Rabu, 03 Februari 2021

Cara Menjual Apartemen Agar Cepat Laku

 


Apartemen adalah sebuah hunian yang mengambil sebagian kecil ruangan dari sebuah bangunan. Satu bangunan dapat dibagi ke dalam sejumlah unit apartemen. Di negara maju, apartemen merupakan salah satu pilihan hunian masyarakat di sana.

 

Sedangkan di negara berkembang seperti di Indonesia, apartemen mungkin masih kalah dengan rumah tapak dan bukan merupakan pilihan utama untuk tempat tinggal. Mungkin hal ini disebabkan karena kurangnya informasi mengenai keuntungan memiliki sebuah apartemen.

 

Oleh sebab itu, hal ini dapat menjadi kendala tersendiri untuk Anda yang ingin menjual apartemen, karena Anda harus pintar-pintar melakukan promosi, atau pasangiklan apartemen yang ingin Anda jual dengan berbagai cara dan strategi. Anda harus cerdas dalam menarik calon pembeli agar tertarik dengan apartemen yang Anda jual.

 

Semakin cepat Anda dapat menjual apartemen, maka semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi dan iklan dalam jangka waktu yang lama. Nah untuk Anda yang ingin tahu cara menjual apartemen agar cepat laku, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

 

1. Kenali Konsumen


Informasi yang akurat tentang calon pembeli yang akan menjadi sasaranmu adalah hal yang paling mahal dalam suatu bisnis. Misalnya, untuk sebuah hunian apartemen, biasanya target konsumen yang tepat adalah adalah kalangan menengah ke atas, sehingga jika Anda menargetkan konsumen menengah ke bawah, kemungkinan besar Anda akan kesulitan dalam menjual apartemen.

 

Menurut survey dari National Multifamily Housing Council (NMHC) yang  di Amerika pada tahun 2015, Sebagian besar pemilik apartemen berada di usia antara 45 – 64 tahun dan sebagian besar orang yang tinggal di apartemen berada di bawah 30 tahun. Informasi ini berarti menandakan bahwa tidak semua apartemen ditempati oleh pemiliknya, melainkan anak atau kerabat mereka.

 

Tidak hanya usia, informasi seperti jenis kelamin, pekerjaan, gaji, asal daerah, dan data lain yang berhubungan dengan konsumen dapat memperbesar kemungkinan apartemen Anda terjual dengan cepat, karena berpengaruh dengan strategi yang akan Anda gunakan saat pasang iklan apartemen nantinya.

 

Lalu bagaimana Anda bisa mendapatkan semua informasi tersebut di target pasar Indonesia?

 

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai calon pembeli apartemen di Indonesia. Cara yang pertama adalah mengumpulkan semua informasi tersebut dengan upaya sendiri, yang tentunya membutuhkan modal, waktu dan tenaga yang cukup melelahkan.

 

Jika menurutmu itu terlalu melelahkan, maka Anda bisa menggunakan cara kedua yang jauh lebih praktis dan hemat tenaga, yaitu menggunakan jasa agen properti. Agen properti yang profesional tentunya mengetahui bagaimana cara menjual apartemen agar cepat laku.

 

Mereka juga biasanya memiliki informasi mengenai calon pembeli yang potensial di lingkungan sekitar serta berbagai koneksi yang akan memudahkan penjualan apartemen.


2. Bersainglah dalam Kualitas dan Harga Jual

 

Keseimbangan antara harga dan kualitas produk adalah hal yang penting untuk Anda perhatikan. Jika harga yang Anda tawarkan ketika menjual apartemen terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kualitasnya maka akan sangat sulit untuk mendapatkan pembeli, sedangkan jika harga yang Anda tawarkan terlalu murah tentunya Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

 

Anda harus objektif dalam menentukan harga jual apartemen, karena banyak faktor yang berpengaruh dalam penentuan harga ini, mulai dari, kualitas, lokasi, hingga fasilitas yang dapat Anda berikan, dan hal ini perlu Anda tentukan dengan matang sebelum memasarkan apartemen yang akan Anda jual.


3. Menjaga Hubungan Baik dengan Pembeli


Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemilik yang berhasil menjual apartemennya adalah dengan melupakan pembeli tersebut. Untuk Anda yang hanya ingin menjual satu apartemen saja, mungkin hal ini dapat dilakukan, tetapi jika Anda memiliki beberapa apartemen yang ingin Anda jual, maka poin ini harus Anda perhatikan.

 

Salah satu cara penyebaran informasi mengenai apartemen yang Anda jual dan termasuk promosi gratis adalah dari mulut ke mulut. Kesan baik dari hubungan Anda dengan pembeli sebelumnya akan membuat mereka merekomendasikan apartemen Anda kepada kerabat mereka yang ingin membeli sebuah apartemen.

 

Rekomendasi dari seseorang yang dikenal biasanya menjadi pemicu kuat bagi seorang pembeli dalam memilih sebuah apartemen. Ini berarti selain akan memberikanmu nilai positif dalam kehidupan sosial, menjaga hubungan baik dengan pembeli juga akan memberikan dampak positif yang besar dalam kelancaran bisnis penjualan apartemen Anda.


4.  Gunakan Teknik Promosi yang Tepat


Dengan teknik marketing yang tepat, Anda dapat menjual semua jenis apartemen yang Anda miliki, karena salah satu penyebab kegagalan terbesar ketika ingin menjual apartemen berada pada promosi yang salah untuk mendapatkan calon pembeli.

 

Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana pasang iklan apartemen yang baik atau terbatasnya koneksi yang Anda miliki harus segera diatasi agar Anda dapat menguasai cara menjual apartemen agar cepat laku tanpa kendala.

 

Secara garis besar ada dua metode promosi yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan properti milikmu.


Promosi Secara Offline

 

Promosi ini adalah metode tradisional yang banyak dilakukan orang sejak dulu. Meskipun sekarang teknik promosi offline semakin banyak ditinggalkan tetapi sebenarnya teknik-teknik tersebut dapat memberikan pengaruh besar apabila dilakukan dengan benar. Beberapa cara menjual apartemen agar cepat laku dengan promosi offline adalah sebagai berikut:

 

     Membagikan brosur

     Mengadakan Event

     Pasang Iklan apartemen di papan reklame dan media


Promosi Secara Online

 

Seiring dengan berkembangnya teknologi modern di jaman sekarang, promosi online menjadi salah satu teknik marketing yang paling berpotensi untuk mendatangkan calon pembeli. Selain karena jangkauannya yang sangat luas, modal yang Anda keluarkan juga lebih sedikit, dan waktu yang Anda perlukan lebih sebentar berbanding jauh dengan promosi offline.

 

Untuk mempercepat penjualan apartemen, Anda wajib menggunakan promosi online yang dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

 

     Pasang iklan apartemen di berbagai media online

     Mempromosikan apartemen melalui sosial media

     Mempromosikan apartemen melalui situs dan forum properti terkenal

 

Sebagian besar orang yang memasang iklan propertinya secara online biasanya akan memanfaatkan foto untuk menunjukkan fisik properti yang dijual. Jadi agar apartemen Anda cepat laku, pastikan Anda mengambil beberapa foto dengan kualitas tinggi, sehingga gambar yang ditampilkan jernih dan membuat calon pembeli tertarik.

 

Jangan lupa juga untuk menuliskan deskripsi apartemen yang akan Anda jual secara detail mulai dari fasilitas hingga kelebihan yang dimiliki. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada ketertarikan calon pembeli yang melihat iklan apartemen Anda.

 

Nah jika Anda masih bingung, tentang dimana harus memasang iklan apartemen yang akan Anda jual, maka Anda bisa mengunjungi salah satu situs listing properti terkenal dan terbesar di Indonesia, yaitu Jendela360, dimana Anda bisa memasarkan serta menjual apartemen dengan mudah dan cepat tanpa harus membuang-buang waktu dan tenaga ekstra. Jendela360 juga akan akan mengiklankan properti Anda di semua major marketplace secara gratis tanpa dipungut biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar