Jumat, 12 Maret 2021

Cara Memilih Foundation yang Tepat Sesuai Jenis Kulit



Makeup menjadi kebutuhan penting untuk wanita, salah satu produk yang penting digunakan adalah foundation.

Jika ditelusuri lebih lanjut, foundation merupakan produk yang berfungsi untuk membuat warna kulit merata yang bisa dipilih sesuai dengan jenis dan warna kulit.

Foundation menjadi produk yang sangat penting, karena mau tidak mau harus mencocokan warna yang pas dan sesuai dengan kulit Anda. Bila Anda salah memilih, maka penampilan  Anda bisa menjadi berantakan dan warna kulit wajah menjadi tidak karuan, meskipun wajah sudah dibersihkan dengan berbagai produk kecantikan seperti masker wajah dan face wash.

Supaya penampilan tetap dan rambut oke, artikel ini akan membahas cara memilih yayasan yang tepat untuk jenis kulit Anda, beberapa di antaranya adalah:

Ketahui Jenis Kulit Anda

Hal yang harus diketahui dalam memilih foundation adalah dengan mengetahui jenis kulit yang Anda miliki. Sebelum memilih foundation, periksa terlebih dahulu apa jenis kulit Anda, sehingga dapat dengan mudah menentukan foundation yang cocok untuk kulit. 

Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka pilih foundation yang memberikan tampilan matte atau halus pada wajah. Kedua, Jika kulit Anda berjerawat, maka pilih foundation yang dapat menyerap kelembaban dan dapat mencegah kulit Anda bersinar saat digunakan. 

Terakhir, bila kulit Anda cenderung kering, maka pilihlah jenis foundation yang memiliki pelembab, agar kulit dapat terlihat segar saat digunakan. Intinya beli produk foundation yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih Tekstur Warna Foundation yang Sesuai Jenis Kulit

Pemilihan foundation yang tepat juga bisa dilakukan dengan memilih tekstur warna yang ada pada foundation. Ada beberapa jenis tekstur foundation yang dijual di pasaran, di antaranya seperti foundation liquid, foundation krim serta foundation bubuk. 

Foundation liquid atau foundation cair merupakan foundation yang berbentuk cair dan bisa jadi memiliki kandungan lemak di dalamnya. Foundation ini dianggap sebagai foundation ringan yang cocok digunakan untuk kulit berminyak, normal dan kulit kering. 

Selanjutnya adalah foundation krim. Foundation ini berbentuk seperti krim yang cenderung berminyak dan bertekstur tebal. Jenis produk ini cenderung cocok untuk kulit normal hingga kulit yang sangat kering. 

Foundation terakhir adalah foundation yang berbentuk bubuk, produk ini cenderung kering yang cocok digunakan agar kulit terlihat bersinar.

Perhatikan Warna Dasar Kulit Anda

Warna dasar kulit berpengaruh pada pemilihan foundation. Secara umum ada 3 jenis warna  kulit ada pada manusia, yakni cool atau dingin, warm atau hangat dan juga netral. Warna kulit tersebut bisa dilihat melalui warna apa pembuluh darah yang ada di pergelangan tangan. 

Warna kulit yang cool biasanya memiliki warna pembuluh darah biru, sehingga lebih cocok menggunakan foundation sesuai dengan warna kulitnya seperti persik, emas dan kuning. Kedua adalah warna kulit hangat, yang biasanya memiliki pembuluh darah berwarna hijau. Warna foundation yang cocok untuk kulit ini adalah warna caramel, golden, beige, dan yellow. 

Terakhir adalah warna kulit netral. Warna kulit ini biasanya memiliki pembuluh darah keunguan. Warna foundation yang cocok pada kulit netral adalah natural beige, walnut, woody dan beige.

Uji Coba Foundation di Pencahayaan yang Berbeda

Bila Anda sudah memilih foundation yang tepat berdasarkan jenis kulit, tekstur, dan warna kulit, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menguji coba foundation di pencahayaan yang berbeda. 

Cara mencari foundation yang cocok adalah dengan menggunakannya di dalam dan luar ruangan. Bila warna foundation yang dihasilkan terlalu gelap, terlalu terang, atau terlihat berminyak, maka foundation ini tidak cocok untuk Anda.

Setelah mengetahui cara memilih foundation yang tepat berdasarkan jenis kulit, Anda juga harus tahu bagaimana cara memakai make up meskipun harus menggunakan masker wajah di masa pandemi. 

Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah dengan jangan gunakan foundation terlalu tebal, pilih bedak yang menghasilkan warna matte, dan yang terakhir untuk jangan lupa menyemprot setting spray saat sudah menggunakan make up. 

Dibalik make up atau foundation yang bagus, terdapat cara yang bijak dalam memilih masker wajah. Untuk itulah Anda harus menyeimbangkan antara make up dengan pas dengan masker wajah yang berkualitas. 

Demikian artikel tentang cara memilih foundation yang tepat untuk jenis kulit Anda, semoga Anda dapat berpenampilan menarik kapanpun yang diinginkan.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar