Sabtu, 05 Januari 2019

6 Museum di Jakarta yang Instagramable, Wajib kamu Kunjungi hanya Naik Bus


Awal-awal main ke kota Jakarta pasti bingung mau kemana, alih-alih Monas jadi tujuan utama. Padahal nih banyak banget tempat unik dan bersejarah di Ibukota yang wajib banget kamu kunjungi, tidak hanya untuk kebutuhan feed instagram, tapi juga mendapatkan pengetahuan baru soal sejarah. Nah, coba deh kamu mengunjungi beberapa museum yang instagramble di Jakarta ini. Dijamin kunjunganmu ke Jakarta pasti berkesan.

1. Museum Nasional

Sumber Gambar: jakartatraveller.com
Museum Nasional Republik Indonesia atau biasa disebut Museum Gajah, adalah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat 12. Menurut Wikipedia, Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Beralamat di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. Kenapa disebut Museum Gajah?

Karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871. Kadang kala disebut juga “Gedung Arca” karena di dalam gedung memang banyak tersimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode.

Museum Gajah banyak mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Antara lain arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga. 

Selain itu, Museum Nasional Indonesia memiliki aktivitas setiap minggunya yang dimaksudkan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap sejarah, artefak, dan museum. Setiap akhir pekan pagi hingga siang hari di Hall B selalu ada kegiatan seperti membatik, belajar tari tradisional, dan Pentas Dongeng yang bekerja sama dengan Teater Koma. Pentas Dongeng membawa peserta mempelajari masa lalu melalui cerita menarik dan lakon yang mudah dipahami.

2. Art:1 Museum


Sumber Gambar: harnas.co
Art: 1 Museum merupakan ruang galeri dan pameran komersial khusus lukisan & patung kontemporer karya seniman Indonesia. Lokasiya di Rajawali Selatan Raya No.3, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720.

Pada tahun 2011museum ini mengalami relokasi ke ruang pameran yang lebih besar dan lebih lengkap di Kemayoran yang disebut  Art:1. Bangunan seluas 4.000 meter persegi ini menawarkan produk dan layanan yang didedikasikan untuk pameran seni, kegiatan bagi siswa seni Indonesia.

Museum ini menampilkan koleksi karya seni asli oleh seniman Indonesia, menawarkan layanan untuk restorasi seni, konservasi dan penilaian. Museum ini juga menyelenggarakan program pendidikan semi formal yang meliputi seminar seni, diskusi, lokakarya dan apresiasi seni

3. Museum di Tengah Kebun


Sumber Gambar: goodnewsfromindonesia.id
Museum di Tengah Kebun merupakan museum penyimpanan kurang lebih 4.000 koleksi seni dan sejarah dari Indonesia juga luar negeri. Kenapa museum ini di sebut museum di tengah kebun? Sudah pasti karena museum ini dibangun di tengah kebun seluas 3.500 m². Nah alamatnya berada di Jalan Kemang Timur Raya Nomor No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730

Koleksi Museum di Tengah Kebun dibagi ke dalam 17 ruangan yang dinamakan sesuai dengan koleksi yang paling mendominasi. Misalnya, Ruang Buddha yang berisi koleksi patung Buddha dari berbagai negara Ruang Dewi Sri (Dewi Padi) yang sebagian besar berisi peralatan dapur, arca, dan guci dari masa lampau. Ruang Loro Blonyo yang berisi patung Loro Blonyo, dan Ruang Wilhelm yang berisi lukisan Raja Wilhelm dari Jerman.

Beberapa koleksi yang paling banyak diminati di Museum di Tengah Kebun adalah arca Ganesha di tengah taman yang dipahat pada tahun 800-an di daerah Jawa Tengah, kenong gamelan Jawa Timur yang dibuat pada akhir 1800-an. 

4. Magic Art 3D Museum Jakarta


Sumber Gambar: http://www.magicartjakarta.com
Taman bermain budaya "Museum Seni Sulap 3D Jakarta" memperkenalkan seni ilusi optik ke Indonesia dan telah mengubah sebuah museum, yang awalnya hanya dapat dinikmati hanya dengan melihat, menjadi sesuatu yang bisa dinikmati tidak hanya dengan melihat tetapi juga dengan mendengarkan dan menyentuh.

Museum ini terdiri dari tujuh tema - Seni karya, Seni hewan, Seni samudera, Seni hidup, Seni Dinosaurus, Seni petualangan, dan Labirin Cermin. Dii museum ini, pengunjung bisa mengubah imajinasi menjadi kenyataan. Kamu benar-benar dapat berpartisipasi dengan melihat, mendengarkan dan menyentuh.

Museum Seni Sulap 3D Jakarta terletak di dekat Alun-Alun Fatahlillah di Kota Tua  Jakarta. Museum ini juga menampung berbagai arsitektur abad ke-17 dan objek wisata bersejarah. Sekitar 2.000 meter persegi ruang pameran dalam ruangan yang nyaman dan luas, Dengan akses mudah museum ini wajib banget kamu kunjungi kalau dating ke kota Jakarta.

5. Museum Sejarah Jakarta


Sumber Gambar: id.wikipedia.org
Museum satu ini menjadi tujuan wisata yang sama populernya dengan Monas, biasa disebut dengan Museum Fatahillah, memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat. Bangunan ini dahulu merupakan balai kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712. Di pelataran museum ini, terdapat banyak hiburan seperti sewa sepeda tua yang menjadi icon tersendiri dari museum ini. Khas dengan topi pengendara sepeda, bak bersantai di pantai.

Bangunan ini dahulu merupakan balai kota Batavia. Bangunan ini menyerupai Istana Damdi Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Pada tanggal 30 Maret 1974, bangunan ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Objek-objek yang dapat ditemui di museum ini antara lain perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, yang merupakan perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Tiongkok, dan Indonesia. Juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini terdapat di berbagai ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang Batavia.

6. Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara)


Sumber Gambar: elle.co.id
Jika berkunjung ke Jakarta, rugi rasanya jika tidak berkunjung ke Museum Macan, bukan untuk melihat Macan, tapi museum seni ini sangat instagramable, sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di Kebon Jeruk. Museum ini menjadi museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni Indonesia dan internasional, modern juga kontemporer dari Indonesia dan seluruh dunia. Lokasinya berada  di AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan No.5, Kb. Jeruk, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530.

Ini hanya sebagian kecil dari banyaknya museum bersejarah dan instagramble di Jakarta, untuk transportasi, kamu bisa menggunakan bus. Khusus untuk kamu yang tinggal di Bandung dan Bekasi, ada rekomendasi bus yang sudah terjamin pelayanannya dalam hal transportasi antar kota, yaitu Areon Trans.

Layanan utama Areon Trans adalah dalam penyediaan shuttle bus (travel) untuk perjalanan pulang pergi dari dan ke Jakarta, Bandung, serta Bekasi. Untuk layanan ini, Areon Trans hanya menggunakan armada terbaru dari Toyota HiAce. Karena ukurannya yang cukup besar, armada tersebut dapat memberikan ruang yang luas dan lega untuk menjamin kenyamanan penumpang dalam perjalanan panjang. Koneksi WiFi gratis juga tersedia dalam armada untuk menemani perjalanan.

Tak hanya itu, armada Areon Trans juga memiliki fasilitas tracking GPS untuk memudahkan penumpang memantau posisi dan kondisi perjalanannya. Areon Trans pun sangat memperhatikan jadwal keberangkatannya demi memastikan penumpang selalu berangkat dan tiba tepat waktu.

Untuk memudahkan perjalanan wisata kamu menuju Jakarta dari Bandung atau Bekasi, bisa langsung Booking Areon Trans melalui Traveloka.

Alamat lengkap Areon Trans di Bandung ada di Bandung Trade Center, Jl. Dr. Djunjunan No. 143-149, LGF C6 No. 1-8, Sukawarna, Sukajadi. Sedangkan untuk yang di Bekasi ada di  Mega Bekasi Hypermall, Jalan Jend. Ahmad Yani No. 1, GF No. 412.

Selamat menikmati wisata di kota Jakarta, jangan sia-siakan liburanmu, ingat ya banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan dengan berkunjung ke museum-museum di Jakarta. Karena di Jakarta tidak hanya ada museum sejarah, juga terdapat museum seni. Jadi, selamat menikmati.

1 komentar:

  1. Museum tengah kebun, asyik juga ya. Nggak kayak museum pada umumnya. Ini lebih menyenangkan ya.

    BalasHapus