Senin, 24 Mei 2021

Step By Step Skincare Routine untuk Kulit Sensitif, Kamu Wajib Tahu!

Sumber: freepik.com


Memilih skincare memang terkadang menjadi pertimbangan yang membuat galau. Apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif.


Jenis kulit yang satu ini memang memerlukan produk yang harus dipilih lebih selektif karena kondisi kulit yang rentan akan berbagai masalah kulit. Anggap saja jerawat hingga iritasi. Untuk hindari semua hal tersebut, simak skincare routine untuk kulit sensitif berikut.


Sekilas Tentang Kulit Sensitif dan Perawatannya


Kulit sensitif memang sudah acap kali didengar di dalam dunia skincare. Meski demikian, medicalnewstoday mengatakan bahwa kondisi ini sebenarnya bukanlah diagnosa kesehatan.


Istilah ini sendiri lebih diarahkan pada kondisi kulit yang sangat rentan dengan peradangan dan reaksi lain. Biasanya reaksi ini dipicu oleh beberapa hal seperti parfum, bahan kimia dan pewarna.


Dalam hal ini, eminence organics pun menyarankan beberapa tips perawatan untuk pemilik jenis kulit sensitif.


Tips tersebut mencakup menghindari penyebab permasalahan, mengurangi mandi air panas dalam waktu lama, dan menghindari produk berbahan parfum dan kimia kuat. Contohnya adalah produk dengan kandungan parabens atau sodium lauryl sulfates.


Sama halnya dengan artikel yang ditulis beautynesia.id yang menyarankan untuk memilih kosmetik dengan bahan basic.


Sebaiknya, gunakan kosmetik dengan bahan basic. Hindari pemakaian bahan Niacinamide dan AHA bersamaan. Karenanya, perlu diperhatikan skincare routine untuk kulit sensitif yang ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan.


1. Facial Wash

Untuk membuat kulit tampak bersih dan kesat, sudah jelas sekali bahwa tahap skincare pertama adalah sabun muka. Mencuci wajah dengan facial wash ada baiknya dilakukan dengan produk bebas wewangian, deterjen, dan bahan keras lainnya.


Pilih produk yang telah didesain khusus untuk kulit sensitif sehingga mengurangi risiko iritasi, gatal, atau panas.


2. Toner

Setelah wajah bersih, kamu dapat menggunakan toner untuk mengangkat kotoran, debu, dan sebum yang tertinggal.


Karena kulit bersifat sensitif, Hindari over-exfoliating dengan penggunaan toner yang berfungsi sebagai eksfoliator.


Gunakan saja produk Hydrating toner untuk pemakaian di pagi hari. Dengan begitu kelembaban kulit akan terjaga dan menjaga kulit lebih sehat.


Agar hasil skincare routine untuk kulit sensitif lebih optimal, hindari produk dengan kandungan alkohol. Pilih saja bahan yang menenangkan dan mengobati kulit merah atau meradang.


3. Serum

Untuk kebutuhan serum, biasanya mereka yang memiliki kulit jenis ini dianjurkan untuk memilih kosmetik dengan kandungan Hyaluronic acid.


Hal ini karena kulit jenis ini kerap mengalami kondisi pecah pecah yang disebabkan kurangnya kadar air. Menurut healthline, serum dengan HA akan mampu membuat kulit lebih lembab dan terhidrasi.  


4. Pelembap

Sudah cukup lembab, apa masih memerlukan produk yang satu ini? Beberapa beauty enthusiast pun serentak menyatakan pentingnya kehadiran produk ini di dalam rutinitas skincare. Dikatakan bahwa pilih produk yang tidak hanya menggantikan kelembaban lapisan kulit luar, namun pilih juga yang mampu menenangkan dan menjaga kompleksitas kulit.


5. Sunscreen 

Sunscreen atau tabir surya sudah menjadi produk kecantikan yang wajib dimiliki. Terutama bagi kebutuhan skincare routine untuk kulit sensitif di pagi hari.


Paparan sinar matahari kerap menjadi penyebab peradangan kulit. Karena itulah kamu harus menggunakan sunscreen minimal dengan kandungan SPF 30 PA+++.


Sudah jelas sekali bahwa dari namanya saja kamu bisa mengetahui bahwa kulit jenis ini perlu perawatan khusus.


Kondisi kulit yang mudah iritasi, gatal, hingga jerawat menuntut kamu untuk lebih selektif dalam memilih produk kecantikan yang dibutuhkan.


Salah satu rekomendasi untuk membeli produk skincare secara online adalah situs Beautyhaul. Di sana terdapat banyak produk dengan kualitas terbaik dari brand-brand ternama yang bisa dipilih.


Setelah memilih produk yang tepat, jangan lupa untuk memperhatikan urutan pemakaian skincare yang tepat  agar kulit lebih sehat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar