Sabtu, 27 Agustus 2022

Penting, Ketahui Perbedaan Mutasi Bank dan Rekening Koran Berikut!

 


Rekening koran dan mutasi rekening sebenarnya memiliki isi yang hampir sama, yakni menampilkan daftar transaksi yang dilakukan nasabah. Ada beberapa cara cek rekening bank untuk mengetahui daftar transaksi, mulai dari yang praktis hingga yang agak merepotkan. 


Salah satu cara yang paling mudah yaitu mengecek daftar transaksi melalui mutasi rekening di mobile banking. Cara ini menjadi cara yang paling praktis karena nasabah tidak perlu repot-repot pergi ke bank, tapi sebelumnya mereka harus daftar mbanking terlebih dahulu. 


Perbedaan Mutasi dengan Rekening Koran


Berbicara mengenai perbedaan rekening koran dan mutasi rekening, keduanya memiliki perbedaan meskipun sama-sama menampilkan daftar transaksi. Cara cek rekening bank untuk melihat mutasi dan rekening koran juga berbeda.


Jadi, rekening koran adalah sebuah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening nasabah berapapun jumlah nominalnya. Di dalam rekening koran tersebut terdapat informasi berupa ringkasan dari saldo awal bulan, mutasi kredit, mutasi debet, dan saldo akhir bulan.


Tidak hanya menampilkan informasi-informasi tersebut, rekening koran juga menampilkan tanggal dan jam pada transaksi yang berlangsung. Sementara untuk mutasi rekening sendiri ialah riwayat atau rincian transaksi dari sebuah rekening yang berisi daftar transaksi keluar masuknya uang. Agak berbeda dengan rekening koran, daftar transaksi yang ditampilkan tiap bank berbeda-beda. 


Ada beberapa bank yang menampilkan daftar transaksi mulai dari 7 hari sampai 1 bulan terakhir tapi ada juga yang lebih dari itu. Setelah transaksi tersebut hilang dari daftar mutasi nasabah harus mencetak rekening koran untuk mengeceknya.


Cara Cek Rekening Bank untuk Mendapatkan Mutasi dan Rekening Koran



Bagi yang belum tahu cara cek rekening bank untuk melihat daftar transaksi secara keseluruhan. Sebaiknya kamu mencetak rekening koran ke bank secara langsung dengan membawa beberapa persyaratan berikut:


  1. Buku tabungan

  2. KTP

  3. Kartu debit

  4. Uang untuk biaya cetak rekening koran


Sementara cara cek rekening bank untuk melihat mutasi rekening bisa dilakukan melalui beberapa  yang di antaranya:

  1. Via internet banking

  2. Via mobile banking

  3. Via ATM

  4. Via SMS banking


PermataMobile X Aplikasi mBanking dari PermataBank


Jika ingin cek daftar transaksi dengan mudah dan praktis kamu bisa menggunakan aplikasi mobile banking dari PermataBank yaitu PermataMobile X. Tidak hanya menawarkan kemudahan daftar mbanking, tapi juga memiliki keunggulan lain, seperti:


  • Canggih dan Lengkap

Aplikasi mbanking dari PermataBank ini memiliki ratusan fitur perbankan yang mempermudah para nasabah melakukan berbagai transaksi, termasuk Cek rekening bank dan cek daftar transaksi dengan mudah di semua jenis akun PermataBank yang dimiliki nasabah hingga transaksi dalam 12 bulan terakhir.


  • Sangat Praktis 

Nasabah bisa mengecek semua akun PermataBank yang mereka miliki hanya dalam satu layar. Di aplikasi mbanking ini nasabah juga bisa membuat rekening tabungan baru, cek mutasi, transfer, isi ulang, bayar tagihan, membuat kartu kredit, berinvestasi hingga mengajukan pinjaman KTA.


Dengan menggunakan aplikasi PermataMobile X kamu bisa cek rekening bank dengan mudah dan praktis. Selain itu, ada beberapa fitur unggulan lainnya yang akan mempermudah transaksimu sehari-hari:


  • Cek rekening bank untuk melihat mutasi hingga dalam 12 bulan terakhir 

  • Bisa bayar berbagai tagihan, mulai dari tagihan air, telepon, layanan internet, telepon dan lainnya

  • Isi ulang pulsa dan token listrik, top-up e-wallet hingga voucher game bisa kamu lakukan di sana

  • Pengguna bisa transaksi Reksa Dana dengan mudah mulai dari transaksi pembelian, penjualan, hingga switching investasi

  • Fitur QR Pay mempermudah pengguna melakukan transaksi di berbagai toko/merchant, cukup dengan scan barcode pembayaran di merchant tempat pengguna melakukan transaksi 

  • Pengguna bisa cek rekening bank, buka rekening tabungan baru, membuat kartu kredit, berinvestasi hingga mengajukan pinjaman KTA secara online 

  • Fitur Mobile Cash akan mempermudah pengguna melakukan tarik tunai di seluruh gerai Indomaret. Caranya buka aplikasi lalu pilih “Menu Lainnya”, kemudian pilih “Mobile Cash”, selanjutnya pilih “Indomaret”. Setelah itu, masukkan nomor handphone dan cash code atau token akan dikirim, berikan code cash tersebut ke kasir Indomaret dan tarik tunai pun berhasil dilakukan. Info lebih lanjut: https://www.permatabank.com/id/article/mobilecash 

  • Fitur WhatsApp Gift ialah fitur transfer dilengkapi beragam pilihan kartu ucapan yang menarik ke nomor WhatsApp penerima. Untuk menggunakan fitur ini pengguna tidak memerlukan nomor rekening bank penerima

  • Pengguna bisa mengajukan kenaikan limit kartu kredit 


Bagi yang tertarik menggunakan PermataMobile X, berikut cara daftar mbanking yang bisa kamu ikuti:


  1. Unduh aplikasi PermataMobile X melalui Play Store atau App Store, lalu install aplikasi tersebut.

  2. Buka aplikasi PermataMobile X, lalu klik ‘mulai’.

  3. Akan ada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”, silahkan jawab “Ya” jika kamu memilikinya, sebaliknya.

silahkan jawab “Tidak” jika kamu tidak memilikinya. Selanjutnya kamu akan dipandu untuk pembuatan rekening terlebih dahulu.

  1. Pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata Mobile X?”, silahkan jawab “Tidak”.

  2. Pilih akan melanjutkan registrasi menggunakan nomor rekening atau kartu kredit.

  3. Ikuti petunjuk berikutnya hingga kamu mendapatkan user ID.


Bagaimana mudahkan cara daftar PermataMobile X? Jadi, tunggu apalagi segera daftarkan diri dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbeda transaksi. Mulai dari cek rekening bank hingga mengajukan pinjaman KTA secara online tanpa perlu datang ke bank. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar