Sabtu, 22 April 2017

# ADVETORIAL # EVENT

Peran Blogger dalam Mencerdaskan Indonesia bersama Smartfren 4G


Siapa sih yang berperan mencerdaskan Indonesia? Orangtua kah? Guru kah? Atau kamu?

Hei siapa kamu? Emang kamu sudah cerdas sampai harus memiliki peran mencerdaskan Indonesia?

Aku Blogger, aku memiliki peran mencerdaskan Indonesia.

Siapapun "Wajib" mencerdaskan Indonesia. Caranya? Tidak harus melalui bangku sekolah. Cukup dengan gadget dan kuota Internet Cepat. Semisal yang aku pakai nih, aku pakai Smartfren 4G untuk ngeblog.

Kenapa harus Smartfren? Karena jaringan Smartfren 4G 100%. Kini Smartfren sudah tersebar 200 kota dan Kabupaten, terluas di lagi Indonesia.

Dengan internet yang super ngebut, tentu akan memudahkan blogger berbagi informasi positif kepada pembaca.

Bagiamana?

Nah, begini ya. Social media yang kini menjadi media sharing link blog sudah menjadi "kebutuhan" bagi masyarakat. Terkhusus Indonesia. Tinggal tugas kita, mau ngeshare konten positif kah? Atau malah sebaliknya.

Di era milenia ini, banyak banget kan kita temui influencer yang "Beruang" lewat blog. Ber Uang loh, bukan Beruang. Hehe.

Tapi lihat dulu, beruang (read: kaya) karena Nilai-nilai positif atau malah konten negatif? Karena, untuk menjadi viral di social media itu mudah. Tinggal lakukan sesuatu yang aneh, menyebar di social media, maka rasa penasaran penggiat social media akan meledak. Dan BOOM! Viral lah Ia.

Tapi mau sampai kapan kita viral karena hal negatif? Gak lelah jadi bahan gunjingan orang? Dilirik hanya karena penasaran, setelah rasa penasaran hilang lalu dilempar tanpa kenangan baik sekalipun. Miris kan?

Nah, maka dari itu yuk ah memiliki peran positif sebagai Blogger dalam mencerdaskan Indonesia.

Cerdas itu bukan berarti paham satu tambah satu itu dua. Atau dua kali dua itu empat. Cerdas itu kebermanfaatan kita bagi orang lain.

Konten kita memang tidak akan otomatis mencerdaskan seluruh masyarakat Indonesia. Tapi percayalah, hal kecil yang kita bagikan akan bermanfaat dan itu akan terus berkembang dan dikenang. Damai banget kan hidup begitu?

Apa yang Harus Dilakukan Blogger?

1. Menyebarkan Informasi Positif dan Bermanfaat

Blog kini sebagai media mencari informasi, semisal opini. Kini kita bebas menulis apapun yang kita rasa tidak senada dengan pemikiran kita.

Pernah gak beropini lalu opini kita menjadi bahan skripsi untuk pembaca blog kita? Nah kan, opini kita jadi bahan penelitian orang lain, bermanfaat lalu jadi karya ilmiah. Dibaca seluruh mahasiswa kampusnya dan juga dosen-dosen pengujinya?

Kebayang kan? Bangga dong. Ikut andil dalam karya ilmiah orang lain. Opini kita menetap selamanya di skripsi. Peneliti langsung cerdas? Belum tentu, setidaknya kita telah berbagi. Ya gak?

2. Blogger sebagai Mediator

Pernah lihat artikel di internet dengan judul 'Surat Terbuka' ? Apa tujuannya Surat Terbuka itu dibuat?

Untuk menyampaikan aspirasi masyarakat langsung kepada petinggi negara itu tidak mudah. Mau ngadu ke siapa hayo? Kita siapa emang? Meski katanya Masyarakat itu memiliki Kekuasaan Tertinggi. Nyatanya? Kita hanya bisa beropini. Apalagi hanya satu suara. Bisa apa?

Nah, peran Blogger adalah menulis aspirasi lewat Blog dan Social Media lainnya. Dengan kekuatan "Surat Terbuka" dibumbui dengan gaya penulisan ciri khas Blogger. Pembaca yang juga merasakan masalah yang sama akan merasa memiliki "Wakil Rakyat"

Semisal "Surat Terbuka tentang Bobroknya Sekolah Dasar di Pedalaman Kota" apa nilai positif ditulisnya surat ini? Setelah surat ini sampai ke pembaca, viral karena banyak dishare di social media, maka sampailah pada petinggi negara.

Hasilnya, petinggi langsung terjun lokasi dan memperbaiki lokasi sekolah yang bobrok. Diperbaiki dan anak-anak bisa belajar lebih layak.

Apakah setelah sekolah tersebut direnovasi, anak-anak langsung cerdas? Tentu tidak. Tapi setidaknya kita Blogger telah menjadi mediator bagi orang-orang yang tidak tahu mengadu kemana dan memberikan efek baik bagi mereka.

Hanya 2 peran Blogger, tapi dampaknya? Bisa mencerdaskan siapa saja Ayo sekarang tebarkan energi positif, lewat karya-karya kita sebagai Blogger Indonesia untuk Indonesia cerdas.

A post (may) consumed small quota but (surelly) have big impact



4 komentar:

  1. Makasiih atas sharingnyaa mbaak. Banyaak sekali peran blogger dalam ikut mencerdaskan generasi muda Indonesia.Terus berkaryaa dan berbagi melalui tulisan yaa mbaaak. Salam kenaal mbaak agnes :D

    BalasHapus
  2. Wooppp Smartfren memang gak kalah sama provider lain, bahkan skrg sudah bisa dipakai di smartphone ya kan. Setauku inilah provder pertama yang 4G dlu nya kan, mantap.

    BalasHapus
  3. Setuju banget, Blogger memiliki peran penting dalam dunia digital. So kita harus pintar-pintar deh.

    BalasHapus
  4. Kalo peran blogger dalam usaha memenuhi job review saja itu bisa dimasukkan ke dalam penelitian peran blogger dalam era informatika sebagai media untuk menyebarkan informasi juga ya mbak? Gitu? :D

    BalasHapus

Follow Me on Instagram @agnesiarezita