JELAJAH SIMALEM RESORT, TAMAN TERLUAS DI INDONESIA

21.59.00

Gerbang masuk Taman Simalem Resort
24 Juli 2016, tepatnya hari Minggu, aku menghabiskan akhir pekan bersama rekan kerja dengan menikmati liburan di Taman Simalem Resort. Taman ini beralamat di Jalan Raya Merek-Km 9, Sidikalang, Sumatera Utara. Jarak tempuh dari Medan sekitar tiga jam dengan kendaraan pribadi.
View Danau Toba dengan bunga-bunga di sekelilingnya
Pernah gak sih menghabiskan waktu senggang di taman? Menikmati pohon-pohon rindang dengan air pancur yang mengalir indah? Pasti pernah kan. Nah, minggu lalu aku dan rekan kerja juga baru saja menikmati waktu senggang itu, tapi bukan di taman biasa. Kali ini tamannya beda, bukan hanya taman biasa tempat anak-anak bermain sepeda atau tempat asyik membaca buku di bawah pohon rindang. Taman yang aku datangi merupakan taman terluas di Indonesia. Taman dengan fasilitas luar biasa seluas 200 Hektar.
Berasa Kakak padahal aku Adek-an ;D
Kenapa taman ini disebut Taman Simalem? Karena "Simalem" dalam bahasa Batak Karo berarti sejuk dan menyenangkan. Itu artinya wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Simalem dapat merasakan kesejukan dari rindangnya pohon-pohon yang mengitari Taman Simalem Resort, juga merasakan kedamaian melihat keindahan Danau Toba dari puncak tertinggi taman tersebut.
Danau Toba dari Puncak Taman Simalem Resort
Mengabadikan momen itu penting
Nah tuh, saat pertama kali memasuki Taman Simalem Resort, kita bisa langsung menikmati keindahan Danau Toba dari sisi pinggiran taman loh. Taman ini memiliki banyak fasilitas. Diantaranya seperti yang kemarin kami nikmati bersama yaitu perkebunan buah markisa yang merupakan perkebunan terbesar di Sumatera Utara, resto cafe buah-buahan yang segar, lapangan golf yang luas dengan mengusung lokasi tepat di tengah-tengah perkebunan kopi dan teh. Pembibitan buah strawberi yang sayangnya saat kami datang belum berbuah, juga ada pondok penginapan di dalam hutan loh.
Cafe full sayur dan buah
Tahu goreng biasa tapi kalo di Cafe jadi luar biasa ;D
Bermain di tepi sungai
Makan siang bersama
Setelah menikmati rasanya masakan full sayuran dan buah-buahan kami melanjutkan untuk menyantap menu makanan siang yang sudah kami bawa dari rumah. Kami menghabiskan waktu bersantai sambil makan siang di tempat persinggahn tepat di bawah anak sungai aliran air terjun dengan biaya singgah plus tikar seharga Rp. 200.000/jam. Nuansa pedesaan yang menyejukkan, suasana dingin-dingin hangat karena sengatan matahari, juga ditemani dengan suara gemercik air terjun yang merdu.
Ini jalan menuju pondok penginapan di dalam hutan. Gak semua orang boleh masuk loh :p
Selain itu, Taman Simalem Resort terus melakukan pengembangan fasilitas yang sudah beroperasi di antaranya adalah: dalam operasi adalah Tempat Pembibitan Bunga (Flower Nursery), Zona Petualangan (Adventure Zone), Tempat Sisi Sungai (Riverside Place), Taman Burung (Bird Park), Pusat Kerajinan Tangan (Handicraft Centre), Pondok Air Terjun (Waterfall Lodge), Kafe Pangambatan, Vihara Buddha, Labirin, Helipad, Perkebunan Agrowisata Karo (Karo Agrotourism Farm), Lapangan Golf 9-Hole Gorat Ni Padang (9-Hole Gorat Ni Padang Golf Course), Alun-alun Permata Danau Toba (Pearl Of Lake Toba Plaza), Perkebunan Buah dan Sayuran, Amphiteater, Bumi Perkemahan, Asrama, Lintasan Trek Hutan, Berkuda, Bukit Satu Pohon (One Tree Hill) Dinamakan "One Tree Hill Villa Resort" karena hanya ada satu pohon pinus yang tumbuh di lokasi tersebut. Pohon pinus tersebut akan dilestarikan dan bangunan-bangunan akan dirancang di sekitarnya. Dengan berbagai fasilitas yang luar biasa inilah maha Taman Simalem Resort dikenal sebagai Taman terluas di Indonesia.
Ini Teh asli tanpa gula, sudah manis karena minumnya sambil lihat aku ;p
Pembibitan Buah Strawbery
Taman Simalem Resort  yang dikembangkan oleh PT Merek Indah Lestari ini merupakan perusahaan asosiasi dari Hotel Sibayak Internasional Berastagi, resot  ini juga merupakan resort bintang 4 pertama di Sumatera Utara yang bermitra dengan Nexus Investment Pte Ltd, sebuah perusahaan investasi Singapura. Nah, tunggu apalagi? Masih ragu menghabiskan liburan di Taman terluas di Indonesia ini?

You Might Also Like

3 komentar

  1. huuuu kepengen ke sini belum kesampean :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat jdwal tour bareng blog m lah bendahara hahah

      Hapus
  2. Kangeeen sama tempat kece ini! Perasaan udah lama ngga kesana lagi ;).

    mollyta(dot)com

    BalasHapus

Subscribe