Tuesday, February 13, 2018

# LIFESTYLE

Accurate Lite, Solusi UKM berbasis Aplikasi Keuangan Online


Di era millennial sekarang ini, lapangan kerja kian sulit dicari, orang-orang mulai tersadar untuk membuka bisnis sendiri. Mulai dari bisnis online hingga offline, namun seberapa besarnya bisnis offline tetap saja harus dibranding dengan sistem online. Karena jangkauan bisnis online tidak hanya terpaku pada satu tempat saja, bisa meluas hingga ke luar daerah bisnisnya.

Saat memulai bisnis online ataupun offline, tentu membutuhkan karyawan atau staf keuangan untuk melakukan pembukuan demi kemajuan bisnis. Namun bagaimana bila bisnis tersebut masih terbilang bisnis individu yang bersifat Usaha Kecil Menengah? tentu rasanya berat bila harus menggaji orang lain, sedangkan penghasilan untuk diri sendiri saja masih belum stabil. Maka owner bisnis tersebut harus merangkap menjadi staf keuangan untuk bisnisnya sendiri.

Sedikit sekali orang yang paham dengan sistem pembukuan, karena untuk mengerjakan dengan sistem manual akan sangat merepotkan. Karena dalam hal keuangan, bila data yang diinput salah sedikit saja bisa merusak laporan keuangan seluruhnya, tentu bikin pusing dan menyita waktu. Belum lagi, apabila sedang ada orderan dan posisi owner sedang tidak di gudang, repot sekali bila harus datang ke gudang hanya untuk mengecek stok barang tersedia.

Untuk mengatasi hal tersebut serta membantu UKM dalam mengembangkan bisnisnya, tercetuslah Aplikasi Keuangan Online yang bisa dengan mudah diunduh dari Playstore. Aplikasi tersebut adalah Accurate Lite. Sebuah Aplikasi Keuangan Online yang diciptakan untuk memudahkan laporan kuangan bisnis.


Jumat kemarin, aku dan teman blogger lainnya menghadiri seminar bisnis yang diselenggarakan oleh SolusiUKM.com bertajuk “Hidup secara Digital atau Mati Konvensional” dalam seminar yang dibawakan oleh Laksamana Mustika selaku CEO & Founder PT. Elven Digital Indonsia dan Director serta Marketing di beberapa perusahaan digital lainnya di Indonesia. Beliau menyampaikan data-data real tentang pengguna media sosial yang kian melambung, terbukti bahwa menjalani bisnis berbasis digital semakin diminati ketimbang bisnis offline. Beliau juga menyampaikan social media apa saja yang efektif digunakan untuk berbisnis, diantaranya adalah LINKEDIN, salah satu social media yang digunakan oleh para direktur perusahaan besar di seluruh dunia namun belum terlalu familiar di Indonesia.


Laksamana juga menjelaskan semakin meningginya tingkat pembeli dalam Online Shop seperti Tokopedia, Lazada dan sejenisnya. Membuktikan bahwa sekarang orang-orang sudah tidak ingin lagi ribet harus ke toko bila ingin membeli sesuatu yang diinginkan. Namun begitu, masih banyak toko offline yang berkembang dan masih harus menggalakkan sistem online agar bisnis yang dijalaninya semakin berkembang.


Pria berumur 23 tahun tersebut memaparkan dengan detail jenis dan perbedaan dalam sistem marketing, diantaranya Direct Marketing, Advertising, Brand Recognition, Telemarketing, Customer Feedback, Marketing Competition, Deman and Supply Gap, Losing Market Share, Barrier To New Market Entry. Bila ingin mengembangkan bisnis, kita harus dapat melakukan dan menerima konsekuensi dari marketing yang kita jalani. Karena sesungguhnya marketing tidak selalu semudah yang kita anngankan. Dan yang terpenting adalah setiap bisnis yang ingin dijalankan dengan sistem online harus memiliki website.


Nah, untuk memudahkan sistem online dalam berbisnis itulah dibentuk aplikasi keuangan secara online bernama Accurate, terbagi menjadi dua bentuk yaitu Accurate Online dan Accurate Lite. Tujuannya memudahkan para pebisnis dalam memanagemen usahanya secara online, tidak hanya dari segi penjualan tapi juga pembukuan. Di saat seminar kemarin, Vikrie Feriansyah selaku founder Accurate Business Center memperkenalkan Acurate Lite yang bisa diakses untuk satu bisnis saja, lain hal dengan Accurate Online yang bisa digunakcan sebagai aplikasi keuangan untuk lebih dari satu bisnis.



Cara mendapatkan Aplikasi Keuangan Online Accurate Lite sangat mudah, cukup download di Playstore dengan search Accurate Lite maka akan muncul logo aplikasi berbentuk huruf A. Kemudian selanjutnya ikuti petunjuk pendaftaran dengan mengisi data, bisa daftar dengan email atau login dengan akun facebook. setelah mengisi data dengan lengkap maka otomatis kita sudah memiliki akun di Accurate Lite.





Di dalam aplikasi tersebut terdapat enam fitur yang dengan mudah memanagemen bisnis UKM, seperti Penjualan, Pembelian, Biaya, Stok, Kas/Bank dan Laporan.  Nah, di menu Laporan tersebut terdapat fitur Laba Rugi, Neraca, Penjualan, Biaya serta Barang Terlaris. Bisnis akan tertata dengan rapi, data dengan mudah diakses oleh pengguna dan bisa langsung melihat barang apa yang sedang laris, juga bisa menghitung laba rugi dengan sangat simple.

Nah, apakah kamu seorang blogger yang memiliki bisnis? Sudah seharusnya kamu memiliki aplikasi ini. Info selanjutnya cek di solusiukm.com

2 comments:

  1. Aplikasi ini sangat membantu pedagang UKM, terlebih yang gak mau repot buat pembukuan manual. Bangga dgn aplikasi buatan anak negeri.

    ReplyDelete
  2. yeah
    aplikasi begini memang cocok sekali untuk kita yang pebisnis nih.

    ReplyDelete

Follow Me on Instagram @agnesiarezita