Xiaomi Mi4i: Ponsel Pintar Performa Cetar

01.55.00

Ponsel Pintar yang Nyaman digenggam
Menghadapi tantangan terakhir dari OkeShop mengenai smartphone yang saya inginkan. Nah, di sini saya akan mereview sekaligus menjelaskan betapa inginnya saya memenangkan kompetisi ini dan tentunya mendapatkan smartphone yang saya impikan. Setelah keliling wesite www.oke.com untuk melihat smartphone apa saja yang bisa saya pilih, akhirnya pilihan saya jatuh hati pada Handphone Xiaomi Mi 4i. Kenapa saya memilih Xiaomi Mi 4i? Nah, berikut penjelasan saya setelah melipir ke teman-teman yang pakai Xiaomi Mi4i.

Desain Sederhana
Dengan empat pilihan warna keren.
Xiaomi Mi 4i, dengan ketebalan yang hanya 7,8 mm tentunya sangat minimalis dan elegan. Desain sederhana yang sangat nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. Dilengkapi dengan dua slot SIM mikro pada sisi kirinya, tentunya kedua SIM tersebut mendukung jaringan 2G GSM, 3G HSDPA dan 4G LTE. Lalu pada sisi kanan, terdapat tiga tombol berbahan metal. Yakni dua tombol berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan volume suara sekaligus membidik gambar dan satunya lagi berfungsi sebagai tombol lock/power.

Kemudian pada sisi atas, terdapat lubang kecil 3,5 mm untuk menyambungkan headset yang berfungsi untuk mendengarkan radio atau nelfon via headset. Pada sisi bawah juga terdapat lubang kecil untuk mengisi daya baterai serta mentransfer data dengan sambungan USB.

Namun, pada smartphone elegan ini tidak terdapat Micro SD karena dikawatirkan akan memperlambat kinerja handphone yang disebabkan virus. Meski begitu dengan Memori internal 16 GB yang disediakan, pengguna tetap bisa menyimpan data serta aplikasi yang diinginkan. Kemudian pada punggungnya, Xiaomi Mi4i memberikan fasilitas lensa kamera 13 MP lengkap dengan lampu kilat dua corak (dual-tone flash). Di sisi bawah punggung tersemat logo Xiaomi berwarna perak dan kisi-kisi pengeras suara (speaker).
Unibody elegan
Seluruh punggung dan sisi-sisi samping dibalut plastik polikarbonat putih bertekstur kesat yang tentunya mudah sekali untuk membersihkannya apabila terkena noda. Cukup usap dengan tissu yang telah dituangkan sedikit minyak kayu putih. Dengan ukuran 5 inci dan tekstur demikian mewah, ponsel ini pas digenggam dan tak mudah tergelincir dari tangan.

Layar tajam, namun tidak bikin sakit mata

Pada sisi depan, layar Xiaomi tampak menyatu dengan bingkai hitam mengkilap yang mengelilinginya. Pada saat ponsel dinyalakan, barulah terlihat batas antara layar dan sisi bezel tersebut.

Pada layar sebelah kiri atas dipasang kamera depan 5 MP untuk membidik gambar dan video mandiri (selfie), dan berfungsi baik juga untuk melakukan panggilan video (video call). Di bawah layar, terdapat tiga tombol virtual (soft button) untuk navigasi.

Layar Mi4i ini mengusung tampilan One Glass Solution (OGS) yang menyatukan IPS LCD, panel sentuh, dan kaca pelapis. Dengan kualitas Full HD 1080p, kejernihan layar pada Mi4i membuat mata betah berlama-lama menjajalnya dan pastinya meminimalisir sakit pada mata.

Warna yang bisa ditampilkan pada layar Mi4i mencapai 95 persen standar warna layar NTSC. Untuk kaca pelapis, Mi4i tak menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Namun, kaca pelapis Mi4i tetap Corning sehingga ketahanan goresannya bisa dipercaya. Keunggulan layarnya, selain berwarna tajam, layar dengan kerapatan 441 ppi tersebut juga tak takut silau.

Sekalipun terpapar di bawah sinar matahari, pengguna tak perlu meningkatkan intensitas cahaya ponsel. Dengan teknologi tampilan sinar matahari (sunlight display), layar ponsel akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya di luar maupun di dalam ruangan. Hasilnya, cahaya layar di bawah terik matahari tak akan redup. Pengguna bisa melihat jelas tanpa harus melindungi layar dengan telapak tangan dan memicingkan mata. Tentunya tidak silau, tetap bisa nyaman menggunakan smartphone ini dimanapun kita mau.

Antarmuka

Antarmuka pada Xiaomi Mi4i ini didukung dengan sistem operasi Android Lollipop 5.0.2. Secara keseluruhan, antarmuka MIUI 6 terkesan minimalis. Ikon-ikonnya diberi jarak lenggang sehingga layar terkesan lapang. Dilengkapi juga dengan pilihan tema yang beragam. Agar ditidak membosankan, pengguna bisa gonta-ganti tema. Pasti seru. Walau nuansa warna bisa disetel sesuka hati, kalibrasi warna yang disediakan hanya tiga. Yakni, mode hangat (warm) yang lebih menguning, standar, dan warna dingin (cold) yang lebih membiru.

Untuk daftar kontak, xoaimi memungkinkan pengguna mengidentifikasi, menandai, dan memblokir panggilan telepon dari nomor-nomor yang tak diharapkan. Pengalaman komunikasi pengguna bakal lebih tenang tanpa gangguan dari mereka yang tak diinginkan. Kelebihannya lagi, Mi4i juga mengakomodir beberapa gestur yang memudahkan akses pengguna ke aplikasi atau kemampuan tertentu. Misalnya, jika ingin menggunakan ponsel dengan satu tangan, pengguna bisa mengaktifkan fitur one stand hand. Cukup gulir tombol navigasi "home" ke kiri atau kanan untuk memperkecil layar. Selain gestur satu tangan, adapula gestur untuk mengaktifkan kaca pembesar di laman apapun. Pengguna cukup mengetuk layar tiga kali, skala layar bakal meningkat (zoom in). Pengguna cukup menggunakan dua jari dengan gestur menjauh satu sama lain. Atau, mencubit layar dengan dua jari untuk memperkecil layar dan mengembalikannya ke skala normal (zoom out).

Kamera Selfie; Cantik dengan Sekali Klik

Untuk kamera utama 13 MP dan 5 MP untuk kamera "selfie" yang mengakomodir pilihan kamera manual yang memberikan akses ke beberapa parameter. Pengguna bisa mengatur ISO, Exposure, Focus dan White Balance.

Pada Mi4i, rentang sensitivitas bisa diatur hingga ISO 3200. Sehingga cahaya yang dihimpun dapat membantu ketika digunakan pada ruangan remang. Exposure Time juga bisa disetel hingga 2 detik. Ini berfungsi untuk membidik objek tertentu pada ruangan gelap.

Adapula pengaturan fokus, pengguna dapat mengatur letak fokus hanya dengan menggulir ke kiri dan kanan layar. Untuk White Balance, ada empat pilihan yang tersedia pada Mi4i. Yakni pada kondisi cahaya standar dalam ruangan, cahaya terang dalam ruangan, terang matahari, serta kondisi luar ruangan dalam keadaan mendung.
Kelebihan kamera Mi4i adalah fitur multitasking. Saat merekam video, pengguna bisa sekaligus menjepret foto. Tentu akan mendapat dua Keuntungan video dan foto yang hasilnya tajam dan cantik.

Keuntungan lainnya adalah fitur beautification. Bagi para pecinta selfie, fitur ini bisa jadi yang terpenting dalam menentukan pilihan ponsel. Wajah akan seketika bersih dan tajam dalam sekali klik namun tetap natural.

Ketahanan Standar Baterai

Baterai lithium pada xiaomi Mi4i, tak bisa dicopot. Karena mengusung desain unibody. Dengan kapasitas baterai 3120 mAh pada Mi4i, ketahanannya lebih kuat. Untuk penggunaan sosmed standar tentunya baterai akan tahan sehari penuh namun pada penggunaan game mungkin ketahanannya akan sedikit menurun. Pada pengisian baterai agar penuh hanya memakan waktu sekitar satu setengah jam saja. Dan keunggulannya handphone xiaomi Mi4i ini tidak panas bila di carge atau saat digunakan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kapasitas RAM. Mi4i berjalan dengan kapasitas RAM 2 GB. Nah untuk pengaturan penggunaan baterai juga dapat diatur. Misalnya, pada pemakaian normal, pengguna dapat memilih mode"performa". Sedangkan, untuk menghemat baterai, pengguna dapat memilih mode "seimbang". Perbedaan kedua pengaturan tak dirasa terlalu berarti.

Spesifikasi dan performa

Mi4i menggunakan chip 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 generasi kedua dengan delapan inti CPU (empat inti 1.7 GHz & empat inti 1.1 GHz). Di antaranya Sharp dengan layar Full HD 1920x1080p, kerapatan 441 ppi dan anti-silau. Kapasitas penyimpanan internalnya 16 GB ditambah dengan Penyimpanan kapasitas RAM 2 GB.
Semoga berkesempatan memiliki ni

Kesimpulan

Dengan pemaparan yang telah saya jelaskan diatas, tentulah Xiaomi Mi4i masuk pada kategori smartphone unggulan. Meskin tidak terdapat kartu SD, penyimpanan internal 16 GB dan dibantu RAM 2 GB sudah sangat membantu jika digunakan bukan untuk gamer.

Demikian review saya untuk saya ikutkan pada kompetisi yang diselenggarakan oleh OkeShop. Semoga di bulan Ramadhan yang berkah ini, saya mendapat hidayah menjadi pemenang dan mendapatkan ponsel yaang saya inginkan dan dambakan.

Spesifikasi:
Xiaomi Mi 4i
Bentang layar 5 inci
Resolusi layar IPS LCD, 1920 x 1080 piksel (full HD), 441 ppi, Sunlight Display
Bobot/dimensi 130 gram/138.1 x 69.6 x 7.8 mm
Baterai 3.120 mAh
Prosesor Qualcomm Snapdragon 615 (2nd gen) octa-core 1,7 GHz (quad-core 1.7 GHz & quad-core 1,1 GHz)
GPU Adreno 405
RAM/memori internal 2 GB/16 GB
Kamera utama/depan 13 megapiksel, two tone flash/5 megapiksel, f/1.8
Konektivitas 4G LTE 1.800 MHz, WiFi MU-MIMO
Sistem operasi Android 5.0 Lollipop
Fitur lain Dual-SIM (microSIM), keduanya mendukung 2G, 3G, 4G

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe