Selasa, 08 Februari 2022

Mengenal Rumah Lelang dan Keuntungan Membeli Hunian Tersebut


Rumah lelang menjadi salah satu istilah yang pasti sudah sering kamu dengar saat ini. Rumah lelang merupakan rumah hasil sitaan bank karena pemilik sebelumnya tidak dapat meneruskan pelunasan pinjaman KPR. 


Umumnya bank akan menyeret atau menarik rumah alias menyita ketika debitur benar-benar tidak bisa melunasi KPR lagi. Rumah yang dilelang akan ditawarkan ke debitur lain dengan harga yang lebih murah. Menurut sumber rumah 123, properti lelang bisa lebih murah hingga 10% dibandingkan rumah baru.

Mengenal rumah lelang

Umumnya rumah lelang dipasarkan atau dipromosikan lewat bank yang menarik atau menyita properti tersebut dari debitur. Pemasaran rumah lelang pun biasanya dilakukan melalui banyak channel seperti website, acara offline atau melalui e-commerce properti yang bekerja sama dengan bank. 


Bagi kamu yang ingin mencari properti lelang, disarankan untuk mencari tahu sumber atau penyelenggara yang tepercaya. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan dalam mencari rumah lelang.


  • Pertama pastikan kamu mencari informasi rumah lelang ke pihak tepercaya. Kamu bisa melakukan atau menemukan informasi rumah lelang di bank, kerabat yang bekerja di divisi pembiayaan rumah/mortgage dan mengunjungi website resmi perusahaan penjualan properti seperti Pinhome, 99.co, dan lain-lain.

  • Kedua, pastikan kamu memahami informasi mengenai profil rumah. Misalnya apakah rumah tersebut rumah baru atau lama, lalu cek juga kondisi bangunannya, harga, lokasi rumah dan juga profil lingkungan rumah tersebut. 

  • Ketiga pastikan kamu juga mengunjungi bangunan fisik rumah agar bisa melihat langsung kondisi hunian. Kamu pun bisa langsung melihat dan mengobservasi lingkungan di sekitar rumah.

  • Umumnya harga rumah lelang lebih murah dari properti baru atau seken. Sebelum melakukan pembelian atau ikut lelang, pastikan kamu juga mengecek properti lain sebagai pembanding.

Keuntungan membeli hunian lelang

Setelah kamu membaca mengenai rumah lelang di atas, sekarang saatnya kamu membaca mengenai keuntungan membeli rumah lelang. Yuk kita cek pembahasan berikut!

Harga lebih murah

Harga rumah lelang umumnya lebih murah. Hal ini menjadi salah satu keuntungan utama ketika kamu ingin membeli hunian lelang. Namun, jangan tergiur harga murah saja ya, kamu pun harus melakukan pengecekkan properti langsung. 

Lingkungan sekitar sudah berkembang

Biasanya properti lelang ini memiliki area lingkungan yang sudah jadi atau dengan kata lain sudah berdiri. Jadi, keuntungan kedua yang bisa kamu rasakan dengan membeli hunian lelang ini adalah lingkungan yang nyaman. Untuk meyakinkan lagi, pastikan kamu melakukan observasi langsung ke lokasi properti ya.

Fasilitas masih layak digunakan

Fasilitas umum biasanya sudah terdapat di sekitar rumah lelang. Ini tentu akan membantu para pencari rumah karena lingkungan sekitar dan strategis atau tidak menjadi pertimbangan yang besar. 

Jika beruntung, rumah sudah full furnished

Apabila kamu beruntung dalam mencari rumah lelang, kamu bisa menemukan hunian yang full furnished. Artinya rumah tersebut juga sepaket dengan isi rumah. 


Namun, sebelum melakukan pembelian rumah lelang kamu harus benar-benar melihat kondisi bangunan. Tujuannya untuk memastikan jumlah yang harus kamu keluarkan untuk biaya renovasi jika ada. 


Membeli rumah lelang, baik itu lelang rumah jakarta pusat, atau di daerah lain memang bisa menjadi opsi ketiga jika kamu kurang tertarik mencari rumah baru dan seken, namun harus tetap bijak memilih ya. Pilih dan beli rumah lelang di portal yang tepercaya saja, karena ini berkaitan dengan masa depan kamu dan rumahmu.


Semoga informasi di atas berguna ya. Semangat mencari rumah lelang!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar