Kamis, 14 Maret 2024

Kenali Tanda Penuaan Rambut, Berikut Cara Mengatasi Rambut Tetap Muda & Sehat


Faktanya, tidak hanya kulit yang rentan mengalami penuaan dini tapi ternyata rambut pun cenderung mengalami penuaan, disebabkan cuaca panas (sinar UV) hingga polusi yang tinggi di Indonesia. Rambut menua adalah kondisi dimana rambut mengalami perubahan warna menjadi abu hingga memutih, namun perlu diketahui bahwa kondisi rambut kering, kusam, mudah patah dan kasar juga merupakan ciri penuaan rambut yang sering kali tidak disadari oleh para wanita. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut menua agar tetap muda dan sehat?


Sama juga seperti kulit wajah, penuaan pada rambut muncul di rentang usia 20-an dan sering kali di antara kita terlalu fokus dengan kesehatan kulit wajah, hingga menomor-duakan kesehatan rambut, apalagi ada opsi lebih baik memotong rambut daripada memperbaikinya? itu bukanlah solusi. Rambut dianggap sebagai mahkota wanita, sudah seharusnya rambut mendapat perlakuan istimewa sama seperti merawat kulit wajah dan badan, karena tampilan rambut yang sehat, wangi dan berkilau akan bikin lebih percaya diri dan siap menghadapi hari.


Faktor Penyebab dan Ciri-ciri Rambut Menua


Beberapa faktor penyebab rambut menua adalah cuaca panas dan paparan sinar ultraviolet, yang kerap menghilangkan kelembaban rambut hingga menyebabkan rambut kering, karena kondisi rambut yang kering bikin rambut mudah sekali kusut, rentan patah dan rontok. Selain itu penggunaan sampo dengan kandungan SLS (sodium lauryl sulfate) ini adalah detergen yang menghasilkan busa saat keramas, bahan ini termasuk bahan kimia keras yang bisa menghilangkan kelembaban alami rambut dan menyebabkan rambut menjadi kering. Jadi, hati-hati juga dalam memilih shampo ya.


Sama halnya kulit wajah yang terlalu kering karena kurangnya kelembaban pun akan menyebabkan kulit kasar dan keriput. Untuk itu, tidak hanya wajah, rambut pun harus dijaga kelembabannya, salah satunya dengan melakukan perlindungan lebih untuk mencegah penuaan rambut karena  paparan sinar matahari.


Kondisi rambut yang terlalu kering dan rambut patah juga bisa terjadi karena faktor hair styling. Apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa keluar rumah jika tidak catokan? Terkadang buru-buru sehingga menggunakan catokan dengan suhu tinggi? Hmm, memperlakukan rambut seperti itu akan semakin mempercepat proses penuaan rambut. Catokan itu aman-aman saja jika digunakan dengan suhu yang dianjurkan, dengan dibarengi penggunaan vitamin rambut agar rambut tetap lembab tanpa membuatnya kering, rambut kasar dan gersang. Namun jika terus memaksakan menggunakan cara salah dalam hair styling bisa menyebabkan rambut rentan sekali rusak.


Kalau rambut mudah patah dan rontok, muncullah tanda rambut menua lainnya yaitu rambut menipis, hal ini juga termasuk ciri rambut menua karena seiring bertambahnya usia, lapisan luar rambut akan jadi lebih rapuh. Ketebalan rambut akan berkurang, bahkan hanya disisir dengan jari saja pun rambut bisa patah dan rontok, apakah kamu termasuk orang yang enggan sisiran karena takut rambut rontok? Itu malah menjadikan rambut semakin kusut. 


Selain cara yang salah dalam hair styling dan paparan sinar matahari, faktor lain yang menyebabkan rambut menua adalah polusi yang hingga menyebabkan rambut kusam, gersang dan juga lepek. Hal ini terjadi karena paparan polusi yang mengandung bahan kimia dari segala macam asap, khususnya asap kendaraan, kilau warna rambut akan memudar karena memudarnya warna alami rambut.


Untuk menjaga rambut tetap muda dan sehat, lakukanlah perawatan rambut, dengan melindungi rambut dari paparan sinar ultraviolet seperti menggunakan topi dan payung, selain itu juga berikan nutrisi rambut agar kelembabannya tetap terjaga, pakailah hair care dengan ingredients yang tepat dalam mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala agar tetap sehat dan terawat.  


Cara Mengatasi Rambut Tetap Muda & Sehat


Salah satu ingredients yang ampuh sebagai solusi mengatasi permasalahan rambut adalah Moroccan atau lebih dikenal Argan Oil. Biasa digunakan dalam bentuk vitamin rambut. Didalamnya terdapat nutrisi seperti vitamin E yang bisa menutrisi dan melembabkan rambut, selain itu juga berperan sebagai antioksidan yang sangat penting untuk melindungi rambut dari radikal bebas. Jangan lupa juga selalu gunakan produk dengan kandungan UV dan heat protection.


Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri rambut menua beserta faktor penyebabnya, apakah saat ini rambut kamu sedang mengalaminya? Jika iya, yuk mulai merawat rambut tetap muda, sehat dan terawat. Semoga membantu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar