Sabtu, 11 Juni 2022

Begini Cara Kerja Remittance dan Jenis-jenisnya


Layanan Remittance merupakan salah layanan yang dimiliki oleh lembaga keuangan di Indonesia. Baik lembaga keuangan yang berasal dari bank maupun non-bank, yang bisa diakses secara langsung dengan mengunjungi bank atau pusat lembaga maupun melalui website atau aplikasi.


Beberapa orang merasa cukup asing saat mendengar istilah Remittance di tempat umum. Oleh karena itu, beberapa pihak memanfaatkan jaringan internet yang tersedia untuk memahami pengertian Remittance dan hal-hal yang berkaitan dengan layanan keuangan yang satu ini.


Lembaga keuangan menyediakan layanan Remittance untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transfer uang ke luar negeri. Hal tersebut terjadi karena cukup banyak warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri karena beberapa alasan.


Beberapa WNI yang memutuskan untuk tinggal sementara maupun dalam jangka waktu lama di luar negeri biasanya dilatarbelakangi oleh alasan dan kebutuhan yang kuat. Seperti halnya untuk menuntut ilmu, mencari nafkah, sampai dengan tinggal bersama pasangan yang berasal dari negara lain.


Hal tersebut membuat kegiatan transaksi keuangan secara internasional ini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Sehingga mendorong banyak pihak lembaga keuangan untuk menyediakan layanan Remittance untuk memudahkan masyarakat maupun nasabah untuk melakukan transaksi keuangan antar negara.


Layanan Remittance adalah pelayanan yang dimiliki oleh lembaga keuangan untuk memudahkan masyarakat untuk mengirim uang dalam bentuk valuta asing. Pengiriman uang menggunakan layanan ini tergolong lebih mudah, murah dan cepat sampai kepada pihak yang dituju.


5 Cara Kerja Layanan Remittance


Ada beberapa langkah yang perlu Anda ketahui hingga akhirnya layanan Remittance dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berikut ini 5 cara kerja Remittance hingga uang yang dikirimkan dalam bentuk valuta asing sampai pada pihak yang dituju.


1. Pengirim Membuka Akses Pengiriman Uang ke Luar Negeri


Cara kerja pertama yang bisa Anda penuhi untuk menggunakan layanan ini yaitu dengan membuka akses pengiriman uang antar negara. Anda bisa langsung mendatangi kantor bank atau instansi lembaga keuangan maupun mengakses aplikasi yang tersedia.


2. Melengkapi Formulir Pengiriman Uang ke Luar Negeri


Kemudian, Anda bisa meminta dan melengkapi formulir pengiriman uang ke luar negeri jika mendatangi kantor bank. Akan tetapi, Anda juga bisa melengkapi formulir tersebut dengan mengakses aplikasi lembaga keuangan yang disediakan seperti Aplikasi digibank by DBS.


Pastikan informasi yang Anda isi merupakan data yang sebenar-benarnya dan lengkap. Bahkan, Anda juga perlu menambahkan identitas pihak penerima sampai dengan tujuan rekening yang menjadi bank koresponden dalam proses transfer uang antar negara.


3. Memproses Permintaan dengan Menyediakan Valuta Asing


Selanjutnya, pihak lembaga keuangan akan memproses permintaan Anda sesuai dengan formulir yang telah dilengkapi sebelumnya. Sehingga pihak penyedia layanan dari lembaga keuangan segera memproses permintaan tersebut dengan menyediakan valuta asing.


Bagi pengguna digibank by DBS, proses transaksi pengiriman uang ke luar negeri cukup mudah untuk diproses. Penyedia jasa akan melakukan cara kerja layanan Remittance yang selanjutnya yaitu menyediakan valuta asing yang diambil dari debit tabungan Valas. 


Namun bagi masyarakat yang tidak memiliki produk digibank by DBS, penyedia jasa perlu melakukan konversi keuangan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan dengan cara memproses jumlah nominal transfer yang akan dikonversikan menjadi bentuk valuta asing.


4. Melakukan Permintaan dan Memproses Transaksi dengan Bank Koresponden


Selanjutnya, Pihak penyedia jasa layanan transfer uang ke luar negeri akan melakukan permintaan proses pengiriman uang dengan bank koresponden. Bank koresponden merupakan sebutan untuk bank tujuan yang akan menerima kiriman uang dalam bentuk valuta asing.


5. Bank Koresponden Melanjutkan Proses Layanan Pada Pihak yang Dituju


Terakhir, bank koresponden yang telah menerima kiriman valuta asing akan menyampaikan dan meneruskan transaksi keuangan tersebut kepada pihak penerima. Sehingga jumlah nominal uang yang Anda kirimkan bisa sampai kepada penerima yang ingin Anda tuju.


Jenis-jenis Remittance


Setelah mengetahui cara kerja layanan transfer uang ke luar negeri, Anda juga perlu mengetahui jenis Remittance. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja jenis dari layanan transfer uang antar negara.


1. Outward Remittance


Jenis Remittance yang pertama merupakan transaksi keuangan yang bisa digunakan untuk melakukan pengiriman uang dari dalam negeri (Indonesia) ke luar negeri. Sehingga cocok untuk digunakan oleh masyarakat yang memiliki keluarga maupun anak yang sedang menuntut ilmu di negara tertentu.


2. Incoming Remittance


Selanjutnya yaitu transaksi pengiriman uang dengan tujuan dari luar negeri ke dalam negeri (Indonesia). Layanan dengan jenis Incoming Remittance ini cocok digunakan oleh masyarakat yang memiliki keluarga yang sedang mencari nafkah di luar negeri.


Keunggulan Layanan Remittance digibank by DBS


Setelah mengetahui beberapa ulasan di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa keunggulan dari produk keuangan yang memiliki layanan Remittance. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja keunggulan produk digibank by DBS.


1. Memiliki Akses yang Bebas Selama 24/7


Anda bisa memiliki akses bebas selama 24/7 dengan menggunakan produk digibank by DBS. Hal tersebut terjadi karena pengiriman uang ke luar negeri dapat dilakukan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.


2. Tagihan Biaya Transfer Gratis


Penggunaan produk digibank by DBS bebas dari tagihan biaya transfer untuk pengiriman uang lebih ke 20 negara. Hal tersebut berlaku untuk mata uang USD, SGD, CAD, AUD, EUR, HKD dan GBP.


3. Nilai Tukar dengan FX Rate Terkini dan Juara


Selanjutnya yaitu digibank by DBS dilengkapi dengan nilai tukar yang kompetitif. Hal tersebut karena FX rate yang dimiliki terkini dan juara membuat proses transfer menjadi ringan.


4. Proses Pengiriman Uang yang Sampai di Hari yang Sama


Terakhir, Anda bisa menikmati layanan transfer uang antar negara yang cepat sampai kepada pihak penerima. Hal tersebut bisa terjadi untuk transaksi yang dilakukan sebelum melebihi batas waktu yang telah ditentukan.


Bagaimana, menarik bukan penggunaan produk digibank by DBS untuk melakukan transaksi transfer internasional? Demikian ulasan singkat mengenai layanan Remittance, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar