Kamis, 26 November 2020

Resep Mudah Memadukan Tongkol dengan Cabe Ijo menjadi Masakan Super Lezat


Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang masih bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran, harganya juga tidak terlalu mahal. Ikan ini bisa diolah menjadi varian apapun menjadi makanan yang menggugah selera, termasuk diolah menjadi ikan tongkol cabe ijo. Cita rasa pedas yang ditimbulkan dari cabe ijo, membuatnya menjadi masakan yang lezat dan nagih, khususnya bagi pecinta pedas. 


Bukan hanya lezat dan bikin nagih, ikan tongkol cabe ijo ini pun juga mempunyai kandungan gizi yang super besar loh! Berikut ini adalah kandungan gizi yang ada pada setiap ekor ikan tongkol

 

1.      Protein sebanyak 25 – 30 gr

2.      Lemak sebanyak 12,3 – 17 gr

3.      Selenium sebanyak 50 mcg

4.      Zat besi sebanyak 2 mg 

5.      Kalsium sebanyak 20 mg 

6.      Zinc sebanyak 1 mg 


Itulah kandungan gizi yang terdapat pada ikan tongkol, banyak sekali kan! Lalu, bagaimana sih cara mengolah ikan tongkol ini supaya bisa menjadi makanan yang super lezat? Berikut adalah pembahasannya. 


Bahan – bahan yang harus disiapkan 


Untuk mengolah ikan tongkol yang lezat dan pedas dengan tambahan cabe ijo, berikut adalah bahan – bahan yang harus disiapkan.


1.     Ikan tongkol – 3 ekor

2.     Bawang merah yang– 5 butir

3.     Bawang putih– 2 siung 

4.     Cabe hijau besar– 10 buah 

5.     Cabe rawit hijau– 10 buah 

6.     Tomat hijau – 3 buah 

7.     Jahe secukupnya 

8.     Daun salam – 2 lembar 

9.     Lengkuas secukupnya 

10. Kecap manis – 1sdt 

11. Garam – ½ sdt 

12. Air – ½ gelas 

13. Minyak goreng 


Langah Pembuatan 


1.  Goreng lebih dulu ikan tongkol yang sudah anda siapkan hingga hampir kering lalu angkat dan tiriskan. 

2.   Siapkan bawang merah dan bawang  putih dan cabe rawit lalu irislah tipis – tipis. Setelah itu, siapkan pula cabe hijau besar yang telah diiris serong, daun salam, lengkuas serta jahe. Tumis semua bahan tersebut, lalu aduk hingga layu. 

3.   Setelah tercium bau harum, masukan air sebanyak ½ gelas. Tambahkan bumbu garam sebanyak ½ sendok teh dan kecap manis sebanyak 1 sendok teh. 

4.   Masukan ikan tongkol yang tadi sudah digoreng ke dalam wajan, disusul dengan irisan tomat hijau sebanyak 3 buah. Masaklah sebentar saja hingga tomatnya layu dan bumbunya meresap 

5.    Ikan tongkol cabe ijo sudah siap dihidangkan. 


Nah, selesai sudah penjelasan mengenai resep atau pembuatan ikan tongkol cabe ijo kali ini, mudah sekali bukan? Tentu anda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk dihidangkan bersama keluarga, niscaya anggota keluarga anda pasti akan geleng – geleng kepala merasakan kelezatan olahan ikan tongkol anda. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar