Healtcare Travel Council (MHTC)

Meet and Greet Service & End-to-End Service


Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, Malaysia Healthcare akan memberikan fasilitas penuh dalam pengobatan mulai dari keberangkatan hingga kepulangan. Tahapannya adalah:

1. Calon pasien melakukan pemesanan via call centre +60327268688 (luar Malaysia) atau 1800188688 (dalam Malaysia) atau +6281289710029 (untuk Indonesia) pada jam kerja Senin-Jumat pukul 8AM-5PM (+8 GMT)
2. Tim Malaysia Concierge Lounge (MCL) akan menjemput pasien di KLIA aerobridge/gate untuk mengantarkannya ke loket imigrasi. Akan disediakan kursi roda, usahakan untuk konfirmasi terlebih dahulu.
3. Tim akan membantu perizinan imigrasi agar tidak perlu mengantri, diharapkan dokumen yang dibawa lengkap agar memudahkan administrasi
4. Saat pengambilan bagasi, tim akan besedia membawakan barang bawaan apabila pasien dan keluarga tidak mampu
5. Tim MCL akan mengantar pasien dan keluarga ke MHTC Malaysia Concierge Lounge yang berlokasi di aula kedatangan KLIA International. Pasien dan keluarga bisa beristirahat di lounge dan menikmati minuman ringan.
6. Perwakilan rumah sakit akan menjemput pasien & keluarga, tim MCL akan tetap menemani.
7. Keluarga akan dipesankan hotel sesuai dengan yang dibutuhkan
8. Tim juga akan menemani untuk berwisata di negara Malaysia
9. Tim akan mendampingi saat perawatan rehabilitasi
10. Hingga sampai masa penyembuhan dan beranjak kembali ke negera asal.
11. Tim akan membantu pemesanan tiket kepulangan dan mengantarkan ke bandara KLIA/PIA

Pelayanan yang sangat helpfull banget, pastinya sangat membantu aktifitas pasien dan keluarga yang berobat ke Malaysia.

Semoga kita termasuk orang-orang yang peduli dengan pola hidup sehat. Semoga juga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang selama ini bingung mencari referensi rumah sakit di Malaysia.

Informasi lebih lanjut:

callcentre.IDN@mhtc.org.my | www.medicaltourismmalaysia.com | IG @malaysiahealthcare | IG Khusus Indonesia @medtourismmy.id


Taken with mood & written with love

Agnesiarezita


9 komentar:

  1. Wah informasinya sangat bermanfaat,dan aku baru tau loh mudah juga ya kalau pakai malaysia healthcare ini,banyak mitra nya juga tinggal pilih rs mana

    BalasHapus
  2. Aku yg cukup diingatkan nih Ney sama olahraga dan istirahat yang cukup. Itu masih peer banget. Tapi pelayanan yang ditawarkan Malaysia healthcare ini lumayan membantu ya Ney biar gak ribet memilih rumah sakit

    BalasHapus
  3. Sungguh bermanfaat banget hadir di event ini tempo hari 💕 mendapatkan second opinion berobat ke Malaysia semudah itu ya dek 👍

    BalasHapus
  4. Seminarnya jadi menyadarkan kita pentingnya hidup sehat yakan ney

    BalasHapus
  5. Wah pas sih ini. Ada kerabat yang mau berobat ke malaysia. Boleh aku share nih link blognya ney yaaa

    BalasHapus
  6. Gak heran ya kak kenapa banyak yg baru berobat ke Malaysia karenasegudang fasilitas yang ditawarkan dengan range harga yang masih diawasi pemerintah.

    BalasHapus
  7. Bermanfaat sekali, Ney. Semoga someday aku bisa berobat ke sana

    BalasHapus
  8. Tulisan yang selalu detail dan lengkap. Puas bacaanya. Jadi bagi yang minim informasi, baca ini udah serasa punya gambaran.

    BalasHapus
  9. lengkap banget infonya, sampai ke tahapan tahapannya, rekomendasi RS nya juga. thanks infonya

    BalasHapus