Kamis, 11 Februari 2021

Inilah Kekurangan dan Kelebihan Pinjaman KTA yang Penting untuk Diketahui

 

Pinjaman KTA menjadi solusi bagi mereka yang ingin mengajukan pinjaman tanpa harus menyerahkan jaminan. Terlebih jenis pinjaman tersebut sudah bisa dilakukan secara online untuk saat ini. Itulah sebabnya, banyak platform yang menyediakan peminjaman secara online dengan pengajuan yang lebih mudah.

 

KTA merupakan kredit tanpa agunan yang pertama kali dicetuskan oleh bank BUMN untuk membantu perekonomian rakyat. Saat ini semakin berkembangnya financial technology membuatnya bisa diajukan secara online, dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, agar pengajuan tersebut bisa segera direalisasikan.


Apa Itu Pinjaman KTA?

 

Sebetulnya apa itu pinjaman KTA? Pinjaman kredit tanpa agunan ini merupakan fasilitas pembiayaan untuk memberikan peminjaman dalam bentuk uang tunai, yang tidak mewajibkan untuk menyerahkan agunan kepada pihak yang memberikan pinjaman, baik perbankan maupun pihak lainnya yang berkuasa untuk memberikan pinjaman dana.

 

Ketika seseorang akan mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan bank dan non bank, maka akan ditanyakan agunan yang akan dijaminkan sebagai bukti kepercayaan pihak yang memberikan pinjaman dengan menahan bukti agunan tersebut selama tenor kredit. Bagi yang tidak memiliki agunan, hal tersebut cukup memberatkan.


Kelebihan


Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu kelebihan pinjaman KTA yang dapat dilakukan secara online. Kelebihan KTA yang dilakukan secara online banyak diminati oleh banyak orang yang ingin mengajukan pinjaman tanpa memiliki nilai agunan yang bisa dilakukan secara online. Berikut ini beberapa kelebihannya:

 

  1. Mudah Untuk Diajukan

 

Pinjaman KTA yang dilakukan secara online mudah untuk diajukan, dengan syarat yang tidak begitu memberatkan. Kelebihan tersebut merupakan peluang bagi mereka yang tidak memiliki agunan untuk melakukan transaksi peminjaman atau yang tidak ingin agunannya dijaminkan pada pihak pemberi pinjaman.

 

  1. Proses Cepat

 

Ketika disetujui, dana akan langsung dicairkan dan ditransfer ke rekening yang telah didaftarkan sebelumnya, hanya dalam waktu beberapa menit saja. Berbeda dengan pinjaman offline yang diharuskan menunggu sampai berjam-jam untuk proses pencairan dana.

 

  1. Tidak Memerlukan Agunan

 

Sesuai dengan namanya, kredit dana tunai ini tidak memerlukan agunan sebagaimana syarat wajib ke pihak perbankan atau lembaga pembiayaan lainnya. Kelebihan tersebut merupakan angin segar bagi mereka yang tidak memiliki agunan baik berupa sertifikat tanah, rumah, dan BPKB.

 

  1. Bisa Diakses dengan Mudah

 

Pinjaman KTA bisa dipantau dan diakses dengan mudah, bahkan hanya melalui smartphone saja. Disamping itu, proses pinjaman bisa dipantau dengan mudah melalui aplikasinya. Peminjam bisa melihat dari aplikasi di smartphone, sampai sejauh mana pinjaman tersebut diproses.

 

  1. Bebas Menentukan Jumlah Pinjaman

 

Khusus untuk peminjaman secara online ini, dibatasi maksimal hingga Rp30 juta. Jumlah tersebut tergolong besar untuk ukuran peminjaman yang dilakukan tanpa agunan. Pasalnya, sifat peminjaman tanpa agunan lebih dikhususkan untuk dana darurat, misalnya untuk pengobatan, atau kebutuhan yang bersifat jangka pendek.


Kekurangan


Selain kelebihan, ternyata melakukan pinjaman KTA secara online memiliki beberapa kekurangan. Maka dari itu harus bijak menggunakan aplikasi tersebut, sebelum mengajukan pinjaman online tanpa agunan. Berikut ini beberapa kekurangannya yang harus diketahui:

 

  1. Hanya Bisa Diajukan Khusus Karyawan

 

Kekurangan yang pertama dari pinjaman KTA adalah hanya bisa diajukan oleh karyawan atau seseorang yang memiliki penghasilan yang tetap. Dengan demikian, bagi mereka yang tidak terikat sebagai karyawan, terlebih memiliki penghasilan di bawah standar yang telah ditetapkan, akan sulit untuk disetujui.

 

Pinjaman difokuskan untuk karyawan karena diharuskan untuk melampirkan slip gaji. Sementara, slip gaji hanya dimiliki oleh seorang karyawan. Slip gaji tersebut akan difoto kemudian diunggah pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, bagian Administrasi dari aplikasi tersebut akan memprosesnya.

 

  1. Lebih Dikhususkan untuk Penduduk di Wilayah Kota Besar

 

Bagi penyedia aplikasi Fintech tersebut tentunya memiliki beberapa pertimbangan kenapa difokuskan kepada mereka yang tinggal di kota besar. Hal ini merupakan salah satu kekurangan, bagi para peminjam yang tinggal di kota kecil karena tidak bisa melakukan peminjaman.

 

Bisnis pinjam meminjam dana tunai adalah bisnis yang rentan dengan risiko yang mungkin terjadi. Maka dari itu, hanya untuk mereka yang berada di wilayah kota besar saja yang diperbolehkan untuk mengajukan peminjaman. Hal tersebut untuk meminimalisir risiko kerugian.

 

  1. Pinjaman Relatif Kecil

 

Rata-rata dana peminjaman yang diberikan berkisar antara 1 juta - 8 juta. Bisa saja mencapai 30 juta hanya diharuskan melengkapi persyaratan tertentu. Oleh sebab itu, peminjaman dana yang relatif kecil tersebut hanya dikhususkan untuk pemenuhan kebutuhan jangka pendek.

 

Sifat pinjaman tanpa agunan memang akan direalisasikan dalam jumlah yang kecil, mengingat dana tersebut hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian, bukan untuk modal usaha. Maka dari itu, ketika proses pengajuan diharuskan untuk mengisi kebutuhan dana akan digunakan untuk apa? Selanjutnya tim analisa kredit akan memprosesnya.

 

  1. Tenor Singkat

 

Masih ada kaitan dengan poin sebelumnya, karena peminjaman dana yang relatif lebih kecil membuat tenor untuk pelunasan pinjaman relatif lebih singkat bahkan hanya berjalan 2 minggu saja.

 

Bagi peminjam, hal tersebut merupakan sebuah kekurangan. Karena peminjam akan merasa waktu pinjaman yang diberikan terlalu singkat. Namun, bagi pihak pemberi pinjaman, waktu tersebut merupakan berdasarkan observasi atas tenggang waktu hingga diterimanya gaji.

 

  1. Pengisian Aplikasi Sering Mengalami Kegagalan

 

Kekurangan pinjaman KTA lainnya, ketika akan mengajukan aplikasi diharuskan untuk mengisi formulir online. Sayangnya, pengisian tersebut tidak akan langsung berhasil, karena jaringan yang tidak stabil data seringkali tidak terkirim dan hal tersebut membuat proses persetujuan menjadi terkendala.

 

Kendala ini bukanlah kesulitan yang besar. Peminjam hanya diwajibkan untuk melakukan pengisian biodata ulang apabila data yang pertama belum tersimpan di data base aplikasi Fintech. Maka dari itu, pastikan sinyal yang ada harus kuat, termasuk pencahayaan yang cukup karena akan dimintai foto dengan memegang KTP.

 

Diantara kelebihan pinjaman KTA, terdapat juga kekurangannya. Namun hal tersebut tidak lantas menyurutkan keputusan seseorang untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan. Kelebihan dan kekurangan tersebut tergantung pada kebutuhan pribadi masing-masing, artinya bagi mereka yang tidak memiliki agunan, pilihan tersebut merupakan keputusan terbaik.


Informasi lebih lengkap segera kunjungi https://www.cekaja.com/pinjaman-online

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar