Wednesday, May 14, 2014

# JOURNALISTIC

Diskusi Ekslusif Bersama Pemimpin Redaksi DNAberita.com

           Medan, Dinamika Online - Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika IAIN SU melakukan Kunjungan Redaksi ke Media Online DNAberita.com (10/5), kedatangan jurnalis kampus yang bertujuan untuk mengadakan diskusi ekslusif mengenai media online ini disambut hangat oleh R. Samsuri selaku Pemimpin Redaksi di DNAberita.com. Sebagai media online yang sudah berdiri sejak tahun 2009Digital News Acces (DNA) Berita ini ternyata juga punya kisah “haru” yang patut dijadikan pelajaran untuk sesiapa yang juga ingin hidup lewat media online.
 Pada awal berdiri tahun 2009, dengan pengunjung web berkisar lima pembaca per hari, beberapa rekan-rekan yang ada di DNAberita.com terus melakukan inovasi agar rating pengunjung terus melonjak tinggi, tidak pernah ada kata menyerah terhadap media online ini, dengan harapan nantinya akan menanjak pesat. Menurut R. Samsuri, “Potensi media online nantinya akan berkembang pesat dan dalam kurun waktu 17 tahun ke depan, media masa tidak akan ada lagi.”
Media online yang berdiri dengan tujuan sebagai penyedia informasi publik ini memiliki 25 karyawan, yang di masing-masing daerah memiliki reporter yang siap terbang untuk berburu berita, di antaranya Medan, Belawan, dan Deli Serdang. Dan masing-masing redaktur tersebut sudah bisa meng-upload sendiri berita mereka masing-masing tanpa harus datang langsung ke kantor yang beralamat di Jl. H.M. Yamin No. 41 Medan.
Dalam diskusi yang dimulai sejak pukul 11:00 WIB bersama 14 jurnalis kampus tersebut, R. Samsuri menyampaikan rahasia khusus agar rating pengunjung website melonjak tinggi. “Mengelola media online harus seperti memelihara bayi, yang selalu dirawat dan disayangi. Dan cara untuk memelihara media online tersebut adalah dengan terus updating berita terhangat dan positif.” Menurutnya, desain suatu media online dan perkara lainnya itu urusan kesekian, karena pada dasarnya yang dicari pembaca adalah berita-berita ter-update dan teraktual, meski tak bisa dipungkiri bahwa desain juga menunjang peningkatan pembaca.
Kini, dengan pengunjung 20 ribu per hari, DNAberita.com pernah menjadi korban hacker Kanada pada tahun 2010 yang menyebabkan DNAberita.com lumpuh selama seminggu. Namun, untungnya dengan memiliki programer yang handal, media sosial yang tidak mematoki diri pada satu genre tertentu ini mampu bersinergi kembali sebagai media online yang selalu update dan aktual.
Bertemankan suara denting gerimis dari balik jendela, diskusi yang diadakan di lantai dua kantor DNAberita.com ini tetap terasa hangat karena suasana diskusi yang hidup dengan dilontarkannya beberapa pertanyaan dari rekan-rekan jurnalis yang terlihat antusias sekali untuk mengelola media online yang mereka miliki yaitu lpmdinamika.co seperti pertanyaan yang disampaikan oleh saudara Bambang Edi Susilo selaku Pemimpin Litbang (Penelitian dan Pengembangan) di Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika IAIN SU.
“Apakah DNAberita.com menerima reporter baru dan bagaimana caranya?” pertanyaan tersebut jelas mengundang gelak dari rekan-rekan jurnalis kampus lainnya, meledek Bambang ada maksud untuk menjadi bagian dari DNAberita.com, Samsuri justru balik bertanya pada jurnalis kampus tersebut, “Apakah kalian benar-benar ingin bercita-cita menjadi Jurnalis?” Jika ditanya dengan demikian, jawabannya tentu saja “Iya”.
Namun, Samsuri menyampaikan tetuah selaku seseorang yang sudah lebih dahulu merasakan asam manis menjadi wartawan dan terjun ke lapangan, menyatakan ketakutannya terhadap sistem jurnalisme yang akan datang. “Nantinya sistem jurnalisme bisa menjerumuskan diri kita, jika berbenturan dengan industri jurnalisme, karena nantinya akan ada kepentingan ‘lain’.” Jawaban tersebut cukup membuat beberapa jurnalis kampus yang serentak mengenakan seragam jurnalis berwarna hitam tersebut mengangguk paham, “Namun itu semua tergantung bagaimana diri kita membawa diri. Dan kami kapan saja siap menerima reporter baru dengan tahap seleksi tentunya,” tutup R. Samsuri mengakhiri diskusi tepat pukul 13.00 WIB.
(Rezita Agnesia Siregar)


1 comment:

  1. Karena gonta-ganti template. Semua komentar di post ini hilang. Silahkan tinggalkan komentar ya ^^ Terimakasih untuk komentar anda di postingan ini :)

    ReplyDelete

Follow Me on Instagram @agnesiarezita