Jumat, 22 April 2022

Mengenal Investasi Reksadana: Jenis, Keuntungan dan Tips Jitunya


Investasi Reksadana merupakan salah satu pilihan instrumen investasi yang tepat dan juga populer saat ini karena memberikan banyak keuntungan. Tidak hanya populer, investasi jenis ini juga menjadi favorit banyak orang terutama investor pemula. Atau juga  para pemodal kecil yang baru terjun ke dunia investasi dan tidak punya banyak waktu untuk menghitung risiko serta keuntungan investasi. 

Reksadana dibuat untuk menghimpun dana dari masyarakat. Kemudian dana tersebut akan diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh sang ahli yaitu Manajer Investasi. 

Jenis Investasi Reksadana

Setelah mengetahui secara singkat apa itu investasi Reksadana, berikut beberapa jenis investasi jenis ini. 

1. Reksadana Pasar Uang

Yang pertama ada Reksadana pasar uang yang merupakan investasi, yang banyak dipilih para pemula karena risikonya cukup minim. Namun meski risikonya minim keuntungan yang ditawarkan masih terbilang cukup stabil dan tidak bisa dibilang kecil. 

Reksadana jenis ini mengalokasikan dana yang Anda setor ke sektor surat utang berharga. Reksadana pasar uang juga merupakan alternatif bagi yang ingin melakukan investasi dengan jangka pendek karena jatuh temponya bisa di bawah 1 tahun. 

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Yang kedua ada investasi Reksadana Pendapatan Tetap. Untuk investasi jenis ini, juga merupakan jenis investasi yang memiliki risiko cukup minim dan menjadi pilihan bagi investor yang ingin melakukan investasi jangka panjang. 

Dana yang Anda investasikan ke Reksadana Pendapatan Tetap akan dialokasikan ke instrumen obligasi pemerintah dan juga swasta. Jadi tidak heran mengapa risikonya kecil karena pergerakannya juga lebih stabil.

3. Reksadana Campuran

Investasi Reksadana yang ketiga adalah campuran. Dari judulnya saja Anda pasti sudah mengetahui bahwa dana yang diinvestasikan dalam instrumen Reksadana ini lebih bervariasi ke beberapa portofolio. Umumnya dana Anda akan diinvestasikan dalam bentuk saham dan juga dikombinasikan ke obligasi.

Reksadana Campuran melakukan investasi ke beberapa portofolio adalah untuk keuntungan yang lebih tinggi dan juga risiko lebih rendah.

4. Reksadana Saham

Yang terakhir ada Reksadana Saham, di mana jenis instrumen ini merupakan jenis instrumen investasi yang memiliki risiko cukup tinggi namun untuk keuntungan atau return-nya juga besar. Anda  yang pemula dan belum memahami melakukan investasi, maka disarankan untuk tidak terlalu dini memilih instrumen saham.

Manajer Investasi akan mengalokasikan dana dari Reksadana Saham ke sebagian besar investor saham lalu sisanya ke pasar uang. 

Keuntungan Investasi Reksadana

Setelah mengetahui jenis-jenis Reksadana, kini saatnya memahami apa saja keuntungan dari pilihan instrumen investasi ini.

- Modal Minim

Salah satu keuntungan utama melakukan investasi Reksadana adalah modelnya yang cukup minim. Banyak orang menganggap bahwa investasi membutuhkan modal besar, namun kini lewat Reksadana investasi tidak perlu menunggu modal yang besar terlebih dahulu.

Anda bisa memilih investasi Reksadana hanya mulai dari 100 ribu saja, pada beberapa pilihan jenis investasi di instrumen ini. 

- Risiko Kecil

Investasi dengan Reksadana juga sangat minim risiko. Karena prinsip kerja dari investasi jenis ini adalah melakukan diversifikasi, jadi dana yang Anda investasikan akan disebar pada beberapa instrumen. 

Diversifikasi yang dilakukan Reksadana akan melindungi Anda dari kerugian besar akibat berinvestasi. Jadi ketika sedang kurang beruntung dan salah satu instrumen alami kegagalan atau kerugian, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan Reksadana dari instrumen lain.

- Fleksibel

Melakukan investasi Reksadana juga terbilang sangat fleksibel. Anda tidak lagi perlu mengunjungi perusahaan investasi karena bisa dilakukan secara online baik lewat smartphone maupun PC. Dengan begitu, Anda bisa melakukan investasi kapanpun dan dimanapun tanpa terbatas tempat dan waktu. 

Yang penting memiliki dana yang cukup untuk disetor dan juga terdapat jaringan internet yang stabil untuk melakukan pembelian Reksadana ataupun penjualan hingga switching

Tips Jitu Investasi Reksadana

Investasi Reksadana, untuk Anda para pemula tentu membutuhkan pemahaman yang tepat. Ini agar Anda bisa mendapatkan keuntungan Reksadana, seperti yang diinginkan. Berikut beberapa tipsnya. 

- Investasi awal dengan modal kecil, jika Anda baru berinvestasi dengan Reksadana maka pilih nominal yang kecil dulu untuk penyetoran di awal. Ketika dana yang diinvestasikan sedikit, maka risiko yang akan Anda tanggung nantinya juga lebih rendah jika terjadi penurunan atau kehilangan nilai.

- Belajar ilmu investasi, meski sudah ada Manajer Investasi di Reksadana yang akan membantu mengelola dana ada untuk mendapatkan keuntungan, namun sebagai investor harus tetap belajar pengetahuan mengenai investasi di Reksadana. Minimal mengetahui apa itu Reksadana dan jenisnya, istilah-istilah yang ada di Reksadana dan juga faktor-faktor apa yang mempengaruhi naik turunnya nilai Reksadana.

- Tingkatkan pengalaman berinvestasi, selain itu Anda juga perlu meningkatkan pemahaman dalam investasi Reksadana dengan ilmu-ilmu yang lebih terkini dan terupdate. Hal ini tidak hanya bisa dipelajari lewat teori tapi langsung praktek juga bisa. 

- Pilih produk Reksadana sesuai kemampuan, agar Anda bisa menikmati keuntungan pada investasi Reksadana maka sebaiknya pilih produk Reksadana yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Apalagi jika melakukan investasi untuk beberapa tujuan, biasanya produk Reksadana yang dipilih juga akan berbeda. Maka dari itu, penting memiliki perencanaan yang tepat sebelum berinvestasi.

Pilih digibank by DBS Untuk Investasi Reksadana



Salah satu tempat yang tepat untuk melakukan investasi Reksadana adalah digibank by DBS. Alasannya tentu saja karena terdapat Aplikasi digibank by DBS yang bisa Anda manfaatkan untuk investasi secara online. Apa saja keuntungan yang didapatkan berinvestasi di digibank by DBS?

- Kategori terbagi 3 yaitu Reksadana dengan pilihan kinerja terbaik, terpopuler dan juga scoring terbaik. Makanya merupakan jenis investasi yang lebih banyak dipilih terutama untuk para milenial.

- Banyak pilihan produk, pada Aplikasi digibank by DBS terdapat banyak pilihan produk Reksadana hingga 50 produk. Dengan begini, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

- Mudah berinvestasi, investasi Reksadana di digibank by DBS sangat mudah. Mulai dari daftar SID atau Single Investor Identification, jual beli Reksadana hingga switching hanya pada satu aplikasi yang bisa diakses lewat smartphone.

- Investasi modal kecil, berinvestasi di Reksadana lewat digibank by DBS bisa dilakukan dengan modal yang kecil yaitu mulai dari Rp100.000 saja. Anda yang pemula bisa memilih investasi yang cukup fleksibel ini.

- Pembelian berkala, Anda bisa melakukan pembelian Reksadana di Aplikasi digibank by DBS secara berkala tanpa harus menyetor seluruh dana Anda untuk investasi. Hal ini sangat fleksibel, karena Anda bisa melihat dulu bagaimana peluang pasar apakah sedang menguntungkan atau tidak.

Itu tadi penjelasan seputar investasi Reksadana, jenis Reksadana, keuntungan dan tips jitu melakukan investasi lewat instrumen ini. Kemudahan dalam berinvestasi dengan Reksadana hanya pilih lewat digibank by DBS. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar