Rabu, 30 Maret 2022

Catat! 5 Cara Terbaik Memilih Manajer Investasi Reksadana

C:\Users\alini\Documents\New Project\Indonesian Writer\2022\Maret\242.jpg


Seperti yang kita tahu, bahwa manajer investasi memiliki peranan yang sangat penting dalam investasi reksadana. Pasalnya, hampir semua peranan investasi dilakukan olehnya. Investor hanya bertugas untuk membeli produk reksadana kemudian melakukan top up secara berkala untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Manajer investasi atau sering disingkat MI merupakan pihak yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk mengelola dana investasi. Ibaratnya, manajer investasi adalah seorang supir yang akan siap membawa kamu sampai menuju tujuan investasi.

5 Cara Memilih Manajer Investasi Reksadana yang Tepat

Pada saat akan berinvestasi reksadana, tentu kamu tidak boleh sembarangan memilih manajer investasi. Sebaiknya, kamu memilih manajer investasi profesional agar performa investasi kamu optimal. Untuk mendapatkannya, mari coba beberapa cara memilih manajer investasi reksadana di bawah ini.

  1. Pastikan Terdaftar di OJK

Sebuah manajer investasi tepercaya tentunya pasti sudah mendapatkan izin dari badan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai wakil manajer investasi. Karena itu, kamu harus memastikan hal ini sebelum memilih sebuah manajer investasi.

Izin dari OJK menandakan bahwa manajer investasi tersebut telah sah dan semua kinerjanya akan diawasi oleh OJK. Hal ini tentu menjadikan investasi kamu menjadi lebih aman.

Pasalnya, baru-baru ini banyak manajer investasi reksadana yang tidak berada dalam pengawasan OJK. Hal ini tentunya berbahaya untuk para investor. Pasalnya, mereka tidak memiliki perlindungan apa-apa jika suatu saat terjadi masalah.

  1. Pengalaman dan Profesionalitas Manajer Investasi

Untuk bisa melihat sebuah profesionalitas dari manajer investasi reksadana, kamu bisa melihatnya dari berapa lama MI tersebut beroperasi. Semakin banyak pengalaman dari manajer investasi tersebut, maka profesionalitasnya pun kemungkinan semakin baik.

Pasalnya, MI yang sudah memiliki jam terbang tinggi kemungkinan sudah melewati good times dan bad times di pasar modal. Sebagai catatan, pastikan untuk tidak lupa mengamati manajemen MI tersebut apakah memiliki prestasi yang baik atau tidak. Kamu dapat melihatnya melalui fund fact sheet dan prospektus reksadana.

  1. Cek Asset Under Management Manajer Investasi

Cara berikutnya untuk bisa mendapatkan manajer investasi yang tepat ialah dengan mengecek asset under management dari MI tersebut. Hal ini penting kamu lakukan untuk bisa mengetahui seberapa besar dana yang dikelola oleh perusahaan manajer investasi tersebut.

Semakin besar dana investasi reksadana yang dikelola oleh MI, artinya semakin banyak orang yang telah mempercayakan dana investasinya pada manajer investasi tersebut. Hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih manajer investasi tersebut. 

  1. Gaya Investasi Manajer Investasi

Pada dasarnya, reksadana memiliki 4 produk investasi, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Meskipun demikian, manajer investasi tetap memiliki gayanya tersendiri dalam mengelola investasi.

Misalnya, MI X dan MI B sama-sama menginvestasikan dananya di reksadana saham. MI X bisa saja memiliki strategi untuk menginvestasikan dana tersebut ke saham-saham blue chip. Sementara itu, MI Y menggunakan strategi yang memadukan blue chip dengan saham-saham second liner atau third liner.

  1. Pastikan Kualitas Layanan Manajer Investasi

Sebuah manajer investasi bisa terbukti kualitasnya ketika kamu sudah mencobanya sendiri. Karena itu, salah satu cara untuk membuktikannya ialah dengan mencoba berinvestasi di manajer investasi tersebut.

Dengan mencoba sendiri, kamu bisa mendapatkan bukti yang nyata mengenai promo-promo yang diberikan oleh manajer investasi. Selain itu, kamu bisa lebih percaya dengan manajer investasi tersebut.

digibank by DBS: Siap Memberikan Manajer Investasi Tepat dan Tepercaya

C:\Users\alini\Documents\New Project\Indonesian Writer\2022\Maret\241.jpg

Apakah saat ini kamu tertarik untuk berinvestasi reksadana dan sedang mencari manajer investasi tepercaya? Tepat sekali mampir ke sini, digibank by DBS akan mempersiapkan manajer investasi yang tepat untuk kamu. Bersama digibank by DBS, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut. 

  • Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi

Nikmati cara investasi reksadana online yang mudah dalam satu aplikasi saja. Hanya dengan Aplikasi digibank by DBS saja, kamu sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi mulai dari daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli, hingga switch reksadana dalam satu aplikasi saja.

  • Tersedia Lebih dari 50 Produk Reksadana

Bukan hanya menawarkan cara investasi reksadana online yang mudah, digibank by DBS juga dapat menghadirkan lebih dari 50 produk reksadana. Pilih produk investasi reksadana yang kamu inginkan suka-suka, jangan lupa perhatikan profil risiko yang ditawarkannya.

  • Pilih Lebih Mudah dalam 3 Kategori

Hanya digibank by DBS yang menawarkan 3 pilihan kategori produk reksadana untuk investornya. Kategori ini akan mempermudah kamu dalam menentukan pilihan. kamu bisa memilih investasi reksadana dalam kategori kinerja terbaik, terpopuler, ataupun scoring terbaik.

  • Beli Secara Berkala dengan Fleksibel

Nikmati kemudahan pada saat melakukan pembelian investasi berkala. Bersama digibank by DBS, kamu tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk melakukan transaksi berikutnya. 

Cukup melakukan registrasi pertama untuk mendapatkan SID, selanjutnya kamu bisa menikmati cara investasi reksadana online seperti pembelian berkala dengan lebih fleksibel. 

  • Investasi Awal Rp100 Ribu

digibank by DBS ingin mengajak siapa saja untuk menikmati kemudahan investasi bersamanya. Karena itu, minimal investasi yang ditetapkan hanya mulai dari Rp100 ribu saja. dengan nominal yang relatif kecil ini, siapa saja dapat menikmati dan mendapatkan keuntungan dari reksadana.

Investasi reksadana bersama manajer investasi tepercaya sudah pasti dapat memberikan keuntungan. Selain itu, proses investasi juga akan berjalan dengan lebih aman. Jadi, tunggu apa lagi? Siapkan uang Rp100 ribu, dan beli reksadana bersama digibank by DBS, sekarang!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar