Rabu, 27 Oktober 2021

Lebih Untung Beli Mobil Baru atau Bekas yah?

 

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/roda-kemudi-mazda-hitam-2864005/

Jika ada yang masih bingung ingin memilih beli mobil baru atau bekas, sebenarnya dalam hal ini harus penuh pertimbangan. Karena baik mobil baru maupun bekas punya keuntungan masing-masing. Sebaliknya, ada juga kerugian masing-masing untuk perkara mobil baru dan bekas. 

Untung Dan Rugi Beli Mobil Baru Atau Bekas

Ketika membeli mobil, tentu orang dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu ingin beli mobil baru atau mobil bekas. Biasanya baik pilih mobil baru dan bekas, akan menyesuaikan budget yang dimiliki. Namun jika ada yang masih ragu. Berikut ini akan dijelaskan keuntungan dan juga kerugian membeli mobil baru atau bekas

Keuntungan Dan Kerugian Beli Mobil Baru

https://www.pexels.com/id-id/foto/man-inside-vehicle-13861/
1. Keuntungan

Berikut ini adalah keuntungan ketika Anda memilih untuk beli mobil baru.

● Garansi produk lebih lengkap, untuk mobil baru maka terdapat garansi yang ditawarkan oleh produsen mobil agar anda sebagai konsumen tertarik. Garansi spesial, bisa anda dapatkan jika memilih beli mobil baru. Biasanya garansi mobil baru terdiri dari garansi untuk mesin, service secara berkala, garansi body mesin, oli, suku cadang dan lain-lain. 

● Premi asuransi lebih rendah, mobil dalam kondisi baru akan minim mengalami resiko kerusakan. Jadi jika anda ingin membeli asuransi untuk mobil dalam kondisi baru, biaya premi-nya relatif murah. Perusahaan asuransi bisa memberikan premi yang rendah karena kerusakan pada mobil baru rata-rata adalah kerusakan ringan.

● Ada servis gratis, untuk mobil baru anda akan mendapatkan service gratis untuk beberapa kali service. Jumlah service gratis tergantung pada dealer tempat Anda membeli mobil. Service gratis akan sangat menguntungkan bagi anda untuk melakukan pengecekan mobil secara berkala. Biasanya servis mobil mencakup penggantian oli hingga beberapa kerusakan ringan pada mobil.

● Irit bahan bakar, mobil terbaru di zaman sekarang memiliki fitur yang membuat alat transportasi ini jadi irit bahan bakar. Siapa sih yang tidak ingin mengurangi biaya pengeluaran untuk bahan bakar? Maka dari itu, pilihan untuk membeli mobil baru dengan jenis keluaran terbaru tentu bisa menjadi alternatif terbaik.

● Kepuasan diri meningkat, tidak dipungkiri saat membeli mobil baru maka ada kebahagiaan tersendiri untuk pemiliknya. Karena faktanya adalah mobil baru punya kondisi yang lebih prima. Secara penampilan mobil juga lebih cemerlang apalagi jika baru keluar dari dealer. 

2. Kerugian

Meskipun terdapat banyak keuntungan saat beli mobil baru, namun tidak dipungkiri ada sedikit celah minus dari pembelian mobil kategori baru.

● Harga relatif mahal, tentu saja saat membeli mobil baru anda akan dikenakan biaya yang lebih mahal jika dibanding dengan mobil bekas. Tapi sebenarnya harga ini sepadan dengan fitur-fitur yang bisa anda nikmati dan kenyamanan dari mobil baru.

● Tidak langsung bisa dikendarai, untuk kategori mobil baru maka saat sudah serah terima Anda belum bisa mengendarai mobil tersebut. Paling tidak harus menunggu 1 sampai 3 minggu terlebih dahulu untuk  kelengkapan surat surat atau dokumen berkendara sampai ke tangan anda. Sangat berbahaya jika membawa mobil berkeliling tanpa adanya surat-surat mobil. 


Keuntungan Dan Kerugian Beli Mobil Bekas

1. Keuntungan

Pilihan saat membeli mobil bekas umumnya dikarenakan memiliki budget yang minim tapi tetap ingin punya mobil bagus. Sebelum membeli mobil bekas, perhatikan beberapa poin berikut.

● Harga beli lebih rendah, keuntungan utama saat mau beli mobil bekas tentu saja biayanya yang lebih rendah. Bisa dipastikan anda akan hemat budget saat beli mobil bekas. Pembelian mobil dalam kondisi bekas juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin membeli mobil impian, tetapi  untuk kondisi barunya dijual dengan harga yang sangat mahal.

● Depresiasi lebih lambat, mobil bekas akan mengalami nilai penyusutan yang lebih lambat jika dibanding mobil baru. Untuk itu, jika anda berniat beli mobil bekas maka pilih mobil yang usianya lebih dari 5 tahun. Karena setelah 5 tahun, penurunan harga mobil tidak akan terlalu signifikan.

● Kualitasnya bagus, membeli mobil dalam kondisi bekas bukan berarti kualitasnya rendah. Bahkan jika teliti, Anda bisa membeli mobil bekas  dengan kualitas bagus baik interior maupun eksteriornya. Jika tidak mengerti masalah otomotif, apakah anda bisa membawa rekan yang mengerti mobil atau langsung gunakan jasa profesional untuk mengecek kondisi mobil.

● Siap pakai, berbeda dengan mobil baru, saat serah terima mobil bekas tentu saja kendaraan tersebut bisa langsung anda gunakan. Jadi ketika beli mobil bekas dan langsung ada keperluan mendadak untuk perjalanan jauh maka bisa memanfaatkan mobil tersebut saat itu juga.

2. Kerugian

Saat mau beli mobil bekas, tentu saja ada beberapa kerugian yang bisa terjadi

● Mengeluarkan biaya perawatan lebih mahal, dibanding mobil baru maka biaya perawatan untuk mobil bekas relatif lebih mahal. Karena mobil dalam kondisi bekas sudah pasti telah dipakai oleh orang lain sebelumnya. Jika mobil anda di tangan pengguna sebelumnya tidak dirawat secara teratur, harus siap-siap mengeluarkan biaya ekstra.

● Harga jual rendah, mobil dalam kondisi bekas yang anda beli akan lebih baik jika tidak dijual kembali. Karena meski Anda membelinya dengan harga yang murah, tapi jika berniat untuk menjualnya kembali maka harganya jauh lebih rendah. Alasannya tentu saja karena setiap muncul mobil baru dengan fitur terbaru maka harga mobil sebelumnya akan terus turun. 

Jadi sekarang tentu anda sudah memiliki jawaban masing-masing, mana yang lebih untung beli mobil bekas atau mobil baru. Semua pilihan ada di tangan anda, mau beli mobil baru ataupun bekas tergantung kebutuhan masing-masing.

Beli mobil baru atau bekas tanpa harus disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Bagi yang masih kesulitan soal dana untuk beli mobil, Maybank Finance punya solusinya. Dimana, terdapat pilihan pembiayaan untuk mobil baru dan bekas dengan sistem suku bunga flat.

Jika anda yang ingin beli mobil baru atau bekas, bisa melakukan cicilan selama 5 tahun untuk seluruh jenis dan merk mobil. Adanya suku bunga flat tentu akan menguntungkan anda sebagai pihak nasabah, karena suku bunga tidak akan naik sampai angsuran Anda lunas dan meskipun terjadi laju inflasi. Maybank memberikan kemudahan lainnya yaitu mudah dalam mengajukan pinjaman, data pelanggan aman hingga layanan pelanggan selama 24 jam. Pembayaran kredit juga mudah bisa dilakukan dengan berbagai metode yang  memudahkan masyarakat.

Sumber : 

https://koinworks.com/blog/beli-mobil-bekas-atau-baru/

https://www.akseleran.co.id/blog/beli-mobil-baru-atau-bekas/

https://www.otonesia.co.id/blog/post/pilih-membeli-mobil-bekas-atau-mobil-baru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar