Senin, 13 Februari 2023

Persiapan Membuat Kamar Anak yang Bikin si Kecil Betah

 


Bagi orang tua yang sudah memiliki anak dan mulai tumbuh, membuat kamar untuk buah hati sudah menjadi kebutuhan. Selain melatih kemandirian dan memupuk rasa tanggung jawab, memiliki kamar sendiri membuat buah hati merasa lebih dihargai privasinya.

Namun banyak orang tua yang harus menunda keinginan membuatkan kamar anak, lantaran modal yang dibutuhkan tidak sedikit. Jika Anda salah satunya, memanfaatkan layanan pinjaman KTA dari bank adalah ide terbaik. KTA adalah layanan kredit tanpa agunan yang disediakan oleh bank untuk membantu nasabah yang membutuhkan pinjaman dana.  

KTA bank banyak diminati karena Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa perlu menyerahkan jaminan aset berharga. Selain itu, proses pencairan dananya pun relatif cepat. Dengan mengajukan KTA, Anda akan mendapatkan modal untuk biaya membuat kamar anak. 

Dengan memiliki modal yang cukup, Anda bisa membangun kamar yang nyaman bagi anak. Namun sebelum mengajukan KTA untuk tambahan modal tersebut, Anda perlu tahu tips membuat kamar tidur anak. 

Tips Membuat Kamar Tidur Anak

Saat akan membuat kamar tidur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, mempersiapkan ruangan baru untuk anak akan berpengaruh bagi perkembangan karakter buah hati Anda.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan kamar tidur yang ideal untuk anak:

  1. Menentukan Konsep Kamar

Konsep interior menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan saat hendak membangun kamar pribadi untuk anak. Anda bisa mengajak si buah hati untuk menentukan dekorasi kamar. Keterlibatan anak menunjukkan bahwa dirinya dihargai dan diberi kesempatan mengungkapkan pendapatnya. Dengan demikian, anak bisa memiliki kamar yang membuatnya nyaman dan betah sesuai keinginannya.  

Anda bisa menyesuaikan desain kamar dengan hal-hal yang menjadi kesukaan anak. Tetapi jika anak tidak memiliki kegemaran tertentu, Anda bisa menerapkan desain kamar dengan konsep sederhana. Pastikan konsep kamar anak identik dengan dunia anak. 

  1. Pilih Material yang Aman

Saat mulai membangun kamar, semua harus dilakukan dengan cermat termasuk pemilihan material yang aman. Pastikan Anda memilih material yang tidak mengandung bahan berbahaya, mulai dari memilih cat pelapis dinding, furnitur, dan juga lantai.

Misalnya untuk dinding, gunakanlah cat aman dan mudah dibersihkan. Anda juga bisa melapisi dinding dengan wallpaper warna-warni untuk menambah kesan ceria dalam kamar. Sementara pada bagian lantai, usahakan Anda memilih material kayu yang empuk atau melapisinya dengan karpet lembut agar anak bebas bermain tanpa khawatir cedera.

  1. Pilih Furniture Berkualitas

Furniture dengan material berkualitas lebih awet, sehingga dapat digunakan jangka panjang. Hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran Anda, dibanding harus sering-sering ganti barang. Furniture berkualitas juga terbuat dari bahan bagus yang tidak gampang rusak sehingga lebih aman bagi anak.

Ada berbagai furniture yang perlu Anda beli untuk mengisi kamar anak, mulai dari ranjang tidur, lemari, meja belajar, dan lainnya. Supaya anak puas, ajak buah hati Anda memilih furniture. Biarkan anak memilih dan Anda bisa memberikan masukan mana yang cocok untuk kamar mereka.

  1. Ada Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Guna menunjang kenyamanan dan keamanan anak, kamar tidur harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Pastikan kamar anak memiliki ventilasi dan jendela agar sirkulasi udara berjalan lancar.  Posisi ventilasi dan jendela sesuai dengan kebutuhan. 

Adanya ventilasi dan jendela juga menjadi sumber cahaya alami. Masuknya sinar matahari dapat mengurangi risiko lembab dalam kamar, sehingga tidak mengganggu pernapasan anak. Sedangkan untuk pencahayaan buatan, pilihlah lampu kamar yang memiliki daya pijar tidak terlalu terang dan terlalu redup. Pastikan letak saklar lampu mudah dijangkau oleh anak dan pemasangan lampu pas untuk mengurangi risiko mata rusak.

  1. Ruang Bermain dan Belajar



Jika masih ada space kosong di kamar, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat belajar anak. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat area bermain anak. Bagaimanapun juga, dunia anak identik dengan bermain.

Memiliki area bermain akan membantu tumbuh kembang buah hati. Anak akan lebih banyak menghabiskan banyak waktu untuk bermain dan belajar di dalam kamar. Anda bisa membuat area bermain sederhana yang berisi rak mainan dan beberapa kotak penyimpanan.

Barang yang Harus Ada di Kamar Anak

Setelah kamar anak selesai dibuat, selanjutnya tinggal mengisinya dengan sejumlah barang. Ada beberapa barang yang wajib ada di kamar tidur anak. Berikut barang-barang yang harus Anda sediakan di kamar anak.

  1. Tempat Tidur 

Tempat tidur adalah barang yang wajib ada di kamar. Namun jangan sembarangan memilih ranjang tidur untuk anak. Mengingat kulit anak masih cukup sensitif di masa pertumbuhan. Jadi ada baiknya Anda memperhatikan bahan yang digunakan. Pilihlah ranjang dari bahan berkualitas dan kasur yang terbuat dari bahan yang lembut dan aman bagi kulit anak.

  1. Bantal dan Guling

Selain kasur, bantal dan guling akan membuat anak tidur lebih nyaman. Pilihlah bantal yang bisa menyesuaikan gerak kepala si buah hati ketika tidur. Selain itu, Anda juga bisa membeli bantal dan guling dengan motif yang disukai oleh anak.

  1. Kursi dan Meja Belajar

Agar si buah hati rajin belajar, sediakan meja dan kursi belajar di kamarnya. Kedua benda tersebut dapat mendukung anak belajar dengan lebih rileks. Anda bisa memilih meja dan kursi dengan warna yang terang atau warna-warni untuk menambah kesan ceria.

  1. Lemari dan Rak Penyimpanan

Lemari dan rak penyimpanan bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan pakaian dan mainan anak. Selain itu, Anda bisa menggunakan rak penyimpanan untuk menaruh perlengkapan belajar, hiasan dinding, dan barang-barang kebutuhan anak lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mengajarkan si kecil untuk merapikan barang-barangnya setelah selesai digunakan.

  1. Karpet 

Barang terakhir yang perlu Anda beli adalah karpet. Barang ini memiliki banyak fungsi di kamar anak, terutama melindungi anak dari cedera dan memar saat bermain. Anda bisa memilih karpet dengan warna terang atau bermotif menarik, sehingga menambah kesan ceria.

Membuat Kamar Tidur Anak dengan PermataKTA 

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Salah satunya adalah membuatkan kamar tidur yang nyaman bagi si anak. Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA dari bank, salah satu layanan kredit tanpa agunan yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA.

PermataKTA menyediakan pinjaman dana dari Rp5 juta hingga Rp300 juta sehingga dapat menunjang kebutuhan Anda membuatkan kamar anak. Pinjaman KTA dari PermataBank ini bisa Anda ajukan secara mudah melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya tenor yang fleksibel hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar