Jumat, 18 Maret 2022

10 Fasilitas yang Diharapkan Karyawan Selain Gaji

 


Salah satu fasilitas yang diharapkan oleh karyawan selain gaji adalah car ownership program. Apakah Anda tahu apa itu? Fasilitas tersebut adalah sebuah program kepemilikan mobil atau kendaraan roda empat bagi karyawan lokal yang berada di level Manager ke atas dan statusnya adalah karyawan. Seorang karyawan yang mendapatkan fasilitas tersebut akan tetap membayar 30% dari harga aktual mobil baru.


Biasanya, pemotongan gaji akan dilakukan selama 60 bulan agar bisa menjadi milik karyawan. Syarat minimal seorang karyawan mendapat fasilitas ini rata-rata 3 sampai 5 tahun bekerja. Namun, untuk bisa mengajukan program tersebut tentu harus disesuaikan dengan kinerja seorang karyawan dalam memberikan profit kepada perusahaannya.


Fasilitas Selain Gaji yang Diharapkan oleh Karyawan


Bagi perusahaan kecil, mungkin fasilitas gaji dan bonus sudah termasuk mewah. Namun, jika Anda bekerja pada perusahaan yang besar, tentu ingin mendapatkan fasilitas terbaik sehingga bekerja terasa lebih efisien, bukan? Lalu, apa saja, sih, fasilitas yang diharapkan oleh karyawan selain mendapatkan gaji?


1.     Tunjangan Transportasi

Salah satu fasilitas yang sebenarnya harus diberikan oleh karyawan adalah tunjangan transportasi. Seperti yang diketahui, berada di kota yang besar tentunya perusahaan harus memperhatikan poin fasilitas ini. Apalagi tidak sedikit karyawan yang ternyata tempat tinggalnya jauh dari kantor. Alhasil, dalam satu bulan saja sudah menghabiskan banyak uang hanya untuk transportasi.


Belum lagi jika seorang karyawan tersebut jenis pekerjaannya adalah sales atau account manager. Jenis pekerjaan ini tentunya mengharuskan seorang karyawan untuk bisa pergi ke sana kemari agar bisa bertemu klien di luar kantor.


Saat seorang karyawan menggunakan kendaraannya sendiri, apakah perusahaan ikut bertanggung jawab terhadap uang bensin atau hal lainnya. Hal ini penting diketahui untuk bisa mendapatkan fasilitas transportasi. Nah, bagi Anda yang kendaraanya masih dalam bentuk kredit atau baru ingin mengajukan kredit, bisa menggunakan aplikasi maybank finance.


2.     Tunjangan Tempat Tinggal

Fasilitas yang diharapkan oleh seorang karyawan selain gaji adalah tempat tinggal. Apalagi jika seorang karyawan diharuskan untuk pindah ke luar kota. Oleh karena itu, pastinya karyawan menginginkan jika perusahaan sudah mengatur tempat tinggal untuknya. Adanya fasilitas ini tentu bisa memudahkan karyawan untuk pindahan secara langsung.


Sebelum memutuskan untuk bersedia pindah ke luar kota, ada baiknya untuk mengetahui lebih dalam fasilitas apa saja yang bisa didapatkan. Hal ini akan membantu mengurangi terjadinya masalah yang tidak diinginkan atau setidaknya yang bisa membuat Anda merasa repot saat berada di kota baru.


3.     Katering Makan Siang


Salah satu fasilitas yang masih jarang diterapkan oleh perusahaan besar adalah katering makan siang. Padahal hal ini sangat penting dan diharapkan oleh sebagian besar karyawan. Dengan adanya katering makan siang, karyawan yang tidak membawa bekal tidak perlu bingung harus makan apa siang nantinya.


Selain itu, dengan adanya fasilitas ini, karyawan bisa menghemat pengeluaran bulanannya. Belum lagi Anda mungkin bisa melakukan request menu yang sesuai dengan kondisi ketika mempunyai alergi sehingga tetap bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Jika perusahaan tempat bekerja belum menerapkan fasilitas ini, tidak ada salahnya untuk menanyakan apakah kompensasi uang makan siang termasuk dalam gaji atau tidak.


4.     Asuransi atau Jaminan Kesehatan

Salah satu fasilitas penting yang harus didapatkan oleh seorang karyawan adalah asuransi atau jaminan kesehatan. Beberapa perusahaan tampak lupa untuk menyediakan fasilitas ini, terutama di perusahaan yang jenis pekerjaannya terbilang cukup serius dan rentan terjadinya kecelakaan. Bisa dibilang fasilitas ini wajib didapatkan oleh setiap karyawannya.


Apalagi sudah ada undang-undang yang mengatur hal tersebut. Saat seorang karyawan terdaftar ke dalam jaminan kesehatan, maka perusahaan akan menanggung biaya pengobatannya jika karyawan mengalami sakit atau kecelakaan. Biasanya perusahaan menyediakan jaminan kesehatan berupa BPJS dan asuransi kesehatan swasta.


5.     Uang Pesangon

Fasilitas lainnya yang tentu sangat diharapkan oleh karyawan adalah uang pesangon. Fasilitas ini berupa dana yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan saat terjadinya pemutusan hubungan kerja atau PHK. Sifat dari pemberian uang pesangon ini adalah wajib untuk perusahaan. Namun, besaran uangnya berbeda dan bergantung dari masa kerja seorang karyawan.


6.     Cuti Tahunan

Ada lagi fasilitas yang ingin didapatkan oleh karyawan, yaitu cuti tahunan. Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, setiap perusahaan wajib memberikan cuti 1 hari per bulan kepada setiap karyawannya. Dengan kata lain, karyawan akan mendapatkan 12 hari cuti dalam satu tahun. Sebagian besar karyawan akan berusaha memanfaatkan fasilitas ini.


7.     Fasilitas Olahraga

Tidak sedikit karyawan yang akan mengharapkan fasilitas olahraga ada di perusahaannya. Hal ini tentu sangat membantu saat karyawan sedang merasa stres atau terlalu lelah karena duduk seharian. Dengan adanya fasilitas olahraga, tentu setiap karyawan akan tetap sehat dan berada dalam kondisi yang fit. Apalagi di masa sekarang yang masih pandemi seperti ini.


8.      Jam Kerja Fleksibel

Bisa dibilang, waktu jam kerja yang fleksibel menjadi fasilitas yang diharapkan selain gaji. Apalagi di masa pandemi di mana sistem kerjanya adalah work from home. Dengan adanya jam kerja fleksibel tentu akan membuat karyawan tidak merasa jenuh atau stres.


9.      Cuti Hamil dan Melahirkan

Cuti hamil dan melahirkan menjadi salah satu fasilitas khusus wanita yang sangat diidamkan. Perusahaan bisa memberikan jatah cuti hamil dan melahirkan sebanyak 3 bulan. Secara umum biasanya 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 setelah melahirkan.


10.     Upah Lembur

Tidak sedikit perusahaan yang tidak menerapkan upah lembur. Padahal fasilitas ini sangat diharapkan selain gaji oleh karyawan. Perusahaan bisa menetapkan besaran upah lembur sesuai dengan jam di luar kerja yang sudah disepakati.


Bagi Anda yang mengharapkan fasilitas car ownership program selain gaji, maka bisa mencobanya di Maybank Finance. Mobil impian bisa dibeli dengan cara kredit, lho. Belum lagi Maybank Finance menyediakan bunga yang lebih murah dan tenor lebih panjang. Jadi, ingin mencobanya dari sekarang?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar