Senin, 27 Februari 2023

Siapkan Dana Melahirkan Sejak Dini? Simak Alasannya!


Pasangan yang baru menikah dan berencana ingin langsung memiliki momongan sebaiknya mempersiapkan dana persalinan sejak dini. Hal ini penting Anda dan pasangan lakukan agar tidak mengganggu kondisi finansial keluarga. Untuk mempermudah persiapan biaya kelahiran ini Anda butuh digital banking


Apa itu digital banking? Yaitu layanan perbankan yang bisa diakses nasabah secara daring sehingga lebih mudah dan cepat. Anda dapat memanfaatkannya untuk menabung atau membeli instrumen investasi sebagai dana persiapan persalinan. 

Alasan Mempersiapkan Dana Melahirkan Sejak Dini


Siapkan biaya kelahiran jauh-jauh hari. Saat dua garis biru tanda kehamilan muncul, Anda dan pasangan harus mulai menabung. Semakin matang persiapan akan semakin baik, mengingat saat ini biaya persalinan memerlukan dana yang tidak sedikit. 

Tidak hanya biaya saat melahirkan, namun selama kehamilan dan pasca melahirkan harus menjadi perhatian. Anda bisa membagi tiga pos besar pengeluaran, yaitu : 

- Biaya Pra atau sebelum persalinan antara lain mencakup biaya rutin periksa kandungan, biaya USG, obat- dan vitamin, pre natal dan senam hamil.

- Biaya persalinan yang meliputi biaya dokter, obat, infus dan perawatan bayi selama di rumah sakit.

- Biaya Pasca persalinan antara lain meliputi biaya imunisasi atau vaksinasi dan aqiqah bagi muslim. 

Siapkan juga dana darurat untuk mengantisipasi jika diharuskan tindakan operasi Caesar karena alasan medis. Atau kondisi bayi yang butuh perawatan khusus atau neonatal intensive care unit (NICU) setelah kelahiran.

Persiapan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari akan membuat hati tenang. Ketika nanti mendekati hari persalinan, Anda dan pasangan tak perlu repot lagi memikirkan soal biaya dan dapat lebih fokus dalam menanti kehadiran si buah hati. 

Tips Menyiapkan Biaya Persalinan dengan Aman 


Persalinan memang membutuhkan biaya tinggi, namun bukan berarti tidak bisa diantisipasi. Dengan persiapan yang matang, Anda bisa mengelola keuangan secara tepat dan permasalahan biaya persalinan bisa teratasi.

Nah, berikut ini perencanaan keuangan dan tips berhemat untuk menyiapkan biaya persalinan yang bisa Anda dan pasangan lakukan :

  1. Ketahui Informasi Besaran Biaya Melahirkan


Untuk menyiapkan berapa dana yang harus terkumpul saat persalinan, Anda harus mencari informasinya dulu. Tanyakan estimasi besaran biaya melahirkan terkini pada bidan atau dokter kandungan yang menangani persalinan. 

Anda juga dapat melakukan survei tempat persalinan agar tahu berapa kebutuhan yang sebenarnya.Tanyakan secara detail mengenai biaya persalinan, pilihan kamar yang tersedia dan perawatan selama beberapa hari pasca persalinan. 

Hal ini penting untuk memastikan kisaran anggaran biaya yang harus Anda persiapkan. Setelah mengetahui, Anda dan pasangan bisa mulai melakukan langkah-langkah penghematan dan pengelolaan keuangan secara cermat. 

  1. Buat Skala Prioritas Kebutuhan Rumah Tangga


Upaya mengatur keuangan yang pertama Anda lakukan setelah mengetahui estimasi besaran biaya-biaya persalinan yang meliputi biaya kehamilan, saat melahirkan dan pasca melahirkan adalah menyusun skala prioritas kebutuhan rumah tangga.  

Umumnya, kebutuhan rumah tangga pasca menikah lebih kompleks. Oleh karena itu, penting menentukan prioritas. Penuhi kebutuhan primer rumah tangga, sementara yang sekunder dan tersier bisa dialihkan ke tabungan persalinan.

  1. Kurangi Alokasi Dana Untuk Pengeluaran yang Kurang Penting


Saat sedang hamil, calon ibu seringkali tergoda membeli pernak-pernik bayi yang lucu dan menggemaskan. Hal ini wajar saja, namun harus bisa mengontrol diri agar tidak belanja berlebihan dan membeli yang sebetulnya kurang dibutuhkan. Buatlah list kebutuhan bayi yang penting dan memang perlu dibeli. Contohnya pakaian bayi, singlet, selimut, gendongan, bedong, sarung tangan, kaos kaki dan popok.

  1. Buka Rekening Tabungan Rencana


Agar bisa rutin dan tidak lalai menabung setiap bulan, Anda perlu menabung di tabungan rencana yang memiliki fasilitas auto debet. Untuk memudahkan, Anda bisa memanfaatkan digital banking

Apa itu digital banking, telah dijelaskan pada awal artikel. Prinsipnya adalah Anda dapat melakukan transaksi dan kegiatan perbankan secara daring. Anda bisa buka rekening tabungan melalui aplikasi di smartphone tanpa perlu datang ke bank untuk mengisi formulir dan verifikasi. 

  1. Pertimbangkan untuk Investasi Jangka Pendek


Selain menabung, Anda bisa menyimpan biaya persalinan dalam bentuk deposito. Deposito lebih menguntungkan karena bunga atau bagi hasilnya lebih tinggi. Deposito tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu sehingga Anda tidak tergoda menggunakannya untuk keperluan lain selain untuk biaya persalinan.  

Tersedia pilihan deposito dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan hingga 6 bulan. Untuk membuka rekening deposito Anda juga lewat memanfaatkan digital banking agar lebih praktis dan hemat waktu.  Selain deposito, investasi lain yang bisa Anda pertimbangkan yaitu investasi reksadana pasar uang jangka pendek yang memiliki risiko kecil.

  1. Gunakan Fasilitas Asuransi atau BPJS


Jika Anda pegawai kantoran, biasanya akan mendapatkan fasilitas berupa asuransi kesehatan. Cek  apakah asuransi dari kantor menanggung biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan? Jika ya, cari tahu berapa plafon yang disediakan dan apa saja persyaratannya. 

Apabila kantor tidak menyediakan fasilitas asuransi kesehatan, Anda bisa menggunakan fasilitas BPJS dari pemerintah. BPJS sudah banyak membantu calon ibu untuk menekan biaya persalinan bahkan gratis. Memang prosesnya agak dan kurang praktis, karena itu Anda harus memahami persyaratan yang berlaku. 

Manfaatkan Digital Banking untuk Persiapkan Biaya Lahiran

 

Nah, jika Anda sedang mempertimbangkan membuka rekening digital untuk menunjang persiapan biaya persalinan, Aplikasi digibank by DBS merupakan pilihan tepat. Anda bisa melakukan investasi melalui Aplikasi digibank by DBS yang memiliki keunggulan sebagai berikut:

- Transaksi mudah, aman dan lengkap.

- Memiliki beragam pilihan investasi dan asuransi.

- Tersedia kartu kredit dan pinjaman. 

Dana persalinan menjadi lebih mudah dikelola berkat adanya layanan digital banking dari digibank by DBS. Kemudahan transaksi dan investasi pun bisa Anda nikmati sehingga pemenuhan biaya persalinan bisa lebih efektif. Untuk detail keterangan produk digibank by DBS, silakan cek di link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page






Tidak ada komentar:

Posting Komentar