Kamis, 21 April 2022

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja, Berikut yang Paling Sering Diajukan & Contoh Jawabannya


Sejak pandemi, banyak pekerja yang di-PHK. Kini setelah suasana sudah mulai normal, saatnya untuk kembali melamar kerja. Apalagi bila melamar ke perusahaan BUMN yang kini sedang open recruitment butuh beberapa tahapan untuk sampai ke tahap wawancara, pasti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan, harus cari tahu dulu nih latar belakang perusahaan dan pelajari pertanyaan apa ya kira-kira yang akan diajukan dan bagaimana jawaban interview kerja yang cocok.


Pertanyaan yang paling umum dan awal banget bakal diajukan adalah:


1. Coba ceritakan tentang diri kamu?


Pertanyaan basic tentang perkenalan diri, terkadang sering sekali para pelamar kerja malah curhat dan oversharing padahal perusahaan tidak membutuhkan itu. Ingat ya kamu hanya perlu menceritakan tentang dirimu yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Seperti baground pendidikan, alasan kenapa kamu memilih posisi yang kamu lamar, beserta dengan pengalaman, jika belum ada pengalaman, kamu bisa ceritakan tentang mata kuliah dan tugas yang relevan. 


Contoh jawaban:


“Perkenalkan, nama saya Suci. Lulusan S1 Ilmu Akuntansi Universitas A. Saya memiliki minat yang tinggi pada bidang Akuntansi. Saya aktif dalam organisasi Himpunan Mahasiswa dan Klub Akuntansi dan menjuarai beberapa perlombaan Akuntansi. Saya juga bergabung dalam komunitas bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan menambah relasi. Hal-hal tersebut saya lakukan dengan tetap fokus pada akademis, sehingga saya dapat lulus tepat waktu. Saya senang belajar dan mencoba hal baru. Dengan bekal pengalaman dan kemampuan yang saya miliki, saya harap dapat berkontribusi untuk perusahaan ini.”


2. Apa kelebihan kamu?

Pertanyaan ini akan selalu ada saat wawancara, jadi kamu harus mempersiapkannya. Karena pertanyaan ini HRD perusahaan ingin mengetahui apa kelebihanmu dan kesesuaian kelebihanmu dengan posisi yang kamu lamar. Oleh karena itu kamu harus mengetahui apa kemampuanmu yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Untuk menjawab pertanyaan ini, cari tahu skill yang dibutuhkan untuk posisi tersebut, lalu cocokkan dengan kelebihan yang kamu punya. Ceritakan contoh penerapan kelebihan itu untuk pekerjaan dengan pengalaman yang sudah ada.


Contoh jawaban: “Saya memiliki kemampuan menghitung dan ketelitian yang baik, Dengan kemampuan ini, saya dapat mengerjakan dan menyelesaikan laporan dengan baik. Saya juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, dengan komunikasi yang baik juga, koordinasi dengan anggota tim berjalan baik. Pekerjaan sebagai Akuntan, memerlukan skill menghitung dan ketelitian, juga kecekatan. Oleh karena itu, kemampuan ini sangat diperlukan untuk pekerjaan ini.”


3. Apa yang kamu ketahui tentang posisi ini?


Kamu harus mengetahui deskripsi pekerjaan yang hendak kamu lamar. Apa saja tugas utamanya dan apa saja skill yang diperlukan. HRD atau user ingin mengetahui sejauh mana kamu paham dan memastikan bahwa kamu tidak benar-benar asing dengan posisi yang dilamar. Karena perusahaan tidak ingin menerima pekerja yang 'masih ingin belajar' karena ini bukan perusahaan magang. Kamu bisa cari tahu pada orang yang sudah pernah bekerja di posisi yang sama atau cari info profil perusahaannya di internet. 


Contoh jawaban: “Posisi yang saya lamar adalah sebagai Akuntan, yang mana tugas utamanya adalah membuat laporan keuangan. Saya juga sudah membaca beberapa profil perusahaan beserta posisi tersebut.


4. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini? 


Tentunya sebelum melamar pekerjaan, kamu harus mencari tahu dulu profil perusahannya sesuai tidak dengan latar belakang pendidikan dan pengalamanmu. HRD yang mewawancara tentu ingin tahu seberapa jauh kamu mengenal perusahaan yang kamu lamar. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan riset tentang profil perusahaan dan informasi yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar.


Contoh jawaban: “Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang Saham dan merupakan salah satu yang terbaik di bidangnya. Inovasi yang ditawarkan juga sangat inovatif dan terbukti paling diminati bahkan saat pandemi seperti ini. Saya yakin di perusahaan ini, saya bisa lebih banyak belajar dan berkembang sesuai minat dan kemampuan saya.”


5. Kenapa kami harus menerima kamu di perusahaan ini? 


Di ujung wawancara, biasanya HRD akan menanyakan pertanyaan ini. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menjelaskan professional skills atau personal qualities yang membuat kamu terlihat lebih unggul dibanding calon pegawai lain. Hindari untuk memberi jawaban personal seperti “Karena saya butuh pekerjaan Pak/Bu, tolong diterima, ya.” atau “Karena saya sudah melamar kesana kemari tapi belum diterima.” dan lain sebagainya. 


Contoh jawaban: “Dari kemampuan saya dalam menganalis data, saya saya merasa sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Saya juga memiliki kemampuan manajemen waktu yang menjadi salah satu kelebihan yang saya miliki. Saya akan memberikan yang terbaik jika diberi kesempatan bergabung di perusahaan ini.”


Itulah 5 pertanyaan umum yang pasti ada dalam wawancara interview kerja serta contoh jawabannya. Semoga kamu bisa mendapatkan perkerjaan yang sesuai dan kamu inginkan. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar